Fungsi & Aturan Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil

Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil - www.newsmax.com

Asam folat sudah lama dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh para yang sedang . Lalu bagaimana jika konsumsi asam folat dilakukan sejak sebelum ? Apa saja asam folat sebelum ?

Asam folat sendiri merupakan bentuk sintetis dari B9 yang dibutuhkan wanita sebelum hamil untuk membantu pertumbuhan janin dan melindungi sel tubuh. Tubuh membutuhkan asam folat ketika sel tumbuh dengan cepat seperti ketika memasuki masa kehamilan. Seperti yang Anda ketahui, ketika hamil rahim atau terus akan membesar, plasenta berkembang, tubuh mengalirkan lebih banyak darah, dan pertumbuhan janin pun berlangsung begitu cepat. Agar Anda tak penasaran, berikut ini informasi lengkap seputar fungsi atau asam folat sebelum hamil.

Manfaat Konsumsi Asam Folat untuk Program Hamil

Saat dalam masa kehamilan, janin dalam perut akan tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu mengonsumsi asam folat sebelum dan selama hamil disebut-sebut dapat membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat. Folat dapat membantu menurunkan risiko cacat lahir seperti neural tube defect (NTD), cacat pada jantung dan anggota tubuh, gangguan pada saluran kemih, penyempitan katup lambung, dan sumbing oral-wajah, seperti bibir sumbing dan celah pada langit-langit mulut.

Fungsi Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil - www.healthline.com

Fungsi Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil – www.healthline.com

Sebelum seorang wanita mengetahui dirinya sedang mengandung, folat ternyata memiliki fungsi yang penting untuk perkembangan awal janin, terutama ketika janin masih berbentuk tabung saraf. Tabung saraf terbentuk pada minggu ketiga dan keempat selama kehamilan, kemudian tumbuh menjadi otak dan sumsum tulang belakang.

Nah, tabung saraf yang tidak tertutup secara sempurna disebut neural tube defect (NTD). Contoh kasus NTD adalah spina bifida atau tulang belakang yang tidak menutup secara sempurna, anencephaly atau tidak adanya bagian otak, dan encephalocele atau tengkorak bayi yang tidak tertutup dengan sempurna.

Fungsi asam folat sebelum hamil sendiri bukan sebatas untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir, tetapi juga untuk membentuk sel darah merah normal dan mencegah anemia. Folat pun dinilai penting untuk memproduksi, memperbaiki, dan untuk fungsi DNA. Tak hanya untuk wanita, asam folat juga bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan pria. Antioksidan seperti asam folat dan seng (zinc) diketahui bisa meningkatkan jumlah sperma sehingga bisa sekaligus memperbesar peluang berhasilnya pembuahan dan kehamilan.

Aturan Minum Asam Folat Sebelum Hamil

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, wanita yang berada pada usia subur dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 0,4 mg (400 mcg) dosis asam folat per hari untuk mencegah cacat lahir, setidaknya 1 bulan sebelum kehamilan. Sementara itu, di Indonesia berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2018 Anda disarankan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum hamil dan ditambah lagi dengan takaran 200 mcg per hari selama hamil.

Para wanita yang mengonsumsi asam folat setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan setidaknya sebulan sebelum konsepsi (pembuahan) dan selama trimester pertama kehamilan bisa menurunkan risiko bayi mengalami NTD hingga 70%.

Aturan Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil - www.huffingtonpost.com

Aturan Konsumsi Asam Folat Sebelum Hamil – www.huffingtonpost.com

Bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan (promil), selain konsumsi asam folat sebenarnya masih ada beberapa vitamin dan mineral lainnya yang juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan, misalnya seperti vitamin B, C, D, E, selenium, zinc, zat besi, dan koenzim Q10. Vitamin prenatal seperti vitamin A, kalsium, dan asam lemak omega 3 juga baik untuk dikonsumsi selama program hamil.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Sumber alami asam folat bisa Anda temukan pada sayur-sayuran yang berdaun hijau, buah jeruk, gandum utuh, dan makanan lainnya. Beberapa jenis makanan seperti bayam, hati sapi, asparagus, dan Brussels sprouts dikenal sebagai sumber asam folat paling tinggi. Bahkan di Indonesia sendiri sebenarnya pemerintah juga sudah mewajibkan produsen tepung terigu untuk fortifikasi folat demi tujuan perbaikan gizi.

Selain makanan-makanan yang telah disebutkan sebelumnya, sumber asam folat juga bisa Anda dapatkan melalui lobak hijau, lettuce, avokad, pepaya, pisang, kacang-kacangan seperti kacang chickpea (kacang Arab), kacang polong, jagung, produk susu, ayam, daging sapi, telur, dan ikan.

Efek Samping Kelebihan Asam Folat

Seperti halnya zat-zat lainnya, konsumsi asam folat pun ternyata tidak boleh berlebihan. Dosis asam folat yang over memang akan luruh bersamaan dengan urine dan feses. Tetapi senyawa vitamin ini disebut-sebut berpotensi membahayakan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Beberapa efek samping yang umum dari kelebihan asam folat antara lain berpotensi kekurangan zinc, mengalami masalah pencernaan seperti mual, kelelahan, dan sulit tidur atau insomnia.

Selain itu, mereka yang konsumsi asam folat berlebih juga bisa saja mengalami ruam pada kulit, mati rasa di lidah atau mulut, mudah marah, hipertensi, perilaku psikotik, kekurangan atau bertambahnya nafsu makan, depresi mental, hingga kurangnya konsentrasi. Jumlah dosis asam folat pun kabarnya bisa mengurangi jumlah vitamin B12 dalam tubuh, sehingga kadang kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia. Mengonsumsi obat tersebut bisa berinteraksi dengan obat lain dan dapat mencegah gangguan kesehatan lainnya.

Penggunaan suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat harian Anda selain dari sumber makanan alami memang tidak masalah. Namun konsumsi suplemen asam folat seperti Folavit atau sebagainya untuk program hamil sebaiknya dilakukan sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter kandungan Anda. Hal ini demi menghindari efek samping dan reaksi negatif yang mungkin terjadi setelah Anda mengonsumsi suplemen asam folat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: