3 Langkah Eksfoliasi Tubuh untuk Kulit Lebih Cerah dan Awet Muda

Ilustrasi: perawatan eksfoliasi kulit (sumber: byrdie.com)Ilustrasi: perawatan eksfoliasi kulit (sumber: byrdie.com)

Dilansir dari Zwivel, seorang ahli dermatologi Hollywood telah berhasil memopulerkan tren terbaru di bidang perawatan kulit. Para pelanggan yang merupakan selebritis mengklaim, bahwa Anda dapat membersihkan kulit bagian luar untuk membuat tampilan kulit menjadi lebih muda. Cara ini dikenal dengan eksfoliasi tubuh. Sudah banyak sekali orang mencoba perawatan kulit jenis ini, dan sudah banyak sekali klinik kecantikan di Indonesia yang menggunakan metode tersebut sebagai salah satu perawatan yang mereka tawarkan.

Metode ini, selain dapat membuat kulit lebih awet muda, juga membantu mengelupas sel-sel kulit mati di permukaan kulit tubuh. Sebelumnya, jenis eksfoliasi sendiri lebih banyak digunakan untuk perawatan kulit wajah saja. Namun, ini sudah mulai dikembangkan dan kini Anda bisa menikmati perawatan tersebut untuk tubuh Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan eksfoliasi tubuh.

Apa Manfaat Eksfoliasi Kulit Tubuh?

Setelah Anda berusia 20 tahun, perlu Anda ketahui bahwa kulit akan kehilangan sekitar 1% kolagennya dan akan terus menurun setiap tahunnya. Sementara, matriks kolagen pada kulit merupakan salah satu komponen terpenting yang membuat kulit menjadi lebih kencang dan awet muda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kolagen dalam kulit, mulai dari cara yang mudah dan hemat, hingga cara sulit dengan harga mahal. Salah satunya terapi frekuensi radio dengan sistem bedah yang harganya cukup mahal. Metode jenis ini berfungsi untuk mengisi kulit dan dapat mengembalikan volume kulit yang hilang. Tidak hanya itu, metode ini juga bisa mengencangkan kulit yang kendur.

Baca juga:  Haruskah Mencoba Puasa Intermiten untuk Menurunkan Berat Badan?
Ilustrasi: eksfoliasi kulit (sumber: byrdie.com)

Ilustrasi: eksfoliasi kulit (sumber: byrdie.com)

Nah, daripada melakukan terapi frekuensi kulit seperti ini dengan biaya mahal, Anda bisa melakukan eksfoliasi tubuh. Eksfoliasi sendiri merupakan salah satu jenis metode dengan fungsi utama merangsang kolagen secara alami di dalam tubuh. Metodenya dilakukan dengan cara membuang lapisan epidermal stratum korneum, yaitu lapisan terluar dari kulit tubuh Anda.

Dengan melakukan proses ini, kulit akan melalui proses pembaruan kulit dan pada prosesnya akan menghasilkan kolagen baru dengan kadar lebih. Dengan metode jenis ini, Anda tidak hanya membersihkan sel-sel kulit mati saja, tetapi juga membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, tubuh akan bereaksi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel kulit tubuh.

Untuk melakukan metode eksfoliasi tubuh, ada 3 tahap yang perlu Anda ketahui. Tahapan ini merupakan tahapan dalam metode Lancer. Ini telah disampaikan oleh Dr. Harold Lancer, seorang dokter kulit terkenal untuk selebriti. Metode Lancer sendiri merupakan salah satu rutinitas dalam perawatan kulit yang mencakup 3 tahap.

Tahap Metode Lancer dalam Eksfoliasi Tubuh

  • Tahap 1, pengelupasan. Pada tahap ini, Anda perlu melakukan pengelupasan kulit dengan produk eksfoliasi kulit. Sel-sel kulit mati dan serpihan permukaan kulit akan mengelupas dengan sendirinya. Setelah itu, Anda bisa dengan mudah melakukan pembersihan kulit tubuh.
  • Tahap 2, pembersihan. Pada tahap berikutnya, setelah seluruh permukaan kulit mengelupas, Anda perlu melakukan pembersihan pada kulit. Bersihkan sel-sel kulit mati yang tersisa, serta kotoran pada kulit Anda setelah menggunakan produk eksfoliasi.
  • Tahap 3, memelihara kulit. Proses eksfoliasi terakhir dan bisa dibilang sebagai salah satu tahap penting yaitu memelihara kulit. Pada tahap ini, Anda perlu meningkatkan kandungan nutrisi dan oksigen pada kulit. Setelah melewati dua tahap sebelumnya, kulit tubuh menjadi lebih kering dan dehidrasi. Untuk itu, Anda perlu memberikan produk perawatan kulit yang dapat mengatasinya.
Baca juga:  Rekomendasi & Ciri-ciri Pantyliner yang Bagus untuk Keputihan

Seberapa Sering Eksfoliasi Tubuh dapat Dilakukan?

Ilustrasi: eksfoliasi kulit (sumber: dove.com)

Ilustrasi: eksfoliasi kulit (sumber: dove.com)

Menurut metodologi yang dikemukakan oleh Dr. Lancer, dokter kulit dan ahli dermatologi menyarankan Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan 3 tahap eksfoliasi kulit tubuh. Akan lebih baik jika Anda menyisihkan waktu Anda, paling tidak satu menit untuk melakukan eksfoliasi setiap harinya.

Manfaat yang akan Anda dapatkan setelah melakukan eksfoliasi kulit menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr. Marnie Nussbaum, adalah pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Walaupun secara teori juga bisa mempercepat proses penebalan kolagen. Untuk efek yang lebih, Anda perlu mengombinasikannya dengan antioksidan, vitamin A lotion, dan tabir surya.

Untuk melakukan eksfoliasi kulit, Anda bisa menggunakan 3 jenis produk berupa scrub, seperti scrub enzimatik, scrub alami, dan scrub kimia.  Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau ahli dermatologis sebelum menggunakan salah satu produk tersebut. Terlebih jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda perlu mengetahui produk yang aman untuk kulit Anda.

Baca juga:  Agar Terlihat Cantik, Inilah Beberapa Cara Memutihkan Ujung Kuku Seperti Susu

Untuk lulur berbasis enzim, memiliki cara kerja dengan memecah protein sel kulit menjadi polipeptida atau asam amino. Selain dapat mengelupas kulit, produk scrub seperti ini juga dapat membuat kulit jadi lebih lembut dan halus. Sementara, untuk scrub jenis kimia, seperti alfa-hidroksi, dapat membantu kulit tubuh Anda membersihkan sel-sel kulit mati atau sudah tua lebih cepat.

Ada juga jenis scrub alami, merupakan jenis scrub buatan sendiri dengan menggunakan eksfoliasi jenis fisik. Biasanya, produk scrub alami dapat dijumpai di toko-toko kecantikan dengan mudah, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami. Scrub jenis ini memiliki efek yang lambat jika dibandingkan dengan kedua jenis scrub lainnya. Hal ini karena bahan-bahan alami tidak memiliki kemampuan seperti bahan kimia yang cepat meresap di pori-pori kulit.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: