Manfaat Daun Binahong untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Daun binahong (sumber: honestdocs.id)Daun binahong (sumber: honestdocs.id)

Flek hitam di kulit menjadi sebuah masalah yang cukup berat bagi beberapa orang, apalagi bagi mereka yang ingin selalu tampil cantik dengan wajah tanpa noda. Untungnya, untuk mengatasi flek hitam, ada banyak cara. Salah satu cara tradisional yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan daun binahong.

Kandungan Daun Binahong

Daun binahong sendiri merupakan salah satu tumbuhan merambat yang memiliki daun dengan bentuk melengkung menyerupai hati. Secara ilmiah, daun binahong disebut dengan Anredera Cordifolia. Daun ini merupakan salah satu tanaman obat yang sudah digunakan secara turun-temurun. Ada banyak penyakit yang bisa diatasi menggunakan daun binahong, seperti  batuk atau muntah darah, penyakit paru-paru, diabetes melitus, dan lainnya.

Sementara, untuk kecantikan, daun binahong sudah cukup terkenal bisa dijadikan sebagai obat jerawat, memudarkan bekas luka di wajah, dan menghilangkan flek hitam. Hal ini karena daun binahong memiliki beberapa zat aktif dan mineral, seperti senyawa saponin, triterpenoid, flavonoid, dan minyak atsiri. 

Kandungan flavonoid pada tanaman binahong berperan langsung sebagai antibiotik dan antioksidan. Asam askorbat pada daun binahong mengandung antimikroba, antioksidan, asam askorbat dan vitamin C, sehingga dapat memperbaiki kerusakan kulit. Tanaman ini mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan dan berat. Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang, bunga, dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.

Khusus untuk daun tanaman binahong, sudah kerap digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk merawat wajah. Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara Membuat Masker Binahong

Membuat masker binahong untuk menghilangkan bintik hitam di wajah tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan alat penumbuk atau penghancur, mangkok, kuas masker, dan daun binahong. Langkah pertama, Anda harus mencuci daun binahong hingga bersih. Gunakan sekitar 4 lembar hingga 5 lembar daun binahong. Banyaknya daun binahong yang ingin Anda gunakan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Daun binahong segar (sumber: jatimnet.com)

Daun binahong segar (sumber: jatimnet.com)

Setelah semua alat dan bahan siap, hancurkan daun binahong menggunakan alat penumbuh atau blender. Usahakan untuk tidak menambahkan air ketika Anda menghancurkan daun binahong. Peras air daun binahong dan pisahkan dengan ampasnya. Anda bisa memisahkan air dan ampas daun binahong menggunakan saringan atau sendok.

Perasan air daun binahong adalah ekstrak daun binahong yang dipakai sebagai masker wajah. Aplikasikan masker ke permukaan kulit Anda menggunakan kuas masker secara merata. Biarkan masker menempel di kulit selama 15 menit hingga 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan sabun wajah. Agar flek atau bintik hitam di wajah cepat hilang, Anda bisa menggunakan masker tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

Karena berbahan dasar herbal, masker binahong dipercaya tidak memiliki efek samping. Selain memudarkan flek hitam, masker daun binahong juga bermanfaat sebagai obat jerawat dan penghilang bekas jerawat. Untuk obat jerawat atau penghilang bekas jerawat, Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit yang berjerawat saja.

Masker binahong juga bisa ditambahkan beberapa bahan alami lainnya sebagai varian. Anda boleh menambahkan madu jika Anda merasa tekstur masker binahong terlalu cair. Selain mengentalkan tekstur masker, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Masker ini akan membantu melembapkan kulit dan menutrisi kulit. Masker ini cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering dan kusam, karena membantu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Bagi Anda yang tidak suka madu dan ingin membuat kulit wajah tampak lebih cerah dengan cepat, cobalah untuk menambahkan air perasan lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi dari kedua bahan tersebut akan membantu proses regenerasi kulit lebih cepat dan menghambat proses pigmentasi pada kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Masker binahong dan perasan jeruk lemon juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan komedo di kulit. Anda bisa menggunakan masker tersebut secara rutin setiap 3 hingga 5 hari sekali. Namun, untuk hasil penggunaan masker binahong pada tiap individu bisa berbeda, tergantung kondisi kesehatan kulit masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: