Gejala, Cara Mencegah dan Mengobati Fungal Acne

Kulit Wajah Tampak Bebas Jerawat - freepik: @gpointstudioKulit Wajah Tampak Bebas Jerawat - freepik: @gpointstudio

Jerawat jamur atau lebih dikenal dengan nama fungal acne merupakan salah satu infeksi kronis pada folikel sebasea yang disebabkan MF (Malassezia Folliculitis).[1] Bentuk fungal acne yang hampir sama dengan jerawat biasa, sering membuat orang kebingungan dan melakukan kesalahan dalam pencegahan atau pengobatan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui gejalanya yang berbeda dengan jerawat pada umumnya.

Fungal Acne Bisa Menular

Dilansir dari Allure, fungal acne tidak bisa dikategorikan sebagai jerawat, karena disebabkan jamur yang menyebarkan sporanya di area kulit, terutama bagian folikel rambut. Spora fungi yang menyebar ini menyebabkan infeksi dan ditandai dengan gatal.

Masih dilansir dari sumber yang sama, MF sebenarnya hidup di kulit semua orang, tetapi dengan kadar yang berbeda. Tingkat reproduksi jamur dapat meningkat selama cuaca panas dan lembap atau saat Anda berkeringat. Tingkat ragi jamur yang tinggi meningkatkan peradangan dan bermanifestasi menjadi benjolan nanah.

Tidak seperti jerawat pada umumnya, jerawat jamur bisa menular dalam jarak yang dekat. Menurut seorang dokter kulit dari Virginia, infeksi fungal acne dari satu orang ke orang lain dapat menyebar dengan cepat. Diketahui, jika Anda melakukan kontak fisik dengan penderita fungal acne, maka Anda juga bisa terkena jerawat jamur.

Baca juga:  10 Jenis Makanan yang Mengandung Sumber Kolagen Tinggi

Gejala Fungal Acne

Untuk mengetahui apakah Anda terkena fungal acne atau tidak, Anda harus mengetahui gejalanya. Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat jamur memiliki gejala gatal secara intens dan tidak hanya menempel di wajah. Rasa gatal ini bisa Anda rasakan di badan jika jerawat sudah menginfeksi kulit badan Anda. Biasanya, jerawat akan semakin gatal jika terkena bakteri, perubahan hormonal, dan kadar minyak berlebih di kulit.

Gejala Fungal Acne - freepik: @wayhomestudio

Gejala Fungal Acne – freepik: @wayhomestudio

Ciri jerawat jamur yang paling mencolok adalah tempat pertumbuhannya. Secara umum, fungal acne muncul di kulit tubuh yang berminyak, berlemak, lembap, dan sering tertutup. Selain bisa muncul di wajah dan leher, jerawat jamur lebih sering hinggap di punggung, dada, dan pantat. Selain itu, juga sering dijumpai di area lengan dan bahu yang sering tertutup pakaian tebal.

Meskipun bentuknya mirip dengan jerawat biasa, Anda bisa mengetahui apakah jerawat Anda termasuk fungal acne dengan jelas. Jerawat jamur biasanya tidak menyendiri dan selalu berkelompok dalam jumlah yang banyak dan menyebar. Jerawat ini berukuran kecil dengan benjolan berwarna kemerahan dan biasanya meradang. Benjolan ini berisi nanah yang bisa pecah kapan saja dan cairannya inilah yang membuat benjolan lainnya juga ikut meradang dan menyebar.

Baca juga:  Rekomendasi Skincare Pembasmi Maskne Paling Ampuh

Cara Mencegah Fungal Acne

Di daerah dengan cuaca empat musim, jerawat jamur termasuk penyakit musiman dan biasanya akan muncul jika musim panas tiba. Cara pencegahannya, Anda cukup memakai pakaian yang tidak terlalu ketat dan tidak banyak beraktivitas. Anda juga bisa mencoba selama mungkin berada di ruangan yang kering dan dingin.

Hal ini berbeda jika Anda berada di negara yang hanya memiliki dua musim seperti Indonesia. Cuaca hujan yang dingin tetapi lembap bukan hari yang baik untuk penderita fungal acne, apalagi musim panas yang membuat badan mudah berkeringat. Anda bisa melakukan pencegahan dengan memakai baju yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Hal ini setidaknya akan mencegah jerawat meradang atau menciptakan benjolan baru.

Cara Mengobati Jerawat - freepik: @gpointstudio

Cara Mengobati Jerawat – freepik: @gpointstudio

Cara Mengobati Fungal Acne

Untuk mengobati fungal acne, tidak ada cara lain selain berkonsultasi kepada dokter atau dermatologis. Dokter akan memberikan resep obat topikal dan biasanya berupa salep atau gel yang dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat. Sementara, jika fungal acne yang Anda rasakan terlalu parah, dokter akan meresepkan obat antijamur yang mengandung sulfur.

Baca juga:  Manfaat Bedak Bayi untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Untuk perawatan supaya fungal acne tidak semakin parah, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Pilihlah sabun wajah dan badan yang mengandung antibacterial dan sulfur. Beberapa orang juga memakai shampo antidundruf sebagai sabun untuk menghancurkan spora jamur.

Sebagai tips jika Anda menggunakan shampo anti ketombe atau sabun sulfur, sebaiknya jangan membilasnya dengan cepat. Gosokkan sabun di kulit Anda secara merata dan biarkan selama 15 menit hingga 30 menit. Setelah itu, baru bilas menggunakan air bersuhu rendah untuk menghilangkan rasa gatalnya.

[1] Pravitasari, Dwi Nurwulan, Sunarso Suyoso, Evy Ervianti. 2015. Profil Malassezia Folliculitis. BIKKK (Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin) Periodical of Dermatology and Venereology Universitas Airlangga, Vol. 27(2): 121-129.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: