Dimakan Dengan Nyala Api, Berani Coba Cemilan Khas India yang Satu Ini?

Paan Api - (Sumber: www.allinone.tk)Paan Api - (Sumber: www.allinone.tk)

India, selain dikenal dengan drama dan tarian oleh masyarakat Indonesia secara luas. Nyatanya juga memiliki banyak ragam kuliner khas negeri Bollywood tersebut. Makanan India identik dengan bumbu yang kaya akan rempah dan kaya rasa. Beberapa bahan seperti kunyit, bawang merah, ketumbar serta daun kari adalah bahan yang menjadikan masakan India ini memiliki aroma yang unik dan khas.

Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing dengan makanan bernama samosa, karena samosa juga telah banyak dijual di Indonesia. Samosa memiliki bentuk yang mirip dengan kue pastel. Dengan isian berupah cacahan kentang, kacang, bawang, daging ayam ataupun daging kambing yang dibalut dengan adonan tepung yang tipis. Kemudian digoreng sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih.

Dalam penyajiannya. Samosa disantap dengan kuah yang pedas menyengat, yang dikenal dengan nama chutney. Makanan ini disajikan sebagai hidangan pembuka maupun sebagai camilan khas India.

Cemilan khas lain yang merupakan khas India adalah masala dosa. Cemilan ini berbentuk layaknya crepes, dengan rasa yang renyah. Salah satu brand restoran cepat saji skala internasional, sempat berinovasi dengan menyajikan menu khusus negara India. Perusahaan lantas memilih masala dosa menjadi sajian khusus di restoran tersebut.

Makanan Khas India Samosa - (Photo: Ashish_Choudhary)

Makanan Khas India Samosa – (Photo: Ashish_Choudhary)

Namun dilansir melalui BBC, netizen ramai berkometar terhadap inovasi menu yang dilakukan restoran cepatt saji tersebut. Ada netizen yang menilai lebih baik melakukan makeover atas piring sajiannya.

“Harusnya mereka menawarkan McSamosa,” ¬†tutur Kirtish Bhatt, seorang kartunis BBC. cemilan samosa dianggap menu tradisional India yang lebih populer dari masala dosa.

Selain memiliki rasa khas lantaran menggunakan bumbu rempah yang banyak, makanan khas India juga terkenal ekstrem dalam penyajiannya. Terdapat cemilan orak arik telur yang memiliki ukuran sangat besar, karena menggunakan 20 biji telur sekaligus. Selain itu juga ada cemilan bernama Paan, yang merupakan kuliner khas India yang dimakan bersama api.

Disebut dengan paan api atau Fire Paan, cemilan ini terbuat dari campuran biji adas bakar, kapulaga, kelapa parut dan siraman sirup. Fire paan disajikan di atas lembaran daun kadok, dengan nyala api yang cukup besar, kemudian langsung di masukkan ke dalam mulut pembeli.

Paan api merupakan inovasi terbaru dalam sajian cemilan paan. Paan merupakan kuliner khas ini yang sudah populer sejak zaman vedic.

Baca juga:  Studi: Suasana Hati Pengaruhi Pola dan Jumlah Asupan Makanan Anda

Makanan ini diyakini memberi efek baik untuk mengatasi sariawan maupun masalah pada tenggorokan.

“Saya pernah punya pelanggan yang datang kemari setiap hari. Dia selalu memiliki sakit tenggorokan dan meminta saya untuk membuatkan paan. Saya membuatkannya paan setiap hari dan dia mengatakan kalau dia belum sembuh. Kemudian suatu hari, pekerja di sini membakar paan dan memberikannya kepada pelanggan. Saat itu pelanggan yang sariawan mengatakan kalau dia sudah sembuh. Dua orang yang berdiri di dekatnya dan melihat paan api tersebut bertanya dan meminta untuk dibuatkan,” ¬†ucap Pradhuman Shukla yang memiliki usaha paan di Delhi lebih dari 20 tahun.

Meski dianggap berisiko, paan api ini banyak digemari oleh masyarakat India. Terbukti dengan naiknya jumlah paan api yang dibuat dalam sehari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: