Dengan Berbagai Varian Produk dan Rasa, Bisnis Kue Basah Mendatangkan Keuntungan Hingga Ratusan Juta Rupiah

Kue Basah - (Sumber: commons.wikimedia.org) Kue Basah - (Sumber: commons.wikimedia.org)

Berawal dari hobi dapat juga mendatangkan keuntungan fantastis. Misalnya, jika Anda senang membuat kue, terutama kue basah. Kegemaran tersebut apabila dikembangkan akan menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan.

Bisnis kue basah ternyata dapat mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Hal ini dialami oleh Gracia Wenni, pemilik dari bisnis kue basah yang dinamai Pastel Tasty. Dilihat dari namanya, jenis kue basah yang dipasarkan adalah pastel.

Aneka Kue Basah - (Sumber: vidya.id)

Aneka Kue Basah – (Sumber: vidya.id)

Salah satu hal yang menjadikan bisnis kue basah menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan adalah jenis kue ini tidak pernah sepi peminat. Kue basah sering dipesan untuk berbagai acara seperti arisan, rapat, pertemuan keluarga, syukuran, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai macam varian kue dan rasa yang dimiliki menambah daya tarik kue ini. Kue pastel, kue lumpur, lemper, nagasari, kue lapis, kue sus, klepon, orem-orem, kue putu, serabi merupakan beberapa dari sekian banyak jenis kue basah. Sekarang, kue basah tidak hanya dijual dengan ukuran sedang, tetapi juga ada yang dibungkus dengan ukuran mini, ditata sedemikian rupa dalam satu wadah, seperti produk kue basah yang dijual di Gaya Baru, toko kue basah di Malang.

Sebagai bekal untuk pemula yang ingin memulai bisnis kue basah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain persiapan awal bisnis. Dalam tahap ini, Anda perlu mengetahui beberapa resep kue basah. Setelah itu, Anda mempraktikkan membuat kue basah. Apabila Anda tidak ahli atau kurang cukup pengalaman membuat kue, bisa belajar terlebih dahulu kepada yang ahli. Dengan banyak berlatih, diharapkan Anda dapat menemukan rasa yang pas untuk kue basah yang nanti dijual.

Kue Basah - (Sumber: commons.wikimedia.org)

Kue Basah – (Sumber: commons.wikimedia.org)

Setelah itu, persiapkan juga modal. Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan modal, selain keahlian juga berupa uang. Modal di sini dapat menggunakan dari uang Anda sendiri atau pinjaman. Anda sebaiknya dapat memastikan bahwa modal awal dapat mencakup seluruh biaya produksi awal serta biaya lainnya.

Perjalanan bisnis tidak akan semulus yang dibayangkan tanpa adanya strategi pemasaran yang baik. Anda dapat memanfaatkan teman-teman, tetangga, rekan kantor, atau saudara. Melalui mereka, Anda dapat memasarkan kue basah yang dibuat. Karena bisnis yang dijalankan di sini adalah kue, jadi konsumen tidak akan membantu memasarkan atau merasa puas jika tidak mencobanya.

Baca juga:  Inovasi Terbaru Cat Rambut Berbentuk Shampo dan Busa, Cara Pakainya Mudah!

Jika Anda sudah mendapatkan resep yang pas untuk kue basah yang akan dijual, serta strategi promosi dan pemasaran, bisnis dapat dijalankan. Untuk promosi, Anda dapat memberikan nama, alamat serta nama bisnis kue basah Anda pada kemasan. Hal ini dipercaya dapat membantu mempromosikan produk, selain cara promosi dengan cara mulut ke mulut.

Untuk lebih menarik perhatian calon konsumen, pada awal menjual, Anda dapat memberikan harga promo serta penawaran menarik lain, misalnya dapat memberikan layanan pesan antar. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menitipkan kue basah di warung, kantin kampus atau sekolah, rumah sakit, kantor, pasar dan tempat lainnya. Anda dapat juga memasarkan kue basah pada saat ada event, seperti Festival Kuliner dan Jajanan.

Bisnis kue basah dinilai memiliki hambatan umum yaitu soal ketahanan kue. Kue jenis ini dinilai tidak dapat bertahan lama, maksimal sekitar satu hari. Tidak disarankan untuk memasukkan kue basah ke dalam kulkas, karena hal ini dapat mengubah tekstur serta rasanya. Hal ini membuat Anda sebaiknya memperhitungkan akan membuat kue yang sekiranya habis terjual dalam sehari, atau Anda membuat kue basah sesuai pesanan saja.

Adanya persaingan di antara penjual kue basah juga merupakan hambatan dalam bisnis ini. Untuk memberikan ciri khas, Anda dapat memberikan hal yang berbeda pada produk, misalnya varian kue, rasa, harga serta kemasan. Ciri khas yang unik pada produk akan membuat konsumen ingat dengan kue basah Anda.

Kesuksesan bisnis kue basah ditunjang dari berbagai faktor misalnya harga, rasa, kemasan, pelayanan kepada konsumen, inovasi produk dan lain sebagainya. Sebagai salah satu referensi supaya usaha kue basah dapat berjalan dengan baik, mungkin Anda dapat mencontoh tips yang diberikan Gracia Wenni, pemilik Pastel Tasty. Beliau menuturkan selalu menekankan kepada kualitas baik dari sisi bahan maupun proses olah. Tidak hanya itu, beliau juga selalu bekerja dengan bersih dan kecermatan dalam proses produksi.

Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan juga merupakan salah satu faktor berhasilnya bisnis. Menurut Gracia, ia selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Pelayanan dan ketulusan terhadap konsumen merupakan rahasia dibalik hubungan baiknya dengan pelanggan selama bertahun-tahun. Hal ini juga didukung dengan konsistensinya dalam menjaga kualitas dan rasa kue basah miliknya.

Baca juga:  Dimakan Dengan Nyala Api, Berani Coba Cemilan Khas India yang Satu Ini?

Selain hubungan baik dengan pelanggan, para karyawan juga tidak boleh dilupakan. Hubungan baik dengan karyawan juga merupakan aset penting, karena merekalah yang membantu menjalankan bisnis. Bisnis yang dijalankan oleh karyawan yang setia lebih menguntungkan daripada merekrut karyawan baru. Hal ini dikarenakan, dengan merekrut karyawan baru dapat menambah biaya dan waktu.

Aneka Kue - (Sumber: lakupon.com)

Aneka Kue – (Sumber: lakupon.com)

Dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 1.000-3.000, kue basah merupakan kue dengan harga yang terjangkau. Walaupun harga jualnya termasuk tidak begitu mahal, tetapi omzet yang didatangkan dari penjualan kue basah tidak bisa terbilang sedikit. Seperti pengalaman Navie, penjual kue basah khas Sulawesi Utara, mengatakan setiap harinya ia bisa menjual sekitar 3.000 kue, dengan harga jual Rp 1.500, maka keuntungan kotor yang didapatkan sekitar Rp 4,5 juta.

Baca juga:  Ide Bisnis & Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Berwirausaha

Omzet yang fantastis datang dari Pastel Tasty. Berdasarkan keterangan dari pemilik, bisnis ini dapat meraup keuntungan kotor sebesar Rp 350 juta setiap bulan. Setiap harinya disediakan sekitar 4000 buah dengan 200 varian jenis kue basah. Biasanya untuk satu kue basah dibanderol harga Rp 2.000-4000. Dengan keuntungan kotor Rp 350 juta, margin yang diperoleh sebesar 20% berkisar antara Rp 70 juta menjadi keuntungan pribadi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: