Haid Datang Lebih Awal, Apakah Tanda Kehamilan?

Haid, datang, lebih, awal, tanda, kehamilan, cepat, maju, mundur, telat, penyebab, faktor, testpack, tanda, ciri, hamil,Ilustrasi: nyeri haid (healthywomen.org)

Siklus haid yang normal biasanya setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 2-7 hari. Ada beberapa wanita yang mengalami haid lebih cepat sebelum waktunya, dan berpikir apakah hal tersebut pertanda kehamilan?

Dokter Lidiwina Cindy Candra dari Meetdoctor mengatakan bahwa siklus menstruasi yang datang lebih awal atau mundur beberapa hari merupakan hal yang dianggap wajar akibat terjadinya perubahan hormonal. Apabila wanita mengalami haid selama 2 hari juga masih dikatakan dalam batas normal.

Ia menambahkan, biasanya perdarahan pada tahap awal kehamilan merupakan flek yang hanya berlangsung dalam 1 – 2 hari saja dan tentunya flek tersebut hanya bersifat bercak dan tidak banyak seperti perdarahan saat haid.

Apabila Anda menggunakan pembalut dan mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak dan darah tersebut keluar selama 2-3 hari, maka tentunya Anda mengalami menstruasi, terlebih jika datangnya tepat di saat memang seharusnya jadwal bulanan menstruasi Anda. Jika Anda sudah menstruasi, maka tentunya tidak ada kehamilan yang terjadi.

Seorang pakar kesehatan wanita bernama Dr. Jennifer Wider, mengungkapkan sejumlah penjelasan kenapa haid seorang wanita bisa datang lebih awal dari biasanya. Untuk haid yang datang lebih awal, penyebabnya bisa karena sejumlah faktor, di antaranya:

Program Diet
Saat kita mengubah pola makan atau berusaha menurunkan berat badan, siklus haid pun bisa ikut terpengaruh. Dr. Wider mengatakan bila berat badan kita turun cukup banyak, haid bisa sangat telat tapi juga bisa datang lebih cepat.

Konsumsi Obat
Mengonsumsi pil KB jelas akan mempengaruhi siklus haid, bahkan bisa membuat haid datang lebih cepat. Selain itu, konsumsi obat-obatan antikoagulan juga bisa membuat haid datang lebih awal dari biasanya.

Stres
“Stres mental bisa menyebabkan fluktuasi pada hormon kita yang mempengaruhi siklus kita,” papar Dr. Wider. Jadi memang stres tidak hanya bisa membuat telat haid tapi juga bisa membuatnya datang lebih awal.

Mengidap Penyakit Tertentu
Dr Wider menjelaskan bahwa penyakit seperti endometriosis, gangguan tiroid, dan PCOS (gangguan keseimbangan kadar hormonal) bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Kalau keseimbangan hormon terganggu, salah satu efeknya adalah haid yang datang lebih cepat dari biasanya.

Haid, datang, lebih, awal, tanda, kehamilan, cepat, maju, mundur, telat, penyebab, faktor, testpack, tanda, ciri, hamil,

Ilustrasi: ciri-ciri menstruasi (pinkycloud.com)

Mendekati Menopause
Untuk wanita yang berusia akhir 40an, siklus haid bisa makin tidak teratur. Saat akan mendekati menopause, haid pun bisa datang lebih cepat dari biasanya. Pada dasarnya setiap tubuh wanita itu berbeda satu sama lain. Jika Anda mengetahui ada perubahan drastis dan tak biasa pada siklus haid, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Haid datang lebih awal pada wanita juga bisa jadi karena mengalami polimenorea. Polimenorea merupakan suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, di mana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium.

Penyebab timbulnya menstruasi yang lebih sering ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran pada wanita yang mengalaminya. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidakseimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan haid sebelum waktunya.

Polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita polimenorea yang berlangsung terus menerus dapat menimbulkan gangguan hemodinamik pada tubuh akibat darah yang keluar terus menerus. Di samping itu, polimenorea dapat juga akan menimbulkan keluhan berupa gangguan kesuburan karena gangguan hormonal pada polimenorea mengakibatkan gangguan ovulasi (proses pelepasan sel telur). Wanita dengan gangguan ovulasi seringkali mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan.
Untuk memastikan adanya tanda kehamilan dari seorang wanita tentu harus dilakukan tes kehamilan, dan yang paling sederhana adalah melalui test pack. Umumnya, gejala kehamilan dibagi menjadi dua, yakni tanda pasti hamil dan tanda tidak pasti hamil.

Haid, datang, lebih, awal, tanda, kehamilan, cepat, maju, mundur, telat, penyebab, faktor, testpack, tanda, ciri, hamil,

Ilustrasi: kehamilan

Tanda pasti hamil adalah suatu tanda yang jika terdapat tanda ini maka sudah pasti Anda hamil. Tanda pasti berupa pemeriksaan kehamilan, baik dengan pemeriksaan urine dan atau pemeriksaan USG. JIka hasil pemeriksaan urine positif hamil dan saat USG terlihat adanya kantung dan bakal janin yang berada di rahim maka sudah pasti Anda sedang hamil.

Selain dua tanda itu, satu tanda hamil yang lain adalah jika perut membesar dan diiringi rasa adanya pergerakan janin di perut, namun untuk tanda tersebut baru dapat dinilai saat kehamilan lanjut atau sekitar bulan ke 5.  

Sementara, tanda tidak pasti merupakan gejala dan tanda yang sering dialami wanita saat sedang di awal kehamilan, namun jika seseorang memiliki satu atau beberapa tanda ini, maka belum tentu wanita itu hamil, karena gejala dan tanda ini dapat terjadi pada kondisi selain kehamilan.

Telat menstruasi menjadi gejala awal yang membuat seseorang biasanya menyadari bahwa kemungkinan dia hamil. Namun telat haid ini sebenarnya dapat terjadi karena banyak penyebab, seperti pada pemakaian kontrasepsi hormonal, saat stres, saat aktivitas fisik berlebih atau kelelahan, dan lain sebagainya.

Kram pada bagian perut juga mungkin saja terjadi pada awal-awal kehamilan, dan sering disangka sebagai gejala akan munculnya menstruasi. Selain itu morning sickness juga kerap dikenali sebagai tanda kehamilan. Morning sickness merupakan gejala mual-mual tanpa sebab yang jelas yang cenderung terjadi pada pagi hari. Mual-mual tersebut bisa jadi gejala penyakit lain seperti lambung dan lainnya.

Tanda tidak pasti lainnya adalah perubahan payudara. Payudara terasa tegang, sensitif, pegal, terasa lebih besar/bengkak, terasa lebih berisi, dan daerah areola di sekitar puting terlihat lebih gelap. Peningkatan berat badan, perubahan mood Lebih sering BAK, konstipasi, merasa lelah tanpa pencetus yang jelas (biasa terjadi pada awal-awal bulan kehamilan), nyeri punggung, pusing dan lemas.

Untuk bisa dipastikan hamil maka diperlukan terutama adanya tanda pasti kehamilan, yaitu hasil urine atau USG. Sering kali seorang wanita memiliki tanda pasti kehamilan, namun dia tidak merasakan adanya tanda-tanda tidak pasti kehamilan tersebut. Begitu juga sebaliknya, banyak juga wanita merasakan beberapa gejala atau tanda tidak pasti kehamilan tersebut namun setelah diperiksa ternyata tidak hamil, dan tanda tersebut merupakan akibat dari kondisi lain.

6 Comments

  1. Navira Ariani Sudarso07/11/2018 at 03:32

    mau tanya nih, aku biasanya normal bgt jadwal haidnya palingan cuma maju 1 atau 2 hari, setelah nikah pun aku masih haid ini udah bulan ke 3, tapi haid bulan ini tuh sakit banget, juga banyak bgt sampe bocor gitu lgi dikantor dan kecepetan seminggu, ada yg bilang aku keguguran, apa iya? Tapi aku ga tau aku hamil apa engga.. mohon penjelasannya ya dok.. makasih

    • Jika nyerinya bersifat menetap atau semakin sakit bahkan setelah haid selesai, itu bisa menandakan penyakit/kondisi tertentu. Jika nyeri haid disertai jadwal datang bulanyg tidak teratur, keputihan, dan pendarahan abnormal di luar menstruasi, sebaiknya segera periksakan ke dokter.
      Jika sakitnya disaat mens saja, bolehjadi itu normal semata – apalagi untuk wanita yg belum pernah hamil dan melahirkan.

  2. Dok saya mau bertanya kenapa ya keluar darah saat saya berhubngan intim dengan suami keluar darah ..padahal seharusnya saya blm datang ….bulan saya datang bulan tanggl 29-6…tp kenapa keluar darah pada tanggl 26 ….apakah tu dapat dikatan tanda2 kehamilan?…..

    • Perdarahan vagina bisa menjadi penanda Anda mengalami infeksi, polip serviks, radang panggul, vagina kering (kurang lubrikasi), dan ektropion serviks. Sebaiknya segera konsultasikan gejalanya dengan dokter.

  3. mau tanya,pada november lalu saya mens pada tgl 27,selanjutnya desember tgl 25,januari kemarin tgl 20,lalu februari sekarang tgl 18,jangka waktu tetap 7 hari,apakah itu normal?sedangkan saya tidak mengkonsumsi obat atau apapun,hanya saja saya wanita pekerja,tapi hanya setengah hari,mungkin ada solusi?

    • Mens tidak teratur bisa jadi karena kondisi psikologis atau fisiologis.
      Tapi mengingat intervalnya tidak terlalu drastis, mungkin siklusmu seperti itu. Tubuh punya ritme biologis yang kadang tidak selalu sama dengan bilangan angka kalender.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: