Bikin Wajah Lebih Kinclong, Ini Efek yang Mungkin Terjadi Setelah Peeling Wajah

Peeling wajah (sumber: sociolla.com)Peeling wajah (sumber: sociolla.com)

Perawatan wajah dengan tindakan chemical peeling adalah teknik perawatan kulit wajah yang bertujuan memperbaiki kondisi kulit dan membuat kulit menjadi lebih bersih di bagian wajah, leher, serta tangan. Klien yang memiliki kulit wajah berjerawat atau wajah dengan bekas jerawat biasanya menggunakan metode ini agar kulit wajah menjadi lebih baik.

Perawatan chemical peeling menggunakan bahan yang mengandung Phenol (asam karbol), TCA (asam trichloroacetic), BHA (asam salisilat), dan AHA (asam glikolat). Beberapa kandungan bahan yang dipakai dalam metode perawatan ini bisa membantu pengelupasan kulit dari luar, dan akan membentuk lapisan kulit baru yang lebih halus dengan sel yang lebih kencang.

Jenis-jenis Perawatan Peeling

Light Peeling

Dilakukan untuk mengangkat lapisan kulit teratas yang sering bermasalah karena adanya noda ringan dan bekas jerawat. Tindakan ini sangat ringan, dan berfungsi untuk merangsang pembentukan sel kulit baru. Setelah tindakan dilakukan akan terjadi sedikit warna kemerahan pada kulit. Cara mengatasi hal ini, klien harus menggunakan krim khusus selama tiga hari, dan tidak diperkenankan menggunakan tabir surya maupun tata rias.

Baca juga:  Cocok Dipakai Untuk Usia 30 Tahun ke Atas, Berapa Harga Produk Ponds Age Miracle?

Medium Peeling

Tindakan ini sedikit menyakitkan karena intensitas kandungan cairan kimia yang dipakai lebih keras daripada yang ada pada perawatan light chemical peeling. Tindakan ini untuk mengatasi bintik-bintik hitam karena pigmentasi.

Perawatan peeling wajah (sumber: anaqati.com)

Perawatan peeling wajah (sumber: anaqati.com)

Deep Peeling

Tindakan ini bertujuan memicu regenerasi kulit secara total sampai ke dalam pori-pori kulit pada lapisan terbawah. Cairan kimia yang digunakan sangat keras dan butuh waktu berminggu-minggu untuk mencapai proses penyembuhan. Tindakan ini bertujuan mengatasi kulit keriput dan menghilangkan garis-garis halus karena penuaan.

Perawatan wajah chemical peeling ini bisa dipadukan dengan teknik-teknik perawatan lainnya. Semisal dengan tindakan dermabrasi, soft tissue fillers, atau laser resurfacing agar proses peremajaan kulit dapat terjadi secara maksimal. Biaya untuk perawatan ini harganya tidak mahal.

Chemical peeling ini sangat tepat digunakan pada kulit wajah yang terang. Jika dilakukan pada kulit wajah yang gelap, kemungkinan kulit bisa jadi tidak merata warnanya. Hal ini terjadi apabila proses pengelupasan ini tidak berjalan dengan lancar.

Sebelum dilakukan tindakan chemical peeling, dokter akan memberikan obat seperti krim oles dan juga sabun antiseptis. Keduanya dipakai pada area kulit yang akan mengalami tindakan.[1]

Baca juga:  Manfaat dan Keunggulan L'OrĂ©al Revitalift Night Cream

Efek Setelah Peeling Wajah

Dilansir dari Alodokter, setelah menjalani treatment peeling wajah, Anda biasanya diizinkan untuk langsung pulang. Efek yang dirasakan setiap orang dan lamanya proses penyembuhan tentunya tergantung dari jenis peeling yang dilakukan. Berikut ulasannya.

Peeling Dangkal (Superficial Chemical Peeling)

  • Anda akan mengalami kulit kemerahan, kering, dan iritasi ringan.
  • Proses penyembuhan biasanya berlangsung sekitar 1-7 hari setelah peeling dilakukan.
  • Hasil peeling dangkal biasanya akan semakin meningkat jika dilakukan berulang.
Perawatan peeling wajah (sumber: clinderma.com)

Perawatan peeling wajah (sumber: clinderma.com)

Peeling Sedang (Medium Chemical Peeling)

  • Anda akan mengalami kemerahan dan pembengkakan pada area kulit yang menjalani perawatan. Dokter mungkin akan memberikan salep pelindung, seperti petroleum jelly, untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada area kulit. Anda juga dapat menggunakan kompres es untuk meredakan rasa terbakar yang mungkin dialami.
  • Jika dokter mengizinkan, Anda juga dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen atau diclofenac, untuk meminimalisir rasa nyeri.
  • Proses penyembuhan umumnya berlangsung sekitar 7-14 hari, namun kemerahan bisa saja berlangsung selama berbulan-bulan.
Baca juga:  Bagaimana Cara Membedakan Serum dan Essence?

Peeling Dalam (Deep Chemical Peeling)

  • Anda akan mengalami pembengkakan, kulit kemerahan, dan ketidaknyamanan selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Anda juga mungkin merasa sensasi terbakar dan berdenyut. Untuk mengatasi rasa nyeri, dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit. Pembengkakan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu, namun kulit Anda akan tetap memerah setidaknya hingga 3 bulan.
  • Area kulit yang menjalani perawatan akan menumbuhkan kulit baru dalam waktu sekitar 2 minggu, meskipun bintik putih mungkin tetap muncul selama beberapa minggu.
  • Anda dianjurkan untuk tetap di rumah selama proses penyembuhan. Anda biasanya dapat kembali menjalani aktivitas normal sekitar 2 minggu setelah peeling.
  • Hasil peeling dalam umumnya lebih terang atau lebih gelap dari kulit normal dan dapat bertahan hingga 10 tahun.

Supaya hasil perawatan dengan peeling lebih maksimal, usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari selama beberapa bulan sampai terbentuknya lapisan kulit baru.

[1]Windiyati, dkk. 2019. Perawatan Kecantikan Kulit (hlm 307). Nana L, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: