Apakah Diet GI Mampu Atasi Insomnia pada Gejala Menopause?

Jenis Makanan Diet - www.businessinsider.comJenis Makanan Diet - www.businessinsider.com

Menopause merupakan salah satu fenomena yang wajar dan akan terjadi pada setiap wanita. Wanita akan mengalami menopause secara alami ketika mereka mulai menginjak usia paruh baya. Insomnia menjadi salah satu gangguan kesehatan yang dialami oleh sebagian besar wanita menjelang menopause atau sudah menopause. Namun, menurut beberapa orang, ini bisa diatasi dengan melakukan diet GI.

Makanan GI Tinggi Sebabkan Insomnia 

Insomnia sendiri merupakan salah satu gangguan tidur yang umum terjadi. Tidak hanya dialami oleh wanita menjelang menopause atau saat menopause, insomnia juga dialami oleh banyak remaja. Tingkat insomnia atau gangguan tidur yang terjadi pada setiap wanita berbeda-beda, tergantung statusnya yang mulai mendekati masa menopause.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, gangguan tidur berupa insomnia memiliki tingkat yang bervariasi, mulai dari 16% hingga meningkat menjadi 42% sebelum menopause. Sementara, ketika seorang wanita mengalami masa perimenopause, mereka memiliki risiko insomnia dari 39% menjadi 47%, dan setelah menopause, risiko insomnia akan memiliki tingkatan mulai dari 35% hingga 60%.

Insomnia pada wanita yang memasuki masa perimenopause atau setelah menopause bisa menjadi permasalahan yang serius jika tidak diatasi. Dampaknya, mereka bisa jatuh tertidur secara tiba-tiba di siang atau pagi hari. Tak jarang, banyak orang tua yang sering mengantuk di pagi hari, sehingga tidak bisa bermain dengan cucunya.

Gejala insomnia pada wanita menopause juga dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti peningkatan iritabilitas, tidur yang tidak tenang, dan hot flashes. Menelisik insomnia pada wanita menopause, terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa insomnia dapat diakibatkan oleh jenis makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Terutama makanan yang berkarbohidrat dan berglukosa.

Makanan GI untuk Menopause - www.mushroomsnutrition.com

Makanan GI untuk Menopause – www.mushroomsnutrition.com

Sejumlah 50.000 wanita lebih dengan usia rata-rata 63 tahun yang terdaftar dalam penelitian Women’s Health Initiative antara tahun 1994 hingga 2001 dianalisis jenis makanan harian mereka. Para periset meneliti kandungan karbohidrat dan gula yang ada di tiap jenis makanan para wanita tersebut.

Mereka menggunakan indeks glikemik (GI) dan beban glikemik (GL) untuk mengukur kandungan gula dan karbohidrat yang terdapat dalam berbagai jenis makanan yang mereka makan, seperti biji-bijian, buah, sayuran, dan produk susu olahan. Setelah tiga tahun penelitian, mereka dapat melihat risiko masing-masing peserta terhadap gejala insomnia.

Mereka menemukan bahwa risiko insomnia lebih besar pada wanita dengan makanan jenis GI tinggi atau pada mereka yang sering memasukkan gula tambahan dalam menu makanan harian. Gula tambahan tersebut, yaitu aneka jenis gula, sirup, madu, dan molase. Mereka juga menemukan bahwa risiko insomnia lebih rendah pada wanita yang makan lebih banyak buah dan sayuran.

Bagi Anda yang belum cukup familiar dengan GI atau indeks glikemik, ini merupakan salah satu alat pengukur untuk mengetahui jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Dari GI, Anda akan mengetahui peringkat makanan dari 0 hingga 100 dengan risiko peningkatan kadar gula darah rendah hingga tinggi. Untuk menguji suatu jenis makanan menggunakan GI, biasanya akan dilakukan perbandingan menggunakan glukosa atau gula 100%. Sehingga, Anda bisa mengetahui apakah makanan tersebut memiliki risiko meningkatkan gula darah Anda tau tidak.

Diet GI Bantu Atasi Insomnia 

Makanan dengan GI tinggi merupakan makanan yang cepat dicerna, diserap, dan di-metabolisme, sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin. Beberapa contoh makanan dengan GI tinggi, seperti roti, pasta, makanan yang dipanggang, nasi putih, dan apa pun yang mengandung gula tambahan, termasuk minuman manis dan permen.

Wanita Menopause sedang Memasak Makanan Diet GI - www.rollinggreenvillage.com

Wanita Menopause sedang Memasak Makanan Diet GI – www.rollinggreenvillage.com

Sebaliknya, makanan rendah GI tidak menyebabkan kadar gula darah dan insulin Anda meningkat. Makanan yang memiliki GI rendah kebanyakan berasal dari jenis nabati, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Meskipun begitu, ada juga buah yang mengandung GI tinggi, seperti semangka dan pisang. Namun, semangka dan pisang tidak terlalu berisiko, karena termasuk nabati. Anda bisa mengonsumsinya dalam porsi sedang, sehingga tidak membuat kadar gula maupun insulin meningkat.

Peneliti berhipotesis bahwa makanan tinggi GI menyebabkan insomnia karena lonjakan insulin yang cepat, disusul dengan hancurnya kadar gula darah dengan cepat pula. Kadar insulin yang naik dengan cepat, dapat menurun secara drastis. Inilah yang menyebabkan gejala sulit tidur atau insomnia.

Pada beberapa studi lainnya, juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi GI dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, demensia, depresi, diabetes, dan kanker pada wanita menopause. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui apakah makanan rendah GI yang Anda konsumsi benar-benar makanan yang bernutrisi atau tidak.

Pastikan juga makanan rendah GI yang Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung gizi lengkap, hal ini karena tubuh akan membutuhkan nutrisi yang komplet. Apalagi jika Anda sedang dalam masa menopause. Nutrisi yang lengkap akan membantu Anda menjaga kualitas kesehatan tubuh serta membuat Anda lebih bertenaga.

Jika Anda sudah mengalami insomnia saat menopause, Anda bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasinya. Konsumsilah makanan dengan kadar GI rendah sebanyak-banyaknya untuk melengkapi menu harian Anda. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, yogurt plain rendah lemak, sup sayur, dan salad buah.

Selain tips tersebut, Anda juga harus menghindari jam makan malam yang terlalu larut. Sebaiknya, Anda makan malam pada pukul 18.00 hingga pukul 20.00. Makan malam di atas jam 9 malam dapat menyebabkan gangguan pada kadar gula dalam darah. Kenaikan kadar gula darah akibat makan malam terlalu larut adalah hal umum yang terjadi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: