Wajib Waspada, Ini Efek Pepaya Muda untuk Ibu Hamil

Pepaya muda (sumber: liputan6)Pepaya muda (sumber: liputan6)

Ibu yang sedang hamil muda memang perlu lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri maupun janin yang sedang ada dalam kandungan. Agar kesehatan Anda dan bayi terjaga hingga proses persalinan ada banyak hal yang perlu diperhatikan, khususnya soal makanan. Meskipun mengonsumsi buah-buahan pada dasarnya baik untuk kesehatan, rupanya ada buah yang perlu Anda waspadai, yaitu pepaya muda. Efek pepaya muda untuk ibu hamil pun kabarnya tak main-main, sebab bisa berisiko menyebabkan keguguran.

Nah, agar Anda bisa meminimalisir segala risiko yang tidak diinginkan, simak penjelasan mengenai kandungan dalam buah pepaya muda dan efeknya bagi ibu hamil berikut ini!

Efek Pepaya Muda untuk Ibu Hamil

Meskipun buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, tetapi bunda yang sedang hamil tidak boleh mengonsumsi pepaya muda. Mengapa? Sebab, pepaya muda diyakini dapat menggugurkan kandungan. Selain buahnya – dari berbagai pengalaman – kebanyakan makan daun pepaya juga bisa memicu rapuhnya ari-ari si bayi. Hal ini juga harus dihindari ibu hamil. Jadi, bila ibu hamil mengidam makan daun pepaya, lebih baik dihindari terlebih dahulu. Selain itu, daun pepaya tidak dianjurkan pada ibu hamil karena merupakan stimulan uterin.[1]

Baca juga:  Intip Khasiat Perasan Air Singkong Untuk Perawatan Kecantikan!

Buah pepaya muda memang berguna untuk melancarkan air susu ibu, tetapi pepaya muda membahayakan bagi ibu hamil. Dari efek inilah, pepaya mentah diolah menjadi alat kontrasepsi. Jadi, untuk ibu hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi pepaya muda.

Banyak orang, terutama di negara-negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, dan Indonesia, mempercayai bahwa pepaya adalah buah yang dapat menyebabkan keguguran. Padahal, dunia medis menyatakan bahwa buah pepaya cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu mengatasi permasalahan pencernaan seperti mulas. Kandungan vitamin A dan vitamin C buah pepaya sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa hanya pepaya yang sudah benar-benar matang yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan dengan jumlah tertentu.

Ilustrasi: kecemasan saat hamil (sumber: sleepreviewmag.com)

Ilustrasi: ibu hamil (sumber: sleepreviewmag.com)

Sebaiknya, ibu hamil mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, sebelum mengonsumsi buah pepaya. Hindari memakan buah pepaya yang masih muda, karena memiliki kandungan zat lateks lebih banyak dibanding yang sudah matang.

Baca juga:  Tampilkan Kesan Lucu, Sweater Wanita Motif Pisang Jadi Tren

Hindari makan buah pepaya selama minggu-minggu awal kehamilan, karena bisa menyebabkan keguguran. Pasalnya, pepaya memiliki zat lateks seperti prostaglandin dan oksitosin yang umumnya digunakan untuk menginduksi persalinan.[2] Berikut ini beberapa kandungan senyawa dalam pepaya muda yang berbahaya bagi kandungan.

Senyawa dalam Pepaya Muda yang Berbahaya bagi Kandungan

  • Getah putih pekat pada pepaya mentah ternyata lengket saat terkena udara. Papain adalah pepsin dalam getah pepaya ini dapat membantu enzim pencernaan. Meskipun bermanfaat untuk pencernaan, papain dalam buah pepaya mentah dapat meniru prostaglandin. Selain menyebabkan kontraksi, papain dari buah pepaya muda juga dapat melemahkan membran penting yang diperlukan untuk kelangsungan hidup janin.
  • Getah (lateks). Keguguran bukanlah satu-satunya hal yang sangat dikhawatirkan saat akan makan pepaya mentah. Meskipun beberapa wanita hamil mungkin tidak menyadari akan hal itu, alergi getah lebih dari hanya sekadar alergi. Seperti yang dijelaskan The New York State Department of Health, bahwa orang yang alergi lateks juga dimungkinkan alergi terhadap pisang, apel, chestnut, gandum, rye, dan serangkaian makanan lain yang mengandung getah tanaman.[3]
Baca juga:  Berapa Kali Kita Dianjurkan Memakai Masker Rambut?

Dilansir dari SehatQ, kandungan getah yang berbahaya pada pepaya muda kabarnya akan terus berkurang ketika buah semakin matang. Oleh sebab itu, buah pepaya matang cenderung lebih aman untuk dikonsumsi, bahkan memberi manfaat. Pepaya matang biasanya mempunyai ciri kulit berwarna kuning atau oranye. Buah yang menyegarkan dan mengenyangkan ini disebut kaya akan kandungan beta karoten, kolin, serat, folat, kalium, serta vitamin A, B, dan C yang baik bagi ibu hamil.

Dalam 145 gram atau satu cangkir buah pepaya matang juga mengandung 88,3 mg vitamin C yang sudah memenuhi 100% kebutuhan vitamin C harian manusia. Di samping itu, pepaya juga mengandung protein, tembaga, magnesium, kalium, natrium, dan asam pantotenat.

[1] Khamzah, SN. 2017. Sayangi Janin Anda. Damaya, editor. Yogyakarta: Laksana, hlm 27.

[2] Ibid., hlm 28.

[3] Ibid., hlm 29.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: