Faktor Yang Memengaruhi Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

vitamin, D, hal, kadar, tingkat, dalam, tubuh, ginjal, hati, pentingnya, kesehatan, usus, berat, badan, dan, penyakit, tulang, umur, tua, muda, faktor, suplemen, makanan, dosis, per, hari Ilustrasi: sinar matahari salah satu sumber vitamin D

Mengetahui ada banyak faktor yang memengaruhi banyaknya dalam seseorang bisa menjadi sesuatu yang rumit. Seseorang bisa mendapatkan tersebut dari suplemen atau yang memang mengandung . Jika Anda mengonsumsi suplemen, dosis yang dianjurkan biasanya 800 IU per hari.

Namun, vitamin D juga bisa diproduksi dengan sendirinya. Prosesnya dimulai ketika sinar ultraviolet B (bagian dari spektrum cahaya) diserap oleh kulit. Organ seperti hati, ginjal, turut berperan dalam penyerapan vitamin D ke dalam tubuh.

Pentingnya Vitamin D Bagi Tubuh

Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Kalsium dan fosfor merupakan dua faktor yang sangat penting dalam urusan menjaga kesehatan tulang. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium secara maksimal di usus, serta membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

vitamin, D, hal, kadar, tingkat, dalam, tubuh, ginjal, hati, pentingnya, kesehatan, usus, berat, badan, dan, penyakit, tulang, umur, tua, muda, faktor, suplemen, makanan, dosis, per, hari

Ilustrasi: pemeriksaan kesehatan tulang

Kanker

Menurut terhadap hewan dan data epidemiologi, manfaat vitamin D yang bisa didapat oleh tubuh adalah mencegah kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara. Hormon aktif vitamin D yang bernama calcitriol diduga dapat mengurangi perkembangan sel kanker dengan meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, serta mengurangi pertumbuhan, pertambahan, dan penyebaran sel kanker.

Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan semakin tinggi kadar vitamin D dalam tubuh, semakin rendah risiko diabetes tipe 2. Pada penderita diabetes tipe 2, kadar vitamin D yang tidak memadai berefek buruk pada sekresi insulin dan toleransi glukosa. Satu penelitian juga menunjukkan vitamin D yang cukup semasa kanak-kanak akan membuat sang anak terhindar dari diabetes tipe 1.

Multiple Sclerosis (MS)

Selama bertahun-tahun, para ahli menduga adanya hubungan antara sinar , kadar vitamin D, dan gangguan autoimun yang merusak saraf ini. Satu penelitian menunjukan adanya hubungan antara rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh dengan risiko terkena MS. Namun pernyataan tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

vitamin, D, hal, kadar, tingkat, dalam, tubuh, ginjal, hati, pentingnya, kesehatan, usus, berat, badan, dan, penyakit, tulang, umur, tua, muda, faktor, suplemen, makanan, dosis, per, hari

Ilustrasi: urat syaraf, kerusakannya mengakibatkan multiple sclerosis (sumber: medicalnewstoday.com)

Depresi

Vitamin D diduga berperan dalam perkembangan dan fungsi otak. Satu studi menunjukkan jika dosis besar vitamin D dapat mengurangi gejala depresi ringan. Namun, studi lainnya menunjukkan hasil yang beragam.

Hal-Hal Yang Berpengaruh Terhadap Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Garis Lintang Tempat Anda Tinggal

Pada tempat yang memiliki garis lintang tinggi, jumlah vitamin D yang dihasilkan dari sinar UVB akan mencapai permukaan bumi di musim dingin karena sudut rendah matahari. Di Boston, misalnya, sedikit vitamin yang diproduksi di jaringan kulit penduduk setempat dari bulan November hingga Februari. Hari-hari yang terasa pendek dan pakaian yang menutupi kaki dan lengan juga membatasi paparan UVB.

Polusi Udara Di Mana Anda Tinggal

Partikulat karbon di udara dari pembakaran bahan bakar fosil, kayu, dan bahan lainnya menyebar dan menyerap sinar UVB. Ozon menyerap radiasi UVB, sehingga lubang di lapisan ozon bisa menjadi masalah polusi yang akhirnya meningkatkan kadar vitamin D.

vitamin, D, hal, kadar, tingkat, dalam, tubuh, ginjal, hati, pentingnya, kesehatan, usus, berat, badan, dan, penyakit, tulang, umur, tua, muda, faktor, suplemen, makanan, dosis, per, hari

Ilustrasi: mengirup udara segar bebas polusi

Penggunaan Tabir Surya/Sunscreen

Tabir surya mencegah kulit terbakar dengan menghalangi sinar UVB. Jadi secara teoritis, penggunaan tabir surya dapat menurunkan tingkat vitamin D. Tetapi sebagai masalah praktis, sangat sedikit orang memakai tabir surya yang cukup untuk memblokir semua sinar UVB, atau mereka menggunakan tabir surya secara tidak teratur, sehingga efek tabir surya pada tingkat vitamin D menjadi tidak begitu penting.

Warna Kulit Anda

Melanin adalah zat dalam kulit yang membuatnya gelap. Zat ini akan bersaing untuk UVB dengan zat di kulit yang memproduksi vitamin D tubuh. Akibatnya, orang yang berkulit gelap cenderung membutuhkan lebih banyak pemaparan UVB daripada orang yang berkulit terang untuk menghasilkan jumlah vitamin D yang sama.

Suhu Kulit Anda
Kulit yang hangat adalah produsen vitamin D lebih efisien daripada kulit yang dingin. Jadi, pada hari yang cerah dan panas di musim panas, Anda akan menghasilkan lebih banyak vitamin D daripada di musim dingin.

Anda

Jaringan lemak akan menyokong vitamin D. Jadi sudah diusulkan bahwa itu mungkin menjadi sumber harian dari vitamin D (maksudnya menjadi sumber vitamin ketika asupan rendah atau produksi berkurang). Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa kegemukan berkorelasi dengan tingkat vitamin D yang rendah dan kelebihan berat badan dapat memengaruhi bioavailabilitas vitamin D.

vitamin, D, hal, kadar, tingkat, dalam, tubuh, ginjal, hati, pentingnya, kesehatan, usus, berat, badan, dan, penyakit, tulang, umur, tua, muda, faktor, suplemen, makanan, dosis, per, hari

Ilustrasi: menimbang berat badan

Umur Anda

Dibandingkan dengan orang yang lebih muda, orang berusia lebih tua memiliki kadar zat sinar UVB lebih rendah di kulit yang nantinya akan diubah menjadi prekursor vitamin D. Ada bukti eksperimental bahwa orang usia tua adalah produsen vitamin D yang kurang efisien daripada orang berusia lebih muda.

Kesehatan usus Anda

Vitamin D yang dikonsumsi dalam makanan atau sebagai suplemen akan diserap di bagian usus kecil dalam perut. Pergerakan usus di dalam perut, sekresi pankreas, empedu dari hati, integritas dinding usus, semua itu memiliki pengaruh pada berapa banyak vitamin yang diserap. Oleh karena itu, kondisi yang memengaruhi usus dan pencernaan, seperti penyakit celiac, pankreatitis kronis, penyakit Crohn, dan cystic fibrosis, dapat mengurangi penyerapan vitamin D.

Kesehatan hati dan ginjal Anda

Beberapa jenis penyakit hati dapat mengurangi penyerapan vitamin D karena hati yang sakit tidak menghasilkan jumlah empedu yang normal. Dengan tipe lain, langkah penting untuk metabolisme vitamin D tidak dapat terjadi atau terjadi tidak lengkap. Tingkat bioaktif vitamin D cenderung untuk melacak dengan kesehatan ginjal, sehingga pada seseorang dengan penyakit ginjal, tingkat vitamin D bioaktif menurun, dan pada penyakit ginjal stadium akhir, tingkatnya tidak terdeteksi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: