Adakah Efek Samping dari Pemakaian Handbody Lotion Vampire?

Ilustrasi: aplikasi lotion (sumber: which.co.uk) Ilustrasi: aplikasi lotion (sumber: which.co.uk)

Handbody Lotion Vampire sejak beberapa waktu belakangan berhasil mencuri perhatian para wanita, khususnya di Indonesia. Produk ini sebenarnya adalah lotion pemutih badan buatan Benny Beauty White Thailand, namun juga cukup populer di Tanah Air. Hand & Body Lotion Vampire kabarnya memiliki kandungan utama arbutin yang sudah terkenal khasiatnya dapat memutihkan atau mencerahkan kulit. Produk ini dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah di pasaran. Lantas, adakah efek samping dari pemakaian Handbody Vampire?

Handbody Vampire sendiri sebenarnya diklaim memiliki aneka manfaat, mulai dari membantu memutihkan dan menutrisi kulit, membantu melembutkan kulit, melembapkan kulit, menghilangkan bekas luka atau gigitan nyamuk, merangsang proses regenerasi kulit, hingga menjadikan kulit lebih glowing atau bercahaya. Agar lebih paham tentang khasiatnya, berikut ulasan lengkap ingredients atau bahan-bahan yang terkandung dalam produk HandbodyLotion Vampire.

Komposisi HandbodyLotion Vampire

Gluthathione

Bahan ini merupakan bahan yang bermanfaat bagi semua jenis kulit karena dinilai bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit karena mengandung antioksidan tinggi. Oleh karena itu, bahan ini dianggap mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas yang merupakan penyebab kulit kusam.

Baca juga:  Berisiko untuk Kesehatan, Ini Alternatif Bahan Pengganti Hidrogen Peroksida

Arbutin

Bahan ini dianggap ampuh mencerahkan warna kulit karena bisa menghambat enzim tyrosinase yang dikenal sebagai enzim penyebab proses pembentukan melanin kulit dan dinilai sudah terjamin halal.

Milk powder

Bahan ini dianggap mampu membantu melembapkan, memutihkan, dan memberi asupan nutrisi pada kulit.

Vitamin B3

Bahan ini dinilai bermanfaat untuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik sehingga membantu menyehatkan serta memberi nutrisi pada kulit.

Fruitamin extract

Ini merupakan ekstrak buah-buahan yang bisa membantu melembapkan kulit serta menjaga kadar air, sehingga kulit tidak kering.

Rose oil

Bahan ini merupakan ekstrak mawar. Manfaatnya adalah untuk melembapkan kulit dan memberi rona sehat pada kulit.

Handbody lotion Vampire (sumber: lazada)

Handbody lotion Vampire (sumber: lazada)

Efek Samping Handbody Vampire

HandbodyLotion Vampire diklaim aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya karena kabarnya telah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi NA 18160100213. Namun demikian, Anda perlu waspada terhadap peredaran produk Hand & Body Lotion Vampire yang palsu. Produk lotion palsu atau KW mungkin saja menambahkan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri atau bahkan hidrokinon dalam jumlah yang tidak aman.

Baca juga:  Bisakah Puasa Membantu Anda Menurunkan Berat Badan? Apakah Cara Itu Lebih Sehat?

Merkuri sering disalahgunakan pada krim atau lotion pemutih kulit. Merupakan logam berat berbahaya. Merkuri dalam konsentrasi kecil dan paparan jangka pendek saja bersifat racun dan menimbulkan berbagai masalah, seperti perubahan warna dan bintik hitam kulit, alergi, iritasi kulit, hingga kerusakan permanen pada susunan saraf otak, kerusakan ginjal, dan memicu berkembangnya sel kanker.[1]

Sedangkan hidrokinon hanya boleh digunakan untuk sediaan pengeras kuku. Sering disalahgunakan pada krim atau lotion pemutih dan pencerah kulit (skin lightening). Pemakaian jangka panjang yang lebih dari enam bulan serta dosis tinggi dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama pada daerah kulit yang terkena sinar matahari langsung. Juga menimbulkan ochronosis (kulit menjadi kehitaman) yang bersifat irreversible (tidak dapat pulih kembali).Bila hidrokinon terakumulasi dalam kulit dapat menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA, sehingga bersifat karsinogenik (memicu sel kanker).[2]

Baca juga:  Cream Pemutih yang Berbahaya Apa Saja? Simak Ulasannya

Nah, untuk meminimalisir risiko efek samping dari pemakaian Handbody Vampire yang palsu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari produk lotion yang asli dan palsu.

Perbedaan Handbody Vampire Asli dan Palsu

  • Pada produk asli, bagian bawahnya ada cekungan sejumlah 2 bulatan, sementara produk palsu/KW ada 3 bulatan.
  • Lotion vampire asli ada segel, sedangkan yang palsu tidak ada segel.
  • Untuk lotion asli, pada bagian leher botol ada gerigi, sementara yang palsu tidak ada.
  • Apabila diukur, diameter botol lotion asli berukuran 5 cm, sedangkan yang palsu sekitar 4,5 cm (botol yang palsu sedikit lebih kecil dari yang asli).

Setelah mengetahui ciri Handbody Lotion Vampire yang asli dan palsu, pastikan untuk lebih waspada saat hendak membeli produk. Selain melihat ciri-ciri fisiknya, Anda juga bisa melihat testimonial atau review dari para pembeli.

[1]Roesma, J, Nadia M. 2014. Moms and the City. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 212.

[2]Ibid., hlm 213.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*