Bahan Exfoliator Alami untuk Kulit Sensitif yang Bisa Dicoba di Rumah

Ilustrasi: eksfoliasi kulit wajah (sumber: beautygeeks.com)Ilustrasi: eksfoliasi kulit wajah (sumber: beautygeeks.com)

Secara alami proses menghilangkan sel kulit mati dari lapisan stratum corneum epidermis disebut desquamation. Pengelupasan kulit exfoliation merupakan teknik yang digunakan di berbagai salon atau klinik kecantikan untuk mempercepat terjadinya proses desquamation. Biasanya cara ini digunakan jika kulit sudah dibersihkan sebelum sesi perawatan wajah.

Pengelupasan kulit memberikan keuntungan karena tindakan ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati, minyak, dan bekas-bekas luka dari permukaan kulit. Pengelupasan kulit juga membantu proses regenerasi kulit dan pembaruan sel-sel yang akan memperbaiki penampilan kulit dan juga membuat pemberian produk perawatan kulit – misalnya pelembap – lebih mudah diserap setelah kulit dikelupas.

Sirkulasi darah pada daerah ini juga akan terstimulasi dengan lembut sehingga akan dapat memasok oksigen dan nutrisi pada sel-sel kulit dengan lebih baik sehingga tekstur kulit akan menjadi lebih baik.[1]

Setiap 28 hari sekali, kulit manusia akan mengalami peremajaan. Yang dimaksud dengan istilah “peremajaan” adalah kondisi di mana sel-sel kulit yang sudah tua akan rontok dan digantikan oleh sel kulit baru. Namun, apa yang akan terjadi jika sel kulit mati tidak mengelupas pada waktunya?

Baca juga:  Info Lengkap Cara Memilih Bedak yang Mengandung SPF

Ternyata, menumpuknya sel kulit mati, terutama di area wajah, dapat memicu tersumbatnya pori-pori, warna kulit tidak merata, komedo, jerawat, hingga kulit pecah-pecah. Nah, untuk mencegah hal tersebut, cara paling ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani proses exfoliating. Anda tidak perlu pergi ke salon atau spa agar kulit mati dapat terkelupas dari wajah. Mengapa? Karena sekarang Anda dapat mencoba proses exfoliating di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Exfoliator Alami untuk Kulit Sensitif

Campuran Yoghurt Yunani dan Pepaya

Pepaya

Pepaya

Ingin mendapatkan wajah yang bersih dan terhindar dari sel-sel kulit mati? Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba exfoliator alami yang terbuat dari campuran yoghurt yunani dan pepaya. Untuk penggunaannya, campurkanlah 1/2 gelas yoghurt yunani dengan tiga sendok teh buah pepaya yang telah dilembutkan. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Mudah, bukan?

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal

Teksturnya yang terdiri dari butiran gandum serta kandungan zat saponin di dalamnya tidak hanya dapat meremajakan kulit, namun juga terbukti ampuh dalam mengontrol produksi minyak wajah. Untuk cara penggunaannya, kamu dapat membuat masker wajah yang terbuat dari campuran oatmeal dengan yoghurt dan madu. Mau coba?

Baca juga:  Rekomendasi 5 Produk Krim Leher yang Bagus

Biji Avokad

Biji alpukat

Biji alpukat

Senang mengonsumsi avokad? Jangan langsung buang bijinya, ya! Karena bagian ini terbukti ampuh dalam membuang sel kulit mati serta mengurangi kelebihan sebum pada wajah. Mudah saja cara penggunaannya. Pertama, bersihkan biji avokad, lalu blender hingga halus. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun dan madu sebelum diaduk hingga merata. Gunakan campuran tadi sebagai masker wajah, setidaknya sekali dalam seminggu. Voila, wajah Anda dijamin terlihat bersih merona![2]

Melon

Melon

Melon

Buah yang manis dan harum ini juga bisa digunakan sebagai exfoliator alami untuk kulit sensitif. Caranya, potong daging buah melon menjadi kecil-kecil, kemudian haluskan menggunakan blender sampai teksturnya menyerupai pasta. Tuangkan pasta melon dalam mangkuk dan tambahkan susu bubuk, aduk sampai rata. Oleskan scrub melon dan susu ini ke seluruh kulit dan gosok perlahan sampai kulit mati terangkat. Kemudian, diamkan sebentar selama 10 menit, bilas dengan air hangat.

Baca juga:  Kesal Karena Rambut Rusak? Ini Cara Agar Rambut Anda Tetap Sehat

Kopi

Kopi bubuk & biji

Kopi bubuk & biji

Kopi bukan hanya nikmat untuk diminum. Bahan satu ini dapat Anda manfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrub yang terbuat dari bahan dasar kopi kabarnya baik untuk Anda yang mempunyai jenis kulit sensitif. Kopi bubuk bisa mengangkat sel kulit mati sekaligus mengurangi jerawat. Caranya, cukup campurkan bubuk kopi dengan sedikit air atau madu untuk memperoleh manfaat dari scrub tersebut.

Walaupun bahan-bahan yang telah disebutkan di atas merupakan bahan alami, sebaiknya Anda yang berjenis kulit sensitif tak terlalu sering melakukan exfoliating. Kulit sensitif hanya disarankan melakukan proses eksfoliasi sebanyak 1 kali dalam seminggu, sedangkan kulit berminyak bisa dieksfoliasi sebanyak 2 kali dalam seminggu.

[1] Windiyati, dkk. 2019. Perawatan Kecantikan Kulit (hlm 243-244). Nana L, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Go Dok. 2019. Beautyclopedia: 110 Rahasia Cantik Alami. Linda I, editor. Jakarta: Grasindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: