Fakta-fakta Unik dan Menarik Tentang Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir dalam usia sekitar 3 bulan

Di balik tubuhnya yang mungil, wajah yang menggemaskan, dan kulitnya yang lembut, ada segudang fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang tentang baru lahir, mungkin orang tua sendiri pun belum tentu mengetahuinya.

Sejumlah fakta bayi baru lahir ini perlu diketahui oleh orang tua, terutama yang baru pertama memiliki momongan. Agar tidak kaget karena ada beberapa kondisi ganjil yang terjadi pada buah hati, namun hal tersebut normal saja dan tidak perlu dikhawatirkan. Lalu apa sajakah fakta unik tersebut? Berikut ulasannya.

Kotoran pertama mereka tidak berbau

Feses pertama bayi, biasanya berwarna hitam-tar, strukturnya berasal dari mekonium-lendir, cairan dari rahim, dan lainnya yang dikonsumsi bayi selama di dalam rahim. Walaupun bentuknya seperti itu, tapi feses tersebut tidak bau busuk. Hal ini dikarenakan tidak ada bakteri usus yang membuat bau busuk. Begitu bayi mulai menyusu, bakteri mulai hadir di usus bayi. Saat fesesnya keluar, pasti akan menimbulkan bau khas feses bayi.

Terkadang bayi suka berhenti bernapas

Setiap kali bayi tertidur, mungkin mereka akan berhenti napas selama 5 sampai 10 detik. Jika kedua orangtuanya melihat ini, niscaya akan membuat mereka panik bukan kepalang. Pernapasan tidak teratur adalah normal dan bukan menjadi sebuah masalah, akan tetapi tetap perlu diperhatikan. Pasalnya, jika henti napas terjadi dalam waktu lebih lama hingga bayi berubah menjadi biru, ini adalah sebuah keadaan darurat medis. Ketika bayi sedang bergembira atau mungkin setelah menangis, mereka mungkin akan mengambil napas lebih 60 kali dalam satu menit.

Amandel alias tonsil menjadi alat pengecap rasa

Meskipun bayi memiliki sensor rasa yang sama dengan -anak atau remaja, mereka mencakup lebih banyak area, termasuk amandel dan bagian belakang tenggorokan. Bayi yang baru lahir dapat merasakan manis, pahit, dan asam, tetapi tidak asin (sampai sekitar 5 bulan). Boleh percaya boleh tidak, sensor rasa bayi banyak sekali, selain di lidah juga di area tenggorokan, yaitu tonsil. Perlu diketahui juga, hingga usia 5 bulan, bayi belum bisa merasakan asin, bayi baru bisa merasakan manis, pahit, dan asam. Dan ketika mereka mulai dengan makanan padat, mereka akan cenderung menyukai hal yang sama dengan yang ibu makan saat hamil dan menyusui.

Awalnya, bayi menangis tanpa air

fakta, unik, menarik, bayi, baru, lahir, orang tua, ibu, momongan, buah hati, anak, tanda, lahir, hormon, perempuan, laki-laki, kandungan, normal, kelahiran, perkembangan, otak

Bayi baru lahir menangis di pangkuan ibu

Di awal kelahirannya hingga usia 2-3 minggu, tangisan bayi tanpa disertai air mata. Air mata baru muncul saat bayi menangis di usia satu bulan. Hal ini terjadi lantaran kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Setelah berumur sekitar 2-3 bulan barulah bayi menangis dengan disertai linangan air mata. Sebab di usia itu produksi air mata bayi semakin meningkat.

Bayi baru lahir memiliki payudara, tak terkecuali bayi laki-laki

Bayi baru lahir, baik laki-laki maupun perempuan, jika diperhatikan seperti memiliki payudara kecil. Namun, jangan remas benjolan-benjolan kecil itu. Mereka terbentuk karena bayi menyerap estrogen dari ibu, dan biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Bayi perempuan juga bisa mengalami periode mini atau keputihan yang berlangsung beberapa hari.

Membalikkan kepala ke arah kanan saat tidur

Hanya 15% bayi yang baru lahir lebih suka memutar kepala ke arah kiri mereka ketika berbaring telentang. Hal ini sepertinya berhubungan dengan gen, seperti memiliki lesung pipi. Bias ini berlangsung selama beberapa bulan, dan mungkin membantu menjelaskan mengapa lebih banyak orang juga tidak kidal.

Bayi memiliki lebih banyak sel-sel otak tertentu

Janin akan sibuk dengan perkembangan otak, guna mempersiapkan diri untuk hidup di luar rahim ibu. Bayi yang baru lahir memiliki 100 miliar neuron. Yang artinya, rata-rata pertumbuhan sel otak saat masa kehamilan adalah sekitar 250.000 sel otak baru per menitnya. Saat bayi baru lahir, ukuran otak mereka masih 60%, dan akan terus bertumbuh

hingga 100% saat usia mereka benar-benar matang. Ukuran otak bayi akan membesar 2 kali lipat dalam kurun waktu 3 bulan pertama setelah dilahirkan. Saat lahir, bagian myelin – area otak yang berfungsi mengatur aktivitas dasar manusia seperti bernapas, makan dan mengatur detak , berada di dekat saraf tulang belakang.

Bayi laki-laki sudah bisa ereksi

Ereksi alias penis yang mengeras juga sudah terjadi pada bayi. Biasanya terjadi sebelum mereka kencing, walaupun tidak selalu saat akan buang air kecil. Jangan khawatir mengenai hal ini, sekalipun hingga sekarang para peneliti belum bisa memecahkan kenapa hal itu bisa terjadi. Penisnya mungkin terlihat besar saat lahir, dan itu adalah hal normal. Hormon dan ibunya memainkan peran, serta memar dan pembengkakan dari proses kelahiran.

fakta, unik, menarik, bayi, baru, lahir, orang tua, ibu, momongan, buah hati, anak, tanda, lahir, hormon, perempuan, laki-laki, kandungan, normal, kelahiran, perkembangan, otak

Bayi baru saja lahir direbahkan di atas ranjang rumah sakit

Salah satu sistem sensorik di yang berfungsi sejak awal adalah kulit dan mulai berfungsi selama tahap perkembangan embrio, sehingga janin sudah bisa memberikan tanggapan atau respons. Pada awal usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), respons ereksi dari janin laki-laki sudah bisa dilihat saat sang calon ibu memeriksakan kandungan dengan USG (ultrasonografi). Namun bukan berarti semua janin bisa terlihat sedang ereksi saat di USG.

Ereksi pada bayi atau janin di dalam kandungan adalah sesuatu yang normal dan tidak perlu dicemaskan. Hal ini karena penis adalah suatu organ yang terdiri dari pembuluh darah dan sangat terhadap suatu rangsangan. Pada intinya semua bayi laki-laki akan mengalami ereksi dari waktu ke waktu. Beberapa bayi terkadang mengalami ereksi yang jauh lebih sering dibandingkan dengan bayi lainnya.

Bayi bisa menakuti diri sendiri

Tidak perlu terlalu banyak cara untuk mengejutkan bayi baru lahir, suara keras, aroma kuat, cahaya terang, gerakan tiba-tiba, bahkan tangisan mereka sendiri. Anda akan tahu itu terjadi ketika dia menjulurkan tangannya ke samping, tangan terbuka, lalu cepat menutup dan memasukkan kembali ke arah tubuhnya.

Bayi mempunyai refleks yang tidak terkontrol dan teratur, disebut refleks moro. Refleks Moro ini mungkin telah berkembang sebagai sinyal peringatan bahwa monyet muda tidak seimbang, jadi ibu bisa mencegah jatuh. Misalnya, tiba-tiba menggerakkan kedua tangan dan kakinya secara bersamaan atau menutup mata dengan kedua tangannya, atau mengisap-isap tangannya sendiri manakala tangannya ada di dekat mulut.

Tanda lahir akan hilang

Umumnya setiap bayi baru lahir memiliki minimal satu tanda lahir. Misal, di dahi, kening, kelopak mata, atau di hidung ada tanda merah muda atau ada bintik-bintik di kulitnya, atau ada pulau-pulau biru di kulitnya, biasanya di bokong. Ini bukanlah kelainan, tapi memang normal. Sekitar 80 persen bayi dilahirkan dengan memiliki tanda lahir. Tanda lahir terjadi saat pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan. Tanda lahir muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Biasanya tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya saat anak berusia tiga tahun. Namun beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: