Diet Sehat Untuk Program Kehamilan

diet, kesuburan, pria, wanita, suplemen, asam, folat, vitamin, B12, berat, badan, obesitas, buah, makanan, cepat, saji, fast, food, sel, cairan, semen, hormon, leptin, sedikit, minuman, makanan, manis, sehat, program, kehamilan Ilustrasi program kesuburan untuk kehamilan

Mendengar kata , mungkin yang teringat dalam benak banyak orang adalah menurunkan berat badan. Tetapi, ternyata bukan hanya berlaku bagi seseorang yang ingin berat badannya turun. juga berhubungan terhadap kesuburan, terlebih bagi pasangan yang ingin menjalankan program .

Ada beberapa hal yang sering terdengar jika menyangkut diet dan kesuburan, seperti apa yang harus dimakan dan sebaiknya dihindari, yang sebaiknya dikonsumsi supaya cepat , atau Anda ingin segera ? makanan yang dapat membantu Anda meningkatkan kesuburan.

Tetapi, kalimat seperti memilih makanan yang sebaiknya dikonsumsi supaya cepat hamil mungkin saja tidak selamanya berlaku. Penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health dan Harvard Medical School telah memublikasikan beberapa hasil penelitian yang menguji dampak dari diet terhadap kesuburan seseorang.

Para peneliti menemukan hasil bahwa pada yang ingin segera hamil secara natural (tanpa bantuan teknologi), dapat mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang memberikan dampak positif terhadap kesuburan, seperti asam folat, vitamin B12, asam lemak omega 3, dan melakukan diet seperti diet Mediterania.

Di samping itu, konsumsi antioksidan, vitamin D, produk berbahan dasar susu, kedelai, kafein, dan alkohol dianggap tidak atau memiliki dampak kecil bagi kesuburan. Lemak jenuh dan diet tidak sehat dengan konsumsi makanan seperti daging merah, kentang, makanan dan minuman manis secara berlebihan sebaiknya dihindari karena memberi pengaruh buruk bagi kesuburan.

diet, kesuburan, pria, wanita, suplemen, asam, folat, vitamin, B12, berat, badan, obesitas, buah, makanan, cepat, saji, fast, food, sel, cairan, semen, hormon, leptin, sedikit, minuman, makanan, manis, sehat, program, kehamilan

Ilustrasi diet pasangan

Penelitian menemukan bahwa kualitas cairan semen pada akan meningkat dengan melakukan diet sehat. Sebaliknya, diet dengan lemak tinggi atau jenuh bisa membuat kesuburan terpengaruh secara negatif.

Alkohol dan kafein juga diduga menjadi pemberi efek buruk, walaupun mungkin kecil pengaruhnya. Lebih penting lagi, kualitas cairan semen bukan merupakan prediktor yang tepat untuk kesuburan, dan sebagian besar penelitian tidak benar-benar menguji dampak dari pola makan ayah pada rencana kehamilan yang berhasil.

Bagi pasangan yang menjalani reproduksi dengan bantuan alat, untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan, sebaiknya pihak wanita mengonsumsi suplemen asam folat dengan jumlah cukup, atau melakukan diet tinggi isoflavon (estrogen berbasis tanaman dengan kandungan antioksidan). Sementara bagi pihak pria, sebaiknya konsumsi suplemen atau makanan yang kaya antioksidan dalam jumlah yang cukup pula.

Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Merencanakan Kehamilan

Mempertimbangkan rata-rata pasangan yang merencanakan kehamilan secara alami, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah konsumsi makanan sehat, baik untuk pria maupun wanita. Pilih makanan yang kaya akan kandungan ekstra asam folat, vitamin B12, dan omega 3. Kandungan itu mungkin akan lebih membantu pihak wanita, tetapi melakukan diet sehat tidak hanya berlaku bagi pihak wanita, namun bisa dilakukan oleh kaum pria.

diet, kesuburan, pria, wanita, suplemen, asam, folat, vitamin, B12, berat, badan, obesitas, buah, makanan, cepat, saji, fast, food, sel, cairan, semen, hormon, leptin, sedikit, minuman, makanan, manis, sehat, program, kehamilan

Bahan makanan mengandung asam folat tinggi (sumber: abbott.com)

Selain menjalankan diet sehat, disarankan untuk tidak lupa mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat dan vitamin B12. Vitamin ini lebih sering dianjurkan untuk dikonsumsi wanita. Suplemen asam folat telah lama diketahui bermanfaat untuk menurunkan risiko dari berkembangnya masalah neurologis pada janin.

Walaupun hasil penelitian telah memaparkan sejumlah hal yang penting seperti diet sehat, namun masih saja ada hal-hal penting lain yang mungkin belum terjawab. Pertanyaan itu masih terkait dengan pilihan diet sehat yang sebaiknya dilakukan, seperti:

  • Berapa banyak kandungan asam folat dan vitamin B12 yang harus dikonsumsi sehingga memenuhi jumlah yang cukup?
  • Sumber atau berapa banyak jumlah dari omega 3 yang sebaiknya dikonsumsi? Bagaimana cara untuk meminimalkan risiko dari terkontaminasinya ikan dengan racun seperti merkuri?
  • Apakah diet sehat hanya berlaku bagi orang-orang tertentu?
  • Bagaimana dengan komponen lain dari diet?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, peneliti berusaha memberikan jawabannya. Sebagai contoh, berdasarkan hasil penelitian, konsumsi minuman manis (khususnya soda atau minuman berenergi) berhubungan dengan rendahnya kesuburan seseorang. Sementara, jika Anda minum jus buah, tidak akan membawa dampak buruk bagi kesuburan.

Kemudian, jika wanita sering mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food, dan tidak terlalu banyak makan buah, maka kemungkinan hamilnya menjadi lebih sedikit dibanding mereka yang menghindari atau membatasi konsumsi makanan cepat saji dan rutin serta cukup mendapatkan asupan buah.

diet, kesuburan, pria, wanita, suplemen, asam, folat, vitamin, B12, berat, badan, obesitas, buah, makanan, cepat, saji, fast, food, sel, cairan, semen, hormon, leptin, sedikit, minuman, makanan, manis, sehat, program, kehamilan

Berbagai jenis makanan laut

Bagi pasangan yang mengonsumsi lebih banyak seafood, kemungkinan hamil akan lebih cepat dibandingkan pasangan yang jarang mengonsumsi makanan laut seperti ikan, udang, dan lainnya. Sebagian besar wanita hamil akan mengonsumsi seafood (salmon, kerang, dan udang) dalam jumlah 2-3 kali lebih sedikit per minggu daripada jumlah yang direkomendasikan.

Sebagai kesimpulan, jika Anda sedang merencanakan kehamilan bersama pasangan, tidak ada salahnya mulai melakukan diet sehat. Mungkin sebagian saran yang diberikan bagi wanita usia yang tidak menggunakan kontrasepsi untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Paling tidak, konsumsi vitamin prenatal dilakukan setidaknya sebulan sebelum merencanakan kehamilan. Dosis asam folat dalam suplemen untuk wanita, biasanya disarankan lebih tinggi, tergantung pada obat yang diambil dan kondisi medis masing-masing orang.

Selain konsumsi suplemen, Anda juga sebaiknya menjaga berat badan sebelum konsepsi. Wanita yang kelebihan berat badan (obesitas) akan memiliki risiko komplikasi lebih tinggi. Menurut dokter spesialis onkologi dan ginekologi, Budi Wikeko, mengatakan bahwa kelebihan atau kekurangan berat badan bisa menyebabkan gangguan pada kesuburan karena pematangan sel menjadi terganggu.

Hal itu disebabkan karena adanya hormon leptin yang diproduksi oleh jaringan lemak akan memengaruhi sel telur. Jika jumlahnya sedikit atau kurang dari jumlah yang seharusnya, hal itu akan mengganggu sinyal dari otak yang merangsang sel telur. Sebaliknya, jika hormon leptin ini berlebihan pun akan mengganggu aktivitas sel telur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: