Faktor Penyebab Migrain & Cara Penanganannya

migrain, penyebab, cara, penanganan, obat, menghindari, penderita, tanda, dokter, konsultasi, hormon, anak-anak, gen, keturunan, riwayat, datang, bulan, pria, wanita, tidur, kelelahan, vertigo, tanpa, aura, dengan, sakit, kepalaSakit kepala sebelah/migrain

Pernah menderita sakit tetapi hanya terjadi di salah satu sisi kepala? Mungkin itu yang dinamakan migrain. Migrain merupakan nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang pada umumnya hanya mengenai salah satu sisi kepala saja.

Migrain lebih sering dialami oleh kaum wanita. Sekitar 30 persen dari populasi manusia dengan usia 18 hingga 65 tahun pernah mengalami migrain. Pada sebagian orang, migrain hanya muncul beberapa kali dalam setahun. Tetapi, beberapa penderita lainnya, migrain terjadi beberapa kali dalam kurun waktu seminggu.

Walaupun umumnya terjadi pada salah satu sisi kepala saja, tetapi beberapa orang bisa saja mengalami nyeri di kedua sisi kepala, bahkan rasa sakitnya bisa dirasakan hingga ke leher.

Jenis-jenis Migrain

Migrain tidak bisa didiagnosis secara khusus. Namun, dapat diketahui dengan mengidentifikasi pola sakit kepala yang sesuai dengan gejala pada migrain. Selain sakit kepala, sebagian penderita turut merasakan mual, muntah, dan menjadi jauh lebih peka terhadap cahaya atau suara. Ada beberapa jenis migrain yang perlu Anda kenali, yaitu:

  • Migrain tanpa aura. Ini merupakan sakit kepala migrain yang terjadi tanpa tanda-tanda atau gejala. Migrain tanpa aura didiagnosis setelah pasien diketahui memiliki sejarah serangan migrain sebanyak lima kali.
  • Migrain dengan aura. Tanda-tanda yang mengawali sakit kepala migrain disebut aura. Tanda-tanda yang dirasakan sebelum terjadi migrain ini umumnya berupa masalah penglihatan (kilatan cahaya pada mata), kekakuan pada leher dan kesemutan pada anggota tubuh. Migrain dengan aura juga dikenal sebagai migrain klasik. Jenis ini dialami sekitar sepertiga dari pengidap migrain.
  • Aura migrain tanpa sakit kepala. Migrain terjadi ketika pengidap merasakan aura atau gejala migrain yang lain, tapi tanpa diiringi sakit kepala.
Baca juga:  Rekomendasi Produk Masker yang Dikenal Cocok untuk Kulit Berjerawat

Mungkin ada beberapa orang menganggap migrain sebagai sakit ringan yang bisa diatasi sendiri. Tetapi apabila Anda mengalami migrain lebih dari lima hari dalam sebulan atau jika rasa sakitnya sudah tidak dapat ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Jika Anda termasuk yang tidak mempan terhadap obat-obatan tanpa resep dokter, sebaiknya hentikan konsumsi obat-obatan tersebut karena akan mempersulit penyembuhan.

Adapun gejala-gejala yang perlu Anda waspadai ketika terkena migrain antara lain sakit kepala parah secara tiba-tiba dan belum pernah dirasakan sebelumnya, lengan dan/atau sisi wajah atau seluruh wajah terasa lemas atau lumpuh, sakit kepala bersamaan dengan demam, leher kaku, kebingungan, kejang, penglihatan ganda, hingga ruam kulit. Dan juga, pada saat migrain, penderita berbicara dengan gerak bibir yang sulit dimengerti. Jika Anda mengalami hal seperti itu atau menemukan saudara atau teman yang mengalami hal itu, sebaiknya segera pergi menemui dokter.

Faktor Penyebab Migrain

migrain, penyebab, cara, penanganan, obat, menghindari, penderita, tanda, dokter, konsultasi, hormon, anak-anak, gen, keturunan, riwayat, datang, bulan, pria, wanita, tidur, kelelahan, vertigo, tanpa, aura, dengan, sakit, kepala

Migrain seringkali juga menyerang wanita pada masa hormonal

Walaupun belum diketahui secara pasti apa penyebab migrain, tetapi ada beberapa faktor yang ditengarai menjadi penyebabnya. Beberapa faktor di antaranya:

  • Perubahan hormon seperti pada wanita saat datang bulan, mungkin saja mereka akan mengalami migrain.
  • Anak-anak dengan berat badan berlebih memiliki risiko terkena migrain dengan frekuensi lebih sering daripada yang tidak berlebih berat badannya.
  • Sekitar setengah penderita migrain memiliki kerabat dekat yang juga mengalami migrain.
  • Perubahan sementara pada zat kimia, jaringan saraf, otak, dan pembuluh darah.
  • Konsumsi makanan dan minuman tertentu seperti kafein, coklat, keju, bumbu penyedap makanan, dan alkohol juga bisa memicu migrain.
Baca juga:  Mengatasi Kondisi Kulit Vulva Yang Bermasalah

Migrain juga dialami oleh beberapa selebritis, atlet, dan lainnya. Sebut saja Serena Williams. Atlet tenis terkenal itu mengatakan bahwa dirinya mengalami sakit kepala setelah turnamen tenis intens yang ia jalani. Kemudian, ia sadar bahwa migrain yang dialami adalah pada saat dirinya sedang datang bulan. Walaupun, sebelumnya ia tidak pernah merasakan migrain.

Sekitar 60 persen wanita mengalami migrain ketika datang bulan, dan ini bisa disebabkan karena hormon. Dokter mungkin akan memberikan obat untuk menangani migrain sekaligus hormon Anda.

Selanjutnya adalah aktor Ben Affleck. Walaupun sebagian besar penderita migrain adalah wanita, tetapi ada sekitar 6 persen pria yang mengalami migrain. Affleck, ketika terlibat dalam film Gone, Baby, Gone di tahun 2006, ia menderita migrain cukup parah yang menyebabkan dirinya harus dirujuk ke rumah sakit.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Concealer Brand Lokal Harga Murah
migrain, penyebab, cara, penanganan, obat, menghindari, penderita, tanda, dokter, konsultasi, hormon, anak-anak, gen, keturunan, riwayat, datang, bulan, pria, wanita, tidur, kelelahan, vertigo, tanpa, aura, dengan, sakit, kepala

Ben Affleck pernah mengidap migrain akut hingga harus dirawat di rumah sakit (sumber: (npr.org)

Kasus yang dialami oleh Ben Affleck kemungkinan besar disebabkan karena kurangnya waktu tidur dan juga terlalu keras bekerja. Cara yang Affleck lakukan adalah tidur sebanyak mungkin, baik pada saat hari kerja atau weekend.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu faktor penyebab migrain adalah gen atau keturunan. Hal itu terbukti pada kasus migrain yang dialami oleh Lisa Kudrow. Pada saat itu, ia sedang berjalan-jalan ke Disneyland.

Setelah diketahui, ternyata ayah dari Lisa penderita migrain. Dengan begitu, Lisa memiliki kemungkinan akan menderita migrain sebesar 50 hingga 75 persen. Apabila Anda mengetahui sejarah penyakit keluarga, maka akan memudahkan dokter menemukan obat atau pengobatan terbaik bagi Anda.

Migrain juga dialami oleh aktris Marcia Cross yang bermain dalam acara Desperate Housewives. Ketika tidak sedang berada di depan kamera, dirinya mengatakan bahwa selama ini bergelut dengan migrain. Cara penanganannya adalah dengan mengonsumsi obat seperti triptans yang dapat mengurangi rasa sakit saat migrain menyerang.

Penyanyi Janet Jackson juga masuk ke dalam daftar penderita migrain. Bahkan pada tahun 2008, dirinya menunda konser karena migrain. Jenis migrain yang dialami Janet adalah membuat penderitanya merasakan vertigo, yaitu melihat keadaan seperti berputar. Penderita biasanya akan diberikan obat dan sebaiknya menghindari penyebab migrain, misalnya kelelahan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: