Digemari Karena Rasanya Yang Lezat, Bisnis Nasi Kuning Kian Berkembang

Bisnis Nasi Kuning - (Sumber: infobdg.com) Bisnis Nasi Kuning - (Sumber: infobdg.com)

Nasi kuning merupakan salah satu makanan tradisional warisan nenek moyang Indonesia. Terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit menjadikan nasi ini berwarna kuning. Dengan ditambahkan bumbu rempah dan santan, nasi kuning ini memiliki cita rasa yang lebih gurih daripada nasi putih.

Sajian nasi kuning ini biasanya digunakan ketika ada acara atau ritual adat dan keagamaan maupun sebagai salah satu menu makan pagi atau sarapan. Meskipun pada perkembangannya saat ini banyak tempat kuliner yang menjajakan nasi kuning dari pagi hingga malam hari.

Nasi Kuning - (Sumber: majalahonlinewanitaindonesia.com)

Nasi Kuning – (Sumber: majalahonlinewanitaindonesia.com)

Rasa gurih dan nikmat yang ditawarkan oleh nasi kuning ini membuatnya banyak digemari oleh masyarakat luas. Hal tersebut rupanya dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menggiurkan bagi beberapa orang yang memiliki bakat dan minat dalam memasak. Khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga juga bisa menggeluti bisnis nasi kuning tersebut sebagai usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah maupun dengan mendirikan warung yang menjajakan menu nasi kuning.

Bisnis nasi kuning juga relatif mudah untuk dijalankan karena tidak memerlukan modal yang tinggi, cukup dengan memanfaatkan peralatan memasak yang tersedia di rumah. Jadi tidak ada salahnya jika Anda yang memiliki bakat dalam memasak nasi kuning dengan cita rasa yang lezat mencoba untuk menggeluti jenis usaha ini.

Meski harga jual satu porsi nasi kuning dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi, misalnya Rp7.000 per porsi, namun jika Anda telaten dan berkomitmen penuh untuk serius menggeluti bisnis nasi kuning tersebut maka Anda akan merasakan keuntungan yang tidak sedikit.

Baca juga:  Yang Bisa Orang Tua Lakukan Untuk Membantu Anak Meraih Sukses

Apabila diasumsikan dalam satu hari Anda berhasil menjual sebanyak 30 porsi nasi kuning, maka dengan harga satu porsi Rp7.000, Anda akan mendapatkan total penjualan dalam sehari sekitar Rp210.000. Untuk menghitung keuntungan per hari, Anda dapat mengurangi jumlah total penjualan nasi bungkus dengan biaya operasional per harinya.

Bisnis Nasi Kuning - (Sumber: infobdg.com)

Bisnis Nasi Kuning – (Sumber: infobdg.com)

Misalnya saja dalam sehari Anda mampu mendapatkan total penjualan per hari sebesar Rp210.000, dengan total biaya operasional (bahan pembuatan nasi kuning) sebesar Rp110.000. Maka dalam satu hari Anda mampu mendapatkan keuntungan sebesar Rp100.000. Jumlah tersebut tidaklah sedikit, terlebih jika Anda mulai memiliki pelanggan setia yang mampu memperbanyak keuntungan Anda.

Demi mendapatkan pelanggan yang setia, maka penting bagi Anda pelaku bisnis nasi kuning untuk menghadirkan menu nasi kuning dengan cita rasa yang nikmat dengan penambahan menu-menu lainnya yang inovatif. Dalam menjalankan semua bisnis, termasuk bisnis nasi kuning tetap diperlukan adanya sebuah inovasi dan tampilan baru yang berbeda dengan yang lainnya. Dengan Anda terus mengasah ilmu dan keahlian serta wawasan Anda dalam memasak, maka Anda akan menjumpai hal hal baru yang dapat Anda terapkan pada jenis usaha nasi kuning Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: