Deteksi Gangguan Kesehatan Lewat Kondisi Kuku

Deteksi, masalah, kesehatan, penyakit, melalui, lewat, kuku, pertanda, liver, paru-paru, jantung, gangguan, dokter, kulit, penampilan, garis, rusak, retak, bentuk, rupa, tekstur, warna, putih, pucat, tanda, gejala Kuku sebagai indikator kondisi kesehatan (sumber: rd.com)

Tahukah Anda jika kondisi kuku dapat mengungkap atau memberikan petunjuk untuk kesehatan Anda secara keseluruhan? Adanya bercak putih, atau semburat kemerahan, juga beberapa bercak atau gundukan mungkin merupakan tanda di . Masalah di hati, paru-paru, dan hati bisa dideteksi lewat kondisi kuku.

Bentuk dan rupa kuku ternyata tidak hanya merupakan akibat dari hal-hal yang terjadi di luar tubuh, namun lebih banyak lagi mengindikasikan mengenai apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Masalah kesehatan pada liver, paru-paru maupun jantung sekalipun dapat juga memunculkan pertanda melalui kuku Anda.

Perubahan warna pada kuku, perubahan tekstur, bentuk dan ketebalan dari kuku merupakan indikasi adanya kondisi kesehatan yang lebih serius. Beberapa hal berikut ini akan mempelajari rahasia apa yang mungkin diungkapkan oleh kuku Anda.

Kuku Pucat

Kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati, hingga malnutrisi.

Kuku Putih

Deteksi, masalah, kesehatan, penyakit, melalui, lewat, kuku, pertanda, liver, paru-paru, jantung, gangguan, dokter, kulit, penampilan, garis, rusak, retak, bentuk, rupa, tekstur, warna, putih, pucat, tanda, gejala

Memeriksa warna kuku (sumber: rd.com)

Jika kuku sebagian besar berwarna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Biasanya Anda dapat melihat jari-jari juga akan berwarna kuning, tanda lain masalah hati.

Kuku Kuning

Salah satu paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Ketika infeksi semakin memburuk, kuku dapat ditarik kembali, dan kuku bisa menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Kuku kebiruan

Kuku dengan warna kebiruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa menunjukkan masalah paru-paru, seperti emfisema. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.

Kuku Berumbai

Jika permukaan kuku beriak atau diadu, ini bisa menjadi tanda awal psoriasis atau radang sendi. Perubahan warna kuku biasa terjadi; di bawah kuku bisa tampak coklat kemerahan.

Kuku Clubbing

Kuku clubbing adalah kondisi di mana jaringan di bawah kuku menebal dan ujung jari membulat dan membengkak. Ujung kuku bertumbuh ke arah dalam mengikuti bentuk ujung jari. Clubbing diduga sebagai hasil dari peningkatan aliran darah ke ujung jari, merupakan kondisi turunan dan tidak berbahaya.

Namun jika Anda tiba-tiba menyadari adanya kelainan ini, clubbing bisa jadi tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah dan berhubungan dengan penyakit paru-paru, sirosis, atau kanker. Clubbing juga bisa menunjukkan tanda dan gejala dari penyakit hati, jantung, ginjal, atau AIDS. Jika Anda menyadari kondisi ini pada kuku Anda, konsultasikan dengan .

Deteksi, masalah, kesehatan, penyakit, melalui, lewat, kuku, pertanda, liver, paru-paru, jantung, gangguan, dokter, kulit, penampilan, garis, rusak, retak, bentuk, rupa, tekstur, warna, putih, pucat, tanda, gejala

Pemeriksaan tekanan darah oleh dokter

Kuku Pecah atau Retak

Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau pecah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Retak atau pecah dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin karena infeksi jamur.

Kulit Sekitar Kuku Berlipat

Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai radang lipatan kuku. Ini mungkin disebabkan oleh lupus atau jaringan ikat lainnya. Infeksi juga bisa menyebabkan kemerahan dan radang lipatan kuku.

Garis Gelap di Bawah Kuku

Kuku yang terlihat menghitam karena ada darah di kulit di bawahnya, memang biasanya merupakan luka alias trauma yang diakibatkan cedera. Namun, garis-garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Mereka kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Umumnya, melanoma subungual hanya mempengaruhi satu kuku. Selain itu, melanoma juga menyebabkan garis-garis hitam tersebut berubah (misalnya, menghitam atau semakin lebar) dan pigmentasi ini juga bisa memengaruhi kulit jari di sekitar kuku tersebut.

Garis putih horizontal

Garis-garis horizontal di permukaan kuku bisa jadi diakibatkan oleh trauma atau penyakit yang diikuti oleh demam tinggi, misalnya scarlet fever atau pneumonia. Kondisi ini terjadi akibat sistem respons yang menunda pertumbuhan kuku karena tubuh lebih memprioritaskan proses pemulihan terhadap masalah lain yang mungkin diidap oleh tubuh Anda.

Garis-garis putih horizontal ini juga bisa disebabkan oleh psoriaris, diabetes yang tidak dikontrol, masalah sirkulasi darah, defisiensi zat besi parah, atau reaksi terhadap obat-obatan tertentu (seperti kemoterapi). Garis-garis horizontal namun berwarna, disebut Meel’s lines, adalah tanda dan gejala dari keracunan arsenik, penyakit Hodgkin, malaria, lepra/kusta, atau keracunan karbon monoksida.

Deteksi, masalah, kesehatan, penyakit, melalui, lewat, kuku, pertanda, liver, paru-paru, jantung, gangguan, dokter, kulit, penampilan, garis, rusak, retak, bentuk, rupa, tekstur, warna, putih, pucat, tanda, gejala

Kondisi tubuh menurun dan menderita demam

Garis vertikal

Garis-garis vertikal adalah tanda dari penuaan. Garis-garis ini akan semakin jelas terlihat seiring bertambahnya usia dan bukan termasuk kondisi medis yang perlu dikhawatirkan.

Pada kasus tertentu, garis vertikal di kuku mungkin diakibatkan oleh defisiensi B12 dan magnesium.

Bercak putih

Bercak atau noda putih yang timbul di permukaan kuku umumnya merupakan reaksi trauma ringan, bukan karena defisiensi kalsium seperti yang banyak diberitakan. Ini bukan kondisi medis yang mengkhawatirkan dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika bercak putih tidak kunjung hilang, mungkin infeksi jamur penyebabnya.

Menggigit Kuku

Menggigit kuku Anda mungkin tidak lebih dari kebiasaan lama, tetapi dalam beberapa kasus, itu adalah tanda kecemasan terus-menerus yang membutuhkan . Menggigit kuku juga telah dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.

Namun ternyata, kuku hanya bagian dari sebuah teka-teki. Meskipun perubahan kuku menyertai banyak kondisi, perubahan ini jarang menjadi tanda pertama. Banyak juga kelainan kuku tidak berbahaya, tidak semua orang dengan kuku putih menderita hepatitis. Jika Anda khawatir tentang penampilan kuku Anda, kunjungi dokter atau dokter kulit.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: