Dibanding Produk Masker Wajah, Cara Ini Dinilai Lebih Efektif Mengatasi Komedo dan Jerawat

produk, masker, wajah, komedo, jerawat, dijual, di, pasaran, putih, telur, murah, efektif, salah, satu, cara, rumah, membersihkan, pori-pori, penguapan, exfoliate, bahan, lembut Ilustrasi: pemakaian masker wajah

Merawat menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilakukan, baik oleh kaum maupun pria. wajah dilakukan guna menjaga wajah supaya tetap sehat, bersih, terawat, dan juga mengatasi masalah-masalah pada muka. Salah satu masalahnya adalah komedo dan .

Masalah tersebut dinilai disebabkan karena kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya digunakan produk seperti masker wajah yang berfungsi sebagai exfoliator.

Kini, produk masker wajah yang berfungsi menghilangkan komedo dan jerawat sudah tersedia banyak di pasaran. Anda bisa memilih dari berbagai brand. Sebelum memilih masker wajah yang tepat, perlu diperhatikan kandungan di dalam masker, seperti putih telur.

Bagi Anda yang mungkin tidak ingin menggunakan masker yang dijual di pasaran, bisa mencoba membuat sendiri ramuannya di rumah. Salah satu cara yang murah dan terbilang efektif adalah menggunakan masker putih telur.

Masker putih telur bisa dibuat sendiri di rumah. Bahkan, menurut dr. Steffy Aditya, Clinical Director NMW Skincare Kalimalang, Bekasi, putih telur merupakan yang efektif dalam membersihkan kulit dari komedo. “Dibanding dengan produk pore pack di pasaran, masker ini lebih efektif dan . Selain itu, putih telur juga bisa menutrisi kulit,” kata Steffy.

Sebelum menggunakan masker tersebut, sebaiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Boleh dilanjutkan dengan penguapan menggunakan air panas untuk membuka pori-pori wajah. “Taruh air panas di baskom lalu dekatkan wajah agar uapnya mengenai kulit. Setelah itu baru oleskan putih telur ke seluruh wajah,” paparnya.

Setelah masker mengering dan wajah terasa kaku, bersihkan wajah dengan air dingin. “Bisa juga pakai air kulkas tapi jangan langsung dikenai ke wajah karena bisa menyebabkan efek terbakar. Jadi gunakan handuk yang sudah dicelup ke air dingin,” katanya.

Steffy juga mengatakan bahwa saat ini, di pasaran memang banyak tersedia berbagai jenis masker wajah. Namun, jika ingin memakai bahan alami, maka masker putih telur ini direkomendasikan.

“Kalau pakai masker yang dijual itu belum tentu cocok karena pasti ada tambahan zat-zat lainnya. Masih ada risiko alergi atau . Tapi, banyak juga yang cocok, jadi harus dicoba dulu. Kalau putih telur saya rasa tidak ada efek sampingnya,” ujarnya.

Selain menggunakan masker, cara lain untuk menghilangkan komedo bisa juga dengan exfoliate atau eksfoliasi. Tetapi, perlu diperhatikan juga dalam eksfoliasi wajah, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang lembut.

“Lupakan cara kasar yang bisa menekan kulit Anda dengan keras dan lakukan dengan metode yang lebih lembut. Aku paling suka exfoliate dengan bahan bubuk beras,” ucap Debra Jaliman, MD, dokter spesialis kulit.

“Bahan tersebut tidak menghilangkan bincul hitam dengan kasar, melainkan dengan membersihkan kotoran, minyak, dan kulit mati selalu membersihkan lubang pori tanpa menyebabkan iritasi,” ucap Jaliman.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: