Hal Seputar Retinol & Cara Penggunaannya Pada Kulit Sensitif

retinol, anti-aging, penuaan, kulit, wajah, jumlah, sedikit, baik, setiap, malam, kandungan, vitamin, A, waktu, dua, minggu, telaten, berlebihan, jangan, toleransi, reaksi, wajar, merah, pelembap, malam Membaca komposisi krim perawatan wajah

Retinol. Kandungan ini mungkin sudah sering didengar terutama di produk perawatan kulit dan juga ada di makeup. Jika dikaitkan dengan produk perawatan, retinol dianggap bisa membantu mencegah penuaan pada kulit atau anti-aging.

Kandungan ini merupakan derivatif dari vitamin A yang efektif bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tidak hanya itu, retinol juga merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Berikut ini ada beberapa hal penting tentang retinol.

Hal-Hal Seputar Retinol

Berfungsi Sebagai Anti-Aging

Sebagai kandungan yang dianggap bisa mencegah penuaan dengan cara bekerjanya yang memberikan stimulasi sel kulit untuk beregenerasi. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan sel-sel kulit berkurang, dan retinol inilah yang dapat membantu kulit untuk tetap sehat dengan meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit. Pori-pori pun bisa lebih bersih dan penampakannya terlihat lebih kecil berkat retinol. Dengan retinol, warna kulit juga lebih rata, teksturnya lembut dan halus.

Tidak Ada Hubungan Antara Jumlah Produk & Hasil Yang Didapatkan

retinol, anti-aging, penuaan, kulit, wajah, jumlah, sedikit, baik, setiap, malam, kandungan, vitamin, A, waktu, dua, minggu, telaten, berlebihan, jangan, toleransi, reaksi, wajar, merah, pelembap, malam

Wanita dewasa dengan kulit bebas keriput

Setiap produk yang dibeli di counter kecantikan pasti memiliki cara pakai atau petunjuk penggunaannya masing-masing. Begitu juga dengan produk yang mengandung retinol. Jika selama ini Anda mengira semakin banyak produk dengan kandungan retinol yang dioleskan ke muka, maka akan semakin cepat khasiatnya terasa, hal itu tidak benar. Dengan pemakaian berlebihan, bisa jadi yang muncul malah reaksi negatif yang tidak diharapkan, bahkan ada potensi kulit jadi meradang atau iritasi. Apalagi untuk Anda yang belum pernah menggunakan retinol sebelumnya, sedikit jumlah retinol yang digunakan akan lebih baik. Biarkan kulit beradaptasi terlebih dulu dengan kandungan ini, dan kembali lagi, ikuti saja cara pakai produknya.

Retinol Boleh Digunakan Bersama Dengan AHA & BHA

Baca juga:  Saran Konsumsi Produk Herbalife Untuk Diet Saat Puasa

AHA dan BHA merupakan acid, yang biasanya ditemukan dalam produk eksfoliasi kulit. Kedua kandungan itu bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam. AHA, BHA, dan retinol memiliki area berbeda yang sebenarnya tidak ada larangan tidak boleh menggunakan secara bersamaan. Hal yang perlu diwaspadai adalah jika kulit jadi mengelupas, merah-merah, atau jadi lebih sensitif dari biasanya. Reaksi itu bisa jadi karena kandungan AHA, BHA, dan retinolnya terlalu tinggi, atau cara pakai yang salah.

Ada Beberapa Reaksi Wajar Saat Menggunakan Retinol

Saat menggunakan retinol, terutama bagi yang baru pertama kali, wajar kalau kulit terasa lebih kering dari biasanya, sedikit mengelupas, dan sedikit merah. Apabila sudah berlebihan, baru Anda perlu cek ulang. Kalau masih dalam kategori wajar, reaksi-reaksi tersebut memang merupakan bagian dari proses kerja retinol. Biasanya setelah 2-3 minggu pemakaian, kulit mulai beradaptasi dan toleransi akan retinolnya pun semakin meningkat.

Membutuhkan Waktu 8 -12 Minggu Untuk Melihat Hasil Kerja Retinol

Baca juga:  Waspada Terhadap Gangguan Thelazia Gulosa, Salah Satu Jenis Cacing Mata

Retinol membutuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 bulan untuk memberi hasil yang nyata. Dikarenakan waktu yang dibutuhkan cukup lama, maka Anda disarankan setidaknya memakainya selama waktu itu. Anda tidak bisa berharap hasil instan, sehingga perlu konsisten dalam pengaplikasiannya.

Penggunaan Retinol Pada Kulit Sensitif

retinol, anti-aging, penuaan, kulit, wajah, jumlah, sedikit, baik, setiap, malam, kandungan, vitamin, A, waktu, dua, minggu, telaten, berlebihan, jangan, toleransi, reaksi, wajar, merah, pelembap, malam

Ilustrasi: kulit sensitif

Retinol bisa dipakai di berbagai jenis kulit. Tetapi, bagaimana jika diaplikasikan di kulit sensitif? Menurut dermatologis di New York, Erin Gilbert, mengatakan bahwa retinol bisa digunakan di semua jenis kulit asalkan digunakan secara benar. Gilbert mengatakan bahwa Anda perlu melakukan perawatan secara perlahan dan rasakan hasilnya. Berikut ini ada beberapa tips penggunaan retinol bagi kulit sensitif dan hipersensitif.

Selalu Membersihkan Wajah Secara Perlahan

Sebelum memulai perawatan, Anda harus memastikan bahwa kulit dalam kondisi bersih. Shari Marchbein, dokter kulit di New York mengatakan bahwa mencuci muka dengan pembersih lembut merupakan kunci dari perawatan kulit. Produk yang disarankan antara lain CeraVe’s Hydrating Facial Cleanser dan Neutrogena Ultra Gentle Daily Cleanser. Anda juga bisa menggunakan Burt’s Bees dan First Skin Beauty Pure Skin Face Cleanser atau produk pembersih wajah lainnya yang cocok Anda gunakan.

Gunakan Retinol Secara Lembut

Selain membersihkan wajah dengan benar, mempertimbangkan mengenai percobaan pertama pemakaian produk merupakan hal penting juga. Hal itu disebut juga dengan retinyl ester. Dalam istilah awam, retinyl ester adalah bentuk vitamin A yang kurang terkonsentrasi, yang tidak agresif pada kulit sensitif.

Sebaiknya bagi pemakai retinol pertama kali, cari bahan seperti retinil propionat, karena jauh lebih ringan pada kulit dibandingkan dengan retinol murni. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Murad’s Retinol Youth Renewal Night Cream yang mengandung retinyl propionate, dan ekstrak alga merah yang rumit, yang menghaluskan garis-garis halus dan keriput, serta menenangkan iritasi.

Jangan Lupa Menggunakan Pelembap

retinol, anti-aging, penuaan, kulit, wajah, jumlah, sedikit, baik, setiap, malam, kandungan, vitamin, A, waktu, dua, minggu, telaten, berlebihan, jangan, toleransi, reaksi, wajar, merah, pelembap, malam

Aplikasi krim perawatan wajah (sumber: beautyheaven.com)

Melewatkan pemakaian pelembap dalam rutinitas perawatan wajah Anda merupakan hal yang tidak disarankan. Hal itu dikarenakan tanpa adanya lapisan hidrasi (seperti pelembap) yang ditambahkan, risiko kepekaan kulit lebih tinggi terjadi. Menurut dokter kulit di New York, Joshua Zeichner, pelembap dianggap bisa mengatasi kemungkinan terjadinya iritasi karena pemakaian retinol.

Jangan Berlebihan

Baca juga:  Bosan Punya Kulit Kusam? Ini Cara Mutihin Muka Secara Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Hanya karena Anda menganggap retinol bisa mencegah penuaan, tidak disarankan untuk menggunakannya dalam jumlah yang berlebihan. Dermatologis menyarankan Anda mulai menggunakannya dengan ukuran sebesar biji kacang, dua atau tiga kali dalam seminggu pada waktu malam hari. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kulit toleransi terhadap retinol. Nantinya, kulit akan terbiasa dengan pemakaian lebih sering dari waktu ke waktu.

Apabila dalam waktu sekitar dua minggu, kulit Anda baik-baik saja, tidak mengalami kekeringan, kemerahan, atau pengelupasan, maka penggunaan retinol dapat ditingkatkan frekuensinya dari setiap malam selama satu atau dua minggu menjadi setiap malam.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: