Lebih dari Lotion Biasa, Ini Sederet Fungsi dari Hand Cream yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi dari Hand Cream - freepik: @jcompFungsi dari Hand Cream - freepik: @jcomp

Tangan adalah organ tubuh yang paling sering kita gunakan dalam beraktivitas. Sayangnya, bagian tubuh satu ini kerap luput dalam rangkaian perawatan kulit harian kita. Sebagian besar wanita lebih fokus merawat bagian wajah dan mengabaikan area tangan yang kulitnya juga bisa saja mengalami iritasi, kering, atau bahkan terkelupas. Namun beruntung karena kini sudah banyak bermunculan produk hand cream yang menawarkan fungsi lebih dari body lotion biasa.

Lantas, apa sebenarnya hand cream itu? Hand cream atau yang kerap disebut dengan krim tangan adalah produk perawatan kulit bertekstur krim yang diformulasikan untuk melembutkan dan melembapkan kulit tangan. Umumnya, krim tangan diformulasikan dengan bahan-bahan yang kaya, seperti shea butter, jojoba, atau aloe vera yang manfaat utamanya adalah untuk mengunci kelembapan kulit. Hand cream bisa diaplikasikan sebanyak beberapa kali dalam sehari supaya kulit tangan tetap halus dan meminimalisir hilangnya kelembapan di kulit tangan.

Hand cream lebih disarankan digunakan setelah mencuci tangan, setelah melakukan pekerjaan rumah, atau setelah mandi. Nah, jika penasaran, berikut beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui dari hand cream.

Varian Produk Hand Cream - editorial.femaledaily.com

Varian Produk Hand Cream – editorial.femaledaily.com

Fungsi Hand Cream

Melembapkan Tangan

Manfaat utama dari hand cream tentu saja adalah untuk melembapkan kulit tangan Anda. Bagian punggung maupun telapak tangan memang rentan terasa kasar atau bahkan mengalami pengelupasan karena terkena detergen saat mencuci piring atau baju atau bahkan karena fenomena seringnya memakai hand sanitizer belakangan ini. Oleh sebab itu, penggunaan hand cream di malam hari sebelum tidur akan cukup membantu mengembalikan kelembutan sekaligus kelembapan kulit tangan Anda.

Baca juga:  5 Pengawet Makanan Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari

Melindungi Kulit Tangan dari Sinar UV

Hal yang tak kalah penting dari hand cream adalah diklaim bisa melindungi kulit tangan Anda dari paparan sinar ultraviolet. Terlebih bila Anda termasuk orang yang sering berkendara di bawah terik matahari. Paparan sinar UV secara terus-menerus berpotensi untuk membahayakan kesehatan kulit tangan Anda. Dampaknya, kulit tangan akan terasa seperti terbakar (sunburn), berwarna lebih gelap, mengalami penuaan dini, atau berisiko terkena kanker kulit.

Membantu Regenerasi Sel Kulit

Kegunaan lainnya dari pemakaian hand cream secara rutin adalah membantu proses regenerasi sel-sel kulit tangan. Beberapa produk hand cream mengandung vitamin C dan zat-zat lain yang bisa memperbarui sel kulit mati di tangan Anda. Dengan demikian, kulit tangan tak hanya menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih cerah. Proses regenerasi tersebut juga membuat kulit tangan terasa lebih lembut, lembap, dan segar.

Baca juga:  Setelah Diseduh Berapa Lama Susu Formula Anak Akan Basi?

Mengurangi Tanda dan Proses Penuaan di Kulit Tangan

Selain wajah dan leher, bagian tubuh lain yang tak luput dari tanda-tanda penuaan adalah kulit tangan Anda. Penggunaan hand cream yang teratur dapat meminimalisir timbulnya kerutan pada kulit tangan Anda. Dengan demikian, bukan hanya kulit wajah dan leher saja yang perlu menggunakan krim anti aging, tetapi bagian tangan pun tak boleh luput dari penggunaan hand cream untuk mencegah kerutan atau tanda-tanda penuaan dini.

Kulit Mulus setelah Menggunakan Hand Cream - freepik: @prostooleh

Kulit Mulus setelah Menggunakan Hand Cream – freepik: @prostooleh

Sebagai Krim Pelembap Darurat

Hand cream secara kasat mata memang terlihat mirip seperti body lotion biasa. Namun, umumnya hand cream memiliki tekstur yang sedikit lebih lembap dibandingkan body lotion. Poin plusnya, hand cream biasanya dikemas lebih kompak sehingga cukup praktis disimpan dalam tas atau pouch make-up Anda. Anda bisa memanfaatkan hand cream sebagai pelembap darurat ketika tumit, kaki, atau siku Anda terasa kering atau bahkan mengelupas.

Baca juga:  Seberapa Sering Legging dan Pakaian Dalam Harus Dicuci?

Pengganti Parfum

Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelembab darurat ketika bepergian, beberapa produk hand cream diformulasikan dengan aroma khusus yang segar. Anda bisa menggunakan hand cream sebagai pengganti wewangian ketika kebetulan sedang tidak membawa parfum. Aroma hand cream jauh lebih lembut dan menenangkan dibandingkan parfum meski ketahanannya mungkin tidak terlalu lama.

Merawat kesehatan kulit tangan sebenarnya tidak terlalu sulit. Pijatan teratur dengan sedikit minyak dan diikuti dengan olesan krim tangan akan membantu melembapkan kembali tangan dan kuku. Lindungilah tangan dengan mengenakan sarung tangan saat udara dingin dan sarung tangan karet saat melakukan tugas rumah tangga, terutama saat mencuci dengan tangan.[1]

[1] Bentley, V. 2005. Siasat Jitu Awet Muda (hlm 57). Terjemahan oleh: Shinta T. Kiki S dkk, editor. Jakarta: Erlangga.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: