Berefek Negatif, Jangan Langsung Percaya Foto Before After

Foto Before After - www.deviantart.comFoto Before After - www.deviantart.com

Foto before after seringkali menjadi topik yang menarik di media sosial. Beberapa orang juga kerap menggunakannya sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk. Namun, siapa sangka, foto sebelum dan setelah seperti ini juga bisa menjebak Anda dalam berbagai hal yang negatif. Tak hanya itu, foto seperti ini bisa menyebabkan kecemasan dan rasa tidak percaya diri.

Efek Negatif Foto Before After

Rasa cemas merupakan salah satu reaksi psikologi umum terhadap hal yang mengancam atau baru. Rasa cemas tidak hanya membuat penderitanya merasakan gejala fisik seperti keringat dingin atau sakit kepala, tetapi juga gejala psikologis lanjutan seperti kehilangan rasa percaya diri.[1] Cemas disebabkan berbagai macam faktor dan salah satunya adalah tekanan dari hal di sekitar.

Sebagai contoh, saat Anda membaca sebuah berita atau melihat foto yang kurang baik atau memiliki dampak negatif di pikiran Anda, Anda bisa saja menjadi cemas. Nah, salah satu foto yang sering memicu rasa cemas dan kurang percaya diri adalah foto before after. Ini biasanya muncul di media sosial sebagai cara untuk mempromosikan produk kecantikan atau pelangsing.

Baca juga:  8 Gaya Rambut yang Cocok Untuk Pemilik Rambut Tipis

Selain menimbulkan rasa cemas, foto before after seperti ini konon mampu mengubah rasa cemas dan tidak percaya diri orang menjadi rasa ingin memiliki dan tamak. Bisa dibilang, ketika individu mulai cemas dan tidak percaya diri, mereka akan mencari cara untuk menghilangkannya, sehingga mereka akan terperangkap untuk tertarik mencoba produk yang dipromosikan.

Dilansir dari HuffPost, foto before after seringkali dijadikan sebagai bukti testimoni produk pelangsing. Anda bisa menemukan ada banyak foto sebelum dan sesudah menggunakan aneka produk penurun berat badan di internet. Foto sebelum biasanya menunjukkan orang dengan tubuh gemuk dan foto setelah menunjukkan orang berbadan kurus. Supaya lebih menarik, tak jarang para model ini menunjukkan ekspresi yang gembira pada foto afer dengan tubuhnya yang ideal.

Masih dari sumber yang sama, foto before after tidak hanya menimbulkan rasa cemas dan kurang percaya diri, tetapi juga menjadi racun pikiran. Dengan melihat foto sebelum dan sesudah, siapa yang tidak ingin mencoba produk yang ditawarkan? Bisa dibilang foto seperti ini adalah ajang promosi yang efektif.

Meskipun terkadang bermaksud baik, dampak foto sebelum dan sesudah memberikan perbandingan sosial, apalagi untuk iklan produk pengurus badan. Hal ini yang dimanfaatkan para distributor produk untuk meraup keuntungan. Supaya Anda tidak tertipu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Baca juga:  Studi: Ini Efek Alkohol Prenatal untuk Wanita Hamil dan Bayinya
Efek Negatif Foto Before After - www.drkeithladner.com

Efek Negatif Foto Before After – www.drkeithladner.com

Tips Mengetahui Kebenaran Foto Before After

  • Supaya Anda tidak tergiur dengan testimoni ini, Anda harus melihat produk yang ditawarkan dengan saksama, bukan hanya melihat foto before afternya. Ciri foto sebelum dan sesudah yang palsu dapat dilihat dari perbandingan foto dan keterangannya. Foto asli tentunya tidak akan memperlihatkan perubahan drastis dalam waktu yang cepat. Sebaliknya, jika Anda melihat foto before after yang drastis dalam waktu cepat, yakni 7 hari hingga 1 bulan, dipastikan foto tersebut tidak nyata.
  • Tanda-tanda foto before after adalah palsu juga bisa dilihat dari ulasan foto. Jika orang yang menyebar foto tidak memaparkan keseluruhan cerita bagaimana individu tersebut bisa menjadi seperti saat ini, dipastikan foto tersebut kurang kredibilitasnya. Anda juga bisa melihat caption atau hashtag yang ada pada foto. Biasanya ini menjadi standar apakah ulasan atau cerita yang diposting dengan foto tersebut nyata atau tidak.
  • Patut dicurigai pula foto yang terlalu banyak editan atau editannya kurang tepat. Biasanya ini sering terjadi pada testimoni make up atau skincare. Pada foto sebelum, biasanya terdapat orang dengan kulit gelap dan pada foto sesudah, terlihat orang berkulit putih. Anda harus memperhatikan apakah ada filter pencahayaan yang dipakai dalam foto atau tidak. Selain itu, perhatikan background foto. Biasanya filter cahaya akan terlihat jelas pada perbedaan pencahayaan background foto.
Baca juga:  Garnier Light Complete Super Essence, Serum Pemutih Untuk Kurangi Flek Hitam Pada Wajah

Cobalah beberapa tips di atas untuk menghindari kerugian saat membeli produk dengan iklan foto before after. Selain itu, Anda perlu mengontrol rasa cemas dan percaya diri Anda supaya tidak terkecoh. Foto seperti ini memang toxic, khususnya untuk orang yang tidak bisa mengontrol rasa cemas dan percaya diri. Semakin Anda goyah dengan dua hal tersebut, semakin untung pula para produsen obat pelangsing, make up, dan skincare abal-abal.

Mengetahui Kebenaran Foto Before After - www.drlanzer.com.au

Mengetahui Kebenaran Foto Before After – www.drlanzer.com.au

[1] Kumbara, Hengki, Yogi Metra, Zulpikar Ilham. 2018. Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan Universitas PGRI Palembang, Vol. 17(2): 28-35.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: