Gairah Seks Menurun? Kenali Penyebab dan Solusinya!

Gairah, seks, menurun, libido, rendah, penyebab, gejala, faktor, solusi, mengatasi, nafsu, stres, depresi, komunikasi, pasangan, wanita, pria, hubungan, masalah, isu, perselingkuhan, menopause, ereksi, hormon, obesitas, Suami stres akibat gairah seks istri menurun

Menurunnya gairah seks, khususnya pada wanita, bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki libido. Semua orang, baik pria maupun wanita, pasti memiliki nafsu seks, namun terkadang gairah tersebut menurun. Saat libido wanita sedang rendah, biasanya ia tak tertarik untuk melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

Penurunan libido yang tak terduga ini, terutama ketika berlangsung dalam jangka waktu yang lama atau terus berulang, dapat menunjukkan adanya masalah pribadi, masalah kesehatan, gaya hidup atau masalah dalam hubungan. Secara garis besar, ada tiga gejala yang menandakan libido wanita sedang rendah, seperti tidak tertarik untuk melakukan hubungan seksual, termasuk masturbasi, tidak memiliki hasrat atau fantasi seksual atau jarang merasakan adanya hasrat atau fantasi seksual, bahkan merasa terganggu dengan kurangnya hasrat atau fantasi seksual yang dirasakan.

Jika Anda mengalami satu dari ketiga tanda tersebut, kemungkinan Anda mengalami penurunan libido. Nah, sebenarnya apa penyebab libido rendah yang berpengaruh pada menurunnya gairah seks? Berikut ulasannya.

Penyebab turunnya libido wanita secara umum terdiri dari 4 faktor, yakni penyebab fisik, perubahan hormon, penyebab psikologis, dan adanya masalah dalam hubungan. Beberapa macam penyakit, perubahan fisik, dan obat-obatan dapat menyebabkan berkurangnya hasrat seks, termasuk:

Stres

Gairah, seks, menurun, libido, rendah, penyebab, gejala, faktor, solusi, mengatasi, nafsu, stres, depresi, komunikasi, pasangan, wanita, pria, hubungan, masalah, isu, perselingkuhan, menopause, ereksi, hormon, obesitas,

Wanita murung dan stres

Beberapa orang melakukan banyak hal dengan baik ketika mereka sedang stres. Namun, merasa seksi bukanlah salah satunya. Stres di tempat kerja, rumah, atau dalam hubungan dapat terjadi pada siapa pun. Mempelajari cara menanganinya dengan cara yang sehat dirasa sangat membantu. Meski Anda dapat melakukan banyak hal sendiri, namun konselor atau dokter juga dapat membantu.

Masalah dalam hubungan

Masalah dengan pasangan Anda termasuk faktor utama yang menyebabkan rendahnya gairah seks. Untuk sebagian besar wanita, kedekatan secara emosional dengan pasangan merupakan awal yang penting sebelum melakukan hubungan seksual. Jadi, masalah dalam hubungan juga dapat menjadi faktor utama rendahnya gairah seks. Penurunan hasrat seksual sering kali merupakan hasil dari isu-isu dalam hubungan yang sedang berlangsung, seperti kurangnya kedekatan dengan pasangan Anda, adanya permasalahan yang belum terselesaikan, buruknya komunikasi terhadap kebutuhan dan preferensi seksual, serta isu perselingkuhan.

Alkohol

Minuman beralkohol memang dapat membuat Anda merasa lebih terbuka terhadap seks. Tetapi terlalu banyak alkohol dapat mematikan dorongan seksual Anda. Mabuk juga bisa menjadi penghambat bagi pasangan Anda. Jika Anda seorang alcoholic maka segera cari bantuan.

Kualitas tidur yang buruk

Gairah, seks, menurun, libido, rendah, penyebab, gejala, faktor, solusi, mengatasi, nafsu, stres, depresi, komunikasi, pasangan, wanita, pria, hubungan, masalah, isu, perselingkuhan, menopause, ereksi, hormon, obesitas,

Sulit tidur pada malam hari

Jika hasrat seksual Anda hilang, mungkin disebabkan karena Anda tidak cukup tidur. Apakah Anda tidur terlalu malam atau bangun terlalu pagi? Apakah Anda memiliki masalah tidur, atau kondisi seperti sleep apnea? Apa pun yang mengacaukan istirahat malam yang nyenyak bisa mengacaukan seks. Kelelahan melemahkan gairah seks. Selesaikan masalah tidur Anda, dan jika itu tidak membantu, bicarakan dengan dokter Anda.

Memiliki anak

Anda tidak kehilangan dorongan seksual Anda setelah Anda menjadi orang tua. Namun, Anda akan kehilangan waktu untuk berduaan dengan pasangan. Sewalah babysitter untuk menjaga anak Anda. Anda bisa berhubungan seks pada jam tidur anak Anda.

Obat-obatan

Banyak resep obat-obatan, termasuk beberapa obat antidepresan dan anti kejang yang terkenal sebagai pembunuh libido. Sering kali alat KB tertentu juga membuat libido wanita menurun. Banyak wanita yang merasakan penurunan nafsu seks ketika menggunakan kontrasepsi. Kontrasepsi yang berpengaruh adalah pil progestogen, pil gabungan, cincin vagina, injeksi Depo-Provera, dan kontrasepsi implan.

Tingkat kepercayaan diri yang rendah

Gairah seks akan lebih mudah muncul jika Anda menyukai penampilan Anda. Berusahalah menerima tubuh Anda seperti sekarang ini, bahkan jika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang baik. Merasa baik tentang diri sendiri dapat membuat Anda bersemangat.

Obesitas

Gairah, seks, menurun, libido, rendah, penyebab, gejala, faktor, solusi, mengatasi, nafsu, stres, depresi, komunikasi, pasangan, wanita, pria, hubungan, masalah, isu, perselingkuhan, menopause, ereksi, hormon, obesitas,

Kegemukan atau obesitas, penambahan berat yang berlebihan

Ketika Anda bermasalah dengan kelebihan berat badan atau obesitas, keinginan akan seks sering meredup. Bisa jadi Anda tidak menikmati seks, tidak bisa melakukan seperti yang Anda inginkan, atau terhambat oleh harga diri yang rendah. Anda harus mengelola pola pikir Anda sendiri, atau berkonsultasi dengan seorang konselor jika diperlukan.

Masalah ereksi

Pria dengan disfungsi ereksi seringkali khawatir tentang bagaimana mereka akan dapat melakukan hubungan seksual, dan kekhawatiran itu dapat menguras keinginan mereka. Disfungsi ereksi ini dapat diobati, dan dibutuhkan peran pasangan agar tidak mempengaruhi hubungan mereka.

Depresi

Depresi bisa mematikan kesenangan dalam banyak hal, termasuk seks. Jika perawatan Anda melibatkan obat-obatan, beri tahu dokter Anda jika dorongan seksual Anda rendah, karena beberapa (tetapi tidak semua) obat depresi menurunkan dorongan seks. Bicarakan juga dengan terapis Anda.

Menopause

Kadar estrogen menurun selama transisi menuju menopause. Hal ini dapat menyebabkan penurunan minat dalam berhubungan seks dan membuat vagina menjadi kering, sehingga seks akan terasa menyakitkan dan tidak nyaman. Meskipun banyak wanita yang telah menopause masih menikmati seks yang memuaskan, namun ada juga yang telah kehilangan libidonya.

Pasangan yang belajar untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur biasanya dapat menjaga hubungan emosional yang lebih kuat, sehingga dapat menyebabkan kehidupan seks yang lebih baik. Berkomunikasi mengenai seks, seperti apa yang disukai dan tidak disukai saat melakukan hubungan seksual, dapat membuat keintiman lebih kuat, Anda wajib menghubungi dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: