Gejala Awal Penyakit Kanker Yang Sering Diabaikan

tanda-tanda, gejala, penyakit, kanker, wanita, diabaikan, sering, wanita, payudara, warna, kulit, berubah, berat, badan, tanpa, diet, usus, perut, masalah, tubuh, darah, kelenjar, getah, bening, pemeriksaan, konsultasi, dokter Ilustrasi: pertumbuhan sel kanker (sumber: medium.com)

merupakan salah satu paling ditakuti oleh sebagian besar manusia. Salah satunya disebabkan oleh cara pengobatannya yang terbilang cukup lama dan kompleks. Kanker bisa dialami oleh siapa saja, baik pria atau .

Sebenarnya bibit kanker itu sudah ada di dalam diri masing-masing, hanya saja penyakit itu bisa hidup apabila diberi ‘makanan’. Salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat, sering konsumsi makanan tidak sehat, dan pemicu lainnya. Hal itu bisa membuat kanker semakin tumbuh, hingga bisa menggerogoti tubuh manusia.

Contoh saja pada tubuh wanita. Tubuh akan selalu berubah. Seringkali perubahan tersebut terlihat normal, namun bisa jadi itu menjadi tanda-tanda awal dari kanker. Kunci terhindar dari penyakit tersebut salah satunya adalah dengan memerhatikan kondisi tubuh, apa ada yang berubah? Jika Anda perhatian, perubahan pada tubuh sekecil apapun akan terasa.

Menurut Robyn Andersen, PhD, seseorang yang bekerja di Fred Hutchinson, sebuah lembaga penelitian mengenai kanker mengatakan bahwa baru bisa mengindikasikan sesuatu telah berubah dalam diri Anda, dan Anda ingin mengetahui apa maksud dari perubahan itu.

Gejala Awal Kanker Yang Sering Diabaikan

Jadi, apa saja tanda-tanda yang biasanya diabaikan, tetapi sebenarnya patut diwaspadai? Berikut beberapa contohnya.

Perubahan pada

tanda-tanda, gejala, penyakit, kanker, wanita, diabaikan, sering, wanita, payudara, warna, kulit, berubah, berat, badan, tanpa, diet, usus, perut, masalah, tubuh, darah, kelenjar, getah, bening, pemeriksaan, konsultasi, dokter

Ilustrasi: perubahan terjadi pada payudara (sumber: nepalkhabar.com)

Terdapatnya benjolan pada payudara Anda mungkin saja bukan tanda-tanda dari kanker. Tetapi, apabila Anda menemukan benjolan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Selain benjolan, ada beberapa tanda yang bisa diwaspadai yang mungkin saja mengantarkan Anda kepada diagnosa kanker payudara.

Beberapa gejala atau tanda yang patut diwaspadai antara lain kulit berkerut, puting yang mengarah ke dalam, kemerahan, atau ada penipisan kulit di sekitar puting Anda. Untuk mengetahui dari gejala tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada mengenai riwayat .

Pasien mungkin akan menjalani tes seperti mammogram atau biopsi. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengecek apakah gejala tersebut merupakan tanda kanker atau tidak.

Untuk pemeriksaan sendiri, Anda bisa melakukan sadari atau pemeriksaan payudara sendiri. Caranya adalah dengan meraba area payudara hingga ketiak dengan mengangkat tangan. Waktu paling baik adalah seusai mandi. Jika Anda menemukan adanya benjolan yang mencurigakan, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Pendarahan

Marleen Meyers, MD, seorang dokter spesialis onkologi (khusus menangani kanker) mengatakan bahwa secara alami, wanita akan mengalami . Biasanya fase tersebut akan terjadi antara satu hingga dua minggu.

tanda-tanda, gejala, penyakit, kanker, wanita, diabaikan, sering, wanita, payudara, warna, kulit, berubah, berat, badan, tanpa, diet, usus, perut, masalah, tubuh, darah, kelenjar, getah, bening, pemeriksaan, konsultasi, dokter

Ilustrasi: pembalut wanita (sumber: aljazeera.com)

Jika menstruasi tidak berhenti setelah dua minggu atau jika diiringi dengan turunnya berat badan, segeralah periksa ke dokter. Pendarahan yang terus menerus bisa menjadi tanda kanker, termasuk di area payudara, usus besar, saluran gastrointestinal, ovarium, pankreas, atau uterus.

Berdasarkan dari gejala yang dialami, seseorang akan mengalami tes atau pengujian yang mungkin termasuk pemeriksaan panggul, tes darah, mammogram, kolonoskopi, CT scan, atau pemeriksaan USG. Beberapa pemeriksaan tersebut berfungsi untuk mengetahui penyebab dari gejala yang dialami seseorang.

Mengalami pendarahan di waktu selain datang bulan

Jika Anda sedang berada dalam masa datang bulan, bicarakan dengan dokter. Anda juga harus mengutarakan keadaan diri sendiri, terlebih jika Anda mengeluarkan darah di antara waktu yang tidak semestinya. Keluarnya darah di saat bukan waktunya datang bulan bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja Anda mengalami pendarahan setelah masa menopause, itu bukan merupakan suatu hal yang wajar, sehingga segera periksakan diri Anda.

Perubahan pada kulit

Perubahan pada ukuran, bentuk, atau warna dari beberapa area pada anggota tubuh bisa jadi merupakan pengembangan suatu area baru. Perubahan tersebut bisa jadi merupakan tanda kanker. Segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi, dan Anda akan mengalami beberapa pemeriksaan, mungkin salah satunya adalah biopsi. Tidak disarankan untuk menunda memeriksakan diri apabila Anda sudah mengetahui ada perubahan pada kulit.

Keluar darah dari area tubuh yang tidak semestinya

Bicarakan dengan dokter apabila Anda mengalami pendarahan yang keluar dari anggota tubuh yang tidak semestinya. Terlebih jika darah tersebut sudah keluar lebih dari sehari atau dua hari.

tanda-tanda, gejala, penyakit, kanker, wanita, diabaikan, sering, wanita, payudara, warna, kulit, berubah, berat, badan, tanpa, diet, usus, perut, masalah, tubuh, darah, kelenjar, getah, bening, pemeriksaan, konsultasi, dokter

Ilustrasi: menghentikan pendarahan dengan kapas (sumber: medicalnewstoday.com)

Tinja yang berdarah bisa saja merupakan tanda ambeien, tetapi bisa juga merupakan tanda dari kanker usus. Sementara, menurut Herbert Lepor, MD, seorang ahli urologi mengatakan bahwa air seni yang berdarah bisa juga menjadi tanda awal dari kanker kandung kemih atau ginjal.

Perubahan pada kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening itu ukurannya kecil, berbentuk seperti kacang yang ada di seluruh tubuh Anda. Sebagian besar perubahan dari kelenjar tersebut berasal dari infeksi. Tetapi, sebagian di antaranya bisa jadi itu tanda dari kanker darah (leukimia) dan limfoma. Dan, bisa juga menyebabkan kelenjar getah bening membengkak atau malah terasa lunak.

Ide yang bagus jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter, apabila dirasa ada perubahan pada kelenjar getah bening menjadi mengeras atau malah melunak yang terjadi selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Kehilangan berat badan tanpa diet

Sebagian besar wanita berharap kehilangan berat badan, salah satu caranya adalah dengan diet. Tetapi, kehilangan berat badan tanpa Anda melakukan diet, bisa jadi merupakan sebuah tanda ada masalah dari tubuh.

Kehilangan berat badan yang tidak disengaja sebagian besar mungkin bukan merupakan gejala kanker. Menurut Marleen Meyers, seorang spesialis onkologi mengatakan bahwa penurunan berat badan itu bisa karena stres atau kelenjar tiroid, namun itu mungkin bisa menjadi tanda dari kanker pankreas. Bisa juga merupakan tanda-tanda dari kanker usus, perut, atau paru-paru. Pemeriksaan terhadap gejala penurunan berat badan bisa dengan tes darah, PET atau CT scan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: