Early Bird vs Night Owl, Mana yang Lebih Baik?

Bekerja di Siang Hari - www.elsevier.comBekerja di Siang Hari - www.elsevier.com

Mungkin Anda cukup familiar dengan early bird dan night wwl. Itu adalah kondisi biologis yang berkaitan dengan aktivitas Anda terkait dengan waktu. Ada orang yang lebih aktif di malam hari atau biasa disebut dengan night owl, dan ada orang yang lebih aktif di pagi hari atau biasa disebut dengan early bird. Dengan kondisi jam biologis yang berbeda, manakah yang lebih baik?

Ciri Early Bird dan Night Owl

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui ciri-ciri night owl dan early bird. Dilansir dari ilovelife.co.id, ada dua tipe jam biologis atau chronotype, yakni early bird atau morning person dan night owl atau burung hantu. Seseorang yang tergolong morning person adalah mereka yang suka bangun di pagi hari dan merasa bersemangat untuk memulai aktivitas saat masih fajar. Sementara itu, tipe burung hantu lebih senang tidur larut malam dan sulit bangun tidur di pagi hari.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, early bird akan mudah merasa mengantuk di sore hari, sehingga secara alami akan bangun di pagi hari. Untuk tipe early bird, jam tidur jam 9 malam mungkin menjadi normal dan bangun jam 5 pagi tanpa jam alarm terasa relatif mudah. Ini sungguh berbeda dengan night owl yang tidak bisa merasa mengantuk jika belum larut malam dan secara alami akan bangun lebih siang.

Baca juga:  Mudah Dipraktikkan, Ini Cara Membuat Biskuit Kering di Rumah

Menjadi early bird atau night owl tidak bisa diputuskan begitu saja dan tidak bisa dilakukan sesuai keinginan. Orang bisa menjadi morning person atau burung hantu, jika mereka memiliki kebiasaan tidur yang sudah dilakukan sejak kecil. Bisa dikatakan, beberapa orang mungkin sudah terbiasa tidur di sore hari dan bangun di pagi hari, sedangkan sisanya lebih suka tidur larut malam dan bangun siang.

Jam internal tersebut disebut dengan ritme sirkadian dan berbeda pada setiap orang. Meskipun Anda dan teman Anda termasuk early bird, namun jam tidur dan bangun tidur bisa berbeda. Misalnya, teman Anda adalah morning person yang tidur jam 8 malam dan bangun pada pukul 4 pagi, bisa jadi Anda memiliki jam tidur pada pukul 9 malam dan bangun pada pukul 4 pagi atau 5 pagi. Hal itu juga berlaku bagi night owl.

Ritme sirkadian pada setiap orang tidak hanya memengaruhi waktu tidur, tetapi juga kinerja tubuh, aktivitas otak, pola makan, pola lapar, kadar hormon, dan suasana hati.[1] Selain itu, ritme sirkadian yang berbeda juga mampu memengaruhi kesehatan Anda.

Aktivitas Pekerja Siang Hari - jnylaw.com

Aktivitas Pekerja Siang Hari – jnylaw.com

Early Bird vs Night Owl

Dilansir dari berbagai sumber, seorang early bird mampu menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas di pagi hari lebih baik dibanding seorang night owl. Padahal, hampir semua aktivitas dan pekerjaan harus dilakukan di pagi hari, terutama bagi Anda yang memiliki jam kerja kantor mulai pukul 8.00 pagi hingga pukul 6.00 sore.

Baca juga:  Jenis Olahraga Apa yang Cocok untuk Ibu Hamil?

Jam kerja tersebut membuat night owl menjadi kacau. Kebanyakan night owl tidak bisa konsentrasi dan beradaptasi dengan baik jika diharuskan bekerja di pagi hari. Tak jarang, para burung hantu juga sering mengalami jet lag atau kurang fresh saat bekerja. Akibatnya, tidak hanya produktivitas dan kinerja yang berkurang, tetapi juga kesehatan mereka.

Hal tersebut juga dikaitkan dengan waktu aktivitas fisik seperti olahraga. Night owl biasanya cenderung menghindari olahraga karena mereka lebih suka bangun di siang hari dan memulai aktivitas hingga larut malam. Tak jarang, mereka akan melewatkan waktu olahraga yang dihabiskan untuk bekerja atau bermain. Sementara itu, early bird yang memiliki waktu aktivitas lebih banyak di pagi hari, lebih suka menghabiskan waktu dengan berolahraga.

Kurangnya aktivitas fisik seperti ini, membuat para night owl mengalami risiko penurunan kesehatan. Ada banyak hal yang bisa mengancam kesehatan mereka, antara lain nyeri otot akibat kurang olahraga, sering kesemutan, peredaran darah tidak lancar, darah yang mengental, dan risiko penyakit jantung.

Baca juga:  Produk Susu Zee Cocok untuk Dikonsumsi Usia Berapa Tahun?

Selain itu, para night owl juga terancam lebih sering stres dan depresi daripada early bird. Hal ini terkait dengan pekerjaan yang harus mereka jalankan di pagi hari, padahal mereka tidak bisa maksimal bekerja di waktu tersebut. Hal ini akan memengaruhi otak, sehingga mudah merasa lelah, mudah emosi, dan mudah sedih.

Aktivitas Kerja Malam Hari - www.medicalnewstoday.com

Aktivitas Kerja Malam Hari – www.medicalnewstoday.com

Meskipun night owl memiliki banyak kekurangan di pagi hari, menjadi early bird juga bukan hal yang menguntungkan. Saat semua orang tengah asyik dan sibuk menikmati indahnya malam, biasanya early bird lebih memilih tidur. Padahal, penting juga keluar malam dan menghabiskan waktu nongkrong bersama teman atau keluarga, yang akan membuat jangkauan pertemanan Anda menjadi lebih luas.

Selain itu, tidak semua early bird akan menghabiskan waktu paginya untuk berolahraga. Ada juga morning person yang lebih mementingkan pekerjaannya. Memang, bagus untuk memulai sesuatu lebih awal, tetapi Anda juga perlu memperhatikan kesehatan Anda. Terlalu sibuk bekerja akan membuat pikiran dan mood menjadi kacau. Sesekali, sebagai early bird, Anda perlu menghabiskan waktu untuk bersantai dan tidak memikirkan pekerjaan di pagi hari,

[1] Ekayanti, Merry Septemi, dkk. 2019. Irama Sirkadian pada Stroke Akut. Jurnal Sinaps Universitas Sam Ratulangi, Vol. 2(1): 9-18.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: