Diet Jelly Korea, Cara Unik Orang Korea untuk Miliki Tubuh Langsing

Cara Diet Unik Orang Korea - freepik: @tirachardzCara Diet Unik Orang Korea - freepik: @tirachardz

Banyak orang mengagumi tubuh para idol maupun selebriti Korea Selatan yang umumnya terlihat begitu langsing. Rupanya hal tersebut bukan dicapai tanpa perjuangan. Banyak artis Korea yang tampak langsing karena mereka menjalankan pola hidup yang ketat, mulai dari aktivitas fisik (olahraga) hingga menjaga asupan makanannya. Bahkan sejak beberapa tahun lalu juga berkembang diet jelly ala Korea.

Dilansir dari Alodokter, jelly merupakan makanan tinggi serat yang bahan utama pembuatannya adalah pectin (serat) yang diperoleh dari bermacam-macam buah, gula, dan aroma perasa. Kandungan serat yang tinggi dalam jelly tersebut menyebabkan perut terasa kenyang dan serat bisa menekan kolesterol karena dalam saluran cerna, serat dapat mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir kolesterol dan dikeluarkan bersama feses.

Walaupun ada diet jelly semacam itu, agar-agar atau jelly yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Anda biasanya disarankan mengonsumsi jelly yang rendah kalori dan tanpa gula. Umumnya, agar-agar yang berbentuk bubuk mengandung sekitar 65 kalori. Agar-agar juga termasuk makanan yang bebas lemak.

Baca juga:  Cara Keramas Untuk Menghilangkan Busik Di Kulit Kepala

Manfaat penurunan berat badan dari diet jelly tersebut berasal dari kandungan gelatin yang mengandung tinggi protein dan serat dari rumput laut. Menurut Hellosehat, setengah gelas agar-agar yang dilarutkan (120 ml) bisa mengandung hingga 2 gram protein.

Minuman Diet Jelly - (YouTube: Home Sweet YOU 유혜영)

Minuman Diet Jelly – (YouTube: Home Sweet YOU 유혜영)

Sedangkan beberapa jenis rumput laut seperti rumput laut cokelat kabarnya mengandung pigmen fucoxanthin yang bisa meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk mengubah lemak jadi energi. Hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian dalam jurnal Food Chemistry yang menemukan bahwa alginat, serat alami dalam rumput laut coklat bisa membantu memperlambat lemak dalam usus hingga 75 persen.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jelly atau agar-agar kaya akan serat untuk membantu memperlancar pencernaan. Di samping itu, gelatin juga mampu merangsang produksi asam lambung dan enzim-enzim pencernaan lain supaya memudahkan makanan bergerak dalam saluran cerna.

Dalam gelatin juga terkandung sejenis asam amino bernama glisin. Menurut penelitian tahun 2012, asupanglisin disebut bisa meningkatkan stamina sehingga Anda tak mudah lelah atau mengantuk pada siang hari. Yang lebih menarik lagi, glisin juga membantu Anda tidur lebih nyenyak karena asam amino itu merangsang otak melepaskan hormon melatonin dalam jumlah lebih banyak.

Baca juga:  Lingkar Mata Hitam Tanda Penyakit Apa?

Di Korea Selatan berkembang tren diet jelly menggunakan produk yang berbahan dasar konjac atau konnyaku.Konyaku merupakan makanan tradisional dari Jepang yang dibuat dari umbi-umbian yang disebut dengan namakonjac. Konyaku berbentuk balok atau batang menyerupai agar-agar. Biasanya konyaku digunakan untuk menggantikan bahan kwetiau. Agar bentuknya menyerupai kwetiau, konyaku bisa dipotong tipis-tipis memanjang seperti kwetiau.

Memiliki Tubuh Langsing - www.margaasht.com

Memiliki Tubuh Langsing – www.margaasht.com

Meskipun dibuat dari umbi-umbian tetapi konyaku diketahui memiliki kadar karbohidrat yang sangat rendah, cocok sekali untuk pelaku diet ketogenik. Selain memiliki kadar karbohidrat yang rendah, konyaku juga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan serat tubuh pada pelaku diet ketogenik. Seperti kita ketahui bahwa serat sangat berfungsi untuk membantu proses buang air besar.[1]

Orang-orang Korea Selatan biasanya mengonsumsi konjac diet jelly sebelum makan sebagai salah satu cara agar mereka bisa membatasi makan dalam porsi yang sedikit. Konjac diet jelly di Korea biasanya hadir dalam kantong cerat (seperti makanan bayi), sehingga cukup praktis untuk dimakan dan disimpan saat dalam perjalanan. Yang lebih menarik lagi, konjac diet jelly ini rasanya seperti camilan jeli biasa, tetapi tanpa kalor dan gula. Berikut ini informasi beberapa produk diet jelly Korea.

Baca juga:  Fakta! Banyak Bergerak Bikin Hidup Lebih Sehat dan Umur Lebih Panjang

Produk Diet Jelly Korea

Apabila Anda sedang mencari produk diet jelly Korea, setidaknya ada beberapa produk impor yang dipasarkan di situs jual-beli online Indonesia. Misalnya saja Dr.LivKonjac Jelly Diet Stick Korea isi 5 jelly stick dengan harga mulai Rp65 ribuan, kemudian JellyRo Premium Konjac Jelly Sachet isi 7 harganya mencapai Rp210 ribu, Q Chew Diet Jelly Candy Handok Korea Rp55 ribu, BinggraeKonjac Jelly Diet Low Calorie Rp40 ribu, RawelKeto Diet Konjac Jelly Low Calorie 6kal Rp38 ribuan, dan masih banyak lagi.

[1] Mayang, A. 2017. Diet Keto: Berani Mencoba Tantangan Diet Rendah Karbohidrat (hlm 204). Jakarta: Anak Hebat Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: