Apakah Diet Bisa Hilangkan Jerawat pada Orang Dewasa?

Jerawat di wajah (sumber: theextract.co.uk)Jerawat di wajah (sumber: theextract.co.uk)

Siapa sih yang tidak cemas dengan adanya jerawat di wajah? Selain menimbulkan rasa nyeri, jerawat juga dapat menurunkan tingkat rasa percaya diri. Untuk mengatasi gangguan kulit tersebut, banyak cara yang dilakukan, termasuk memakai sejumlah kosmetik, perawatan di dokter, minum suplemen, hingga melakukan diet.

Penyebab Jerawat pada Orang Dewasa

Jerawat merupakan kondisi yang sangat umum, dengan melibatkan gangguan dari unit pilosebasea yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Jumlah penderita jerawat di dunia semakin meningkat, dan kebanyakan pasien datang dari kalangan remaja. Ini sangat dimaklumi karena remaja mengalami ketidakstabilan hormon dalam tubuhnya.[1]

Dilansir dari Harvard Health Publishing, meskipun jerawat lebih banyak diderita oleh remaja, pada beberapa kasus, ditemukan juga orang dewasa yang memiliki acne parah. Acne tersebut tentunya tidak disebabkan oleh hormon saja, mengingat seseorang akan mengalami kestabilan hormon dalam tubuh saat beranjak dewasa.

Jerawat yang timbul di masa remaja adalah sebuah tanda atau latihan untuk kulit agar tumbuh dengan baik dan kebal jerawat saat dewasa. Sementara, orang dewasa yang berjerawat biasanya disebabkan kondisi kulit yang memproduksi minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat make up atau kulit mati, peradangan, perubahan hormon saat siklus menstruasi, dan faktor genetik.

Baca juga:  Review Manfaat La Tulipe Essential Whitening Serum Untuk Cegah Penuaan Dini

Beberapa orang dewasa yang sebelumnya tidak pernah berjerawat dan mulai berjerawat, juga bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik, penggunaan obat steroid dan lithium, produk perawatan rambut, penggunaan skincare yang kurang tepat, polusi, kebiasaan merokok, pola makan yang kurang tepat, dan stres.

Memencet jerawat (sumber: mirror.co.uk)

Memencet jerawat (sumber: mirror.co.uk)

Atasi Jerawat dengan Diet

Untuk mengatasi permasalahan jerawat yang timbul pada orang dewasa, biasanya obat topikal sudah cukup. Beberapa dokter kecantikan juga merekomendasikan pemakaian skincare dengan kandungan asam salisilat dan sulfur untuk mengurangi dan mengeringkan jerawat. Selain itu, Anda bisa mengganti pola makan menjadi lebih sehat.

Bagi beberapa orang yang sensitif dengan makanan berlemak, bisa jadi ini adalah penyebabnya. Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak atau kombinasi berminyak, mungkin sebaiknya melakukan diet jerawat. Hindari mengonsumsi berbagai makanan berlemak dan berminyak secara bersamaan.

Anda juga perlu mengurangi produk olahan daging, susu, dan gula yang dapat memperburuk jerawat. Susu dan makanan dengan komposisi gula yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin dalam tubuh. Kadar insulin yang tinggi lantas mengubah hormon yang berkaitan dengan kondisi kulit. Sehingga, kulit lebih rentan terhadap jerawat.

Baca juga:  Ciri dan Efek Samping Bedak yang Mengandung Merkuri

Diet jerawat mungkin akan terbilang efektif bagi beberapa orang dewasa dan remaja, namun tidak untuk semua orang. Dalam dunia medis, diet yang konon bisa menyembuhkan jerawat hanya dianggap sebagai mitos. Bisa dibilang, apa yang Anda makan tidak ada hubungannya dengan tingkat perkembangan atau munculnya jerawat di kulit Anda. Makanan juga dinilai tidak bisa menjadi ukuran apakah jerawat Anda bisa jadi lebih baik atau lebih buruk.

Ilustrasi: makanan sehat untuk diet (sumber: 15min.lt)

Ilustrasi: makanan sehat untuk diet (sumber: 15min.lt)

Mengganti pola makan yang kurang tepat tentu juga berisiko pada kesehatan Anda. Berdasarkan penelitian, memang sejumlah kasus orang berjerawat dilaporkan karena sering mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Namun, alasan tersebut tidak bisa dianggap benar. Ini karena rata-rata orang tidak mengingat pola makanan mereka setiap harinya.

Pada beberapa kasus yang dilaporkan, bahkan banyak orang yang sebelumnya memang sudah mengonsumsi makanan manis dan berlemak tinggi tanpa munculnya jerawat. Asumsi mereka yang menyalahkan makanan manis dan berlemak tinggi, tentu tidak bisa diterima begitu saja mengingat ada banyak faktor penyebab jerawat pada orang dewasa.

Baca juga:  Manisnya Berbisnis Sosis Bakar Jumbo, Omzet Besar Dengan Peminat Yang Beragam

Selain itu, makanan berlemak tinggi dan manis belum tentu menjadi penyebab jerawat yang timbul karena masih ada bahan lain sebagai pemicu. Anda harus memperhatikan komposisi serta formula setiap makanan olahan yang Anda konsumsi. Anda tidak bisa memukul rata bahwa semua makanan yang bercita rasa manis dan berlemak adalah penyebab utama jerawat.

Agar Anda tidak tertipu dan berasumsi bahwa jerawat yang timbul pada kulit disebabkan oleh makanan, Anda bisa langsung mengunjungi dokter kulit. Konsultasikan kondisi kesehatan kulit Anda kepada ahlinya, sehingga mereka akan memberikan solusi terbaik untuk menghilangkan jerawat di kulit Anda.

Beberapa orang dewasa bahkan mendapati bahwa jerawat pada kulit mereka disebabkan oleh virus dan jamur. Fungal acne memang tidak bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat dan dapat muncul kapan saja, dan ini lebih banyak diderita oleh orang dewasa ketimbang kaum remaja.

[1] Pratama, Antonius Nugraha Widhi, dkk. 2017. Survei Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: