Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berlebihan Bagi Anak

gadget, layar, anak-anak, orang, tua, jam, usia, kesehatan, mental, obesitas, dampak, negatif, penelitian, sampel, pedoman, kriteria, aktif, olahraga, tidur, sosial, di, depan, menghabiskan, waktu, berlebihan Ilustrasi: aktivitas penggunaan gadget pada anak

Apabila Anda khawatir mengenai seringnya berhadapan dengan layar bisa menguras kecerdasan, hal itu mungkin saja benar. menunjukkan bahwa banyaknya waktu yang dihabiskan oleh -anak untuk bermain gadget, bisa berpengaruh terhadap kecerdasan mereka.

Anak-anak dengan kecerdasan paling tajam setidaknya memiliki tiga kriteria yaitu menghabiskan waktu kurang dari dua jam per hari untuk menggunakan , gadget, atau komputer, memiliki waktu tidur 9 hingga 11 jam, dan memiliki waktu untuk melakukan aktivitas fisik selama 1 jam.

Sayangnya, menurut pemimpin penelitian, Jeremy Wash, jumlah anak-anak yang memenuhi kriteria dengan kecerdasan tajam sangat sedikit. Wash merupakan seorang yang bekerja di CHEO Research Institute di Ottawa, Kanada.

Menurut Walsh, hanya sekitar 5 persen dari sampel penelitiannya yang memenuhi tiga kriteria yang telah disebutkan di atas. Sementara, 41 persen memenuhi kriteria pertama, sedangkan 25 persen memenuhi kriteria kedua.

Hal itu berarti, sekitar 30 persen dari sampel penelitian tidak memenuhi salah satu kriteria, di mana kriteria itu merupakan statistik penting untuk difokuskan. Penelitian tersebut didasarkan pada data yang dikumpulkan dari lebih 4.500 anak-anak di Amerika berusia 8 hingga 11 tahun di September 2016 dan September 2017. Sampel tersebut didanai oleh pemerintah demi meneliti perkembangan dan anak.

Walsh dan rekan-rekannya menggunakan data untuk melihat apakah anak-anak dibatasi waktunya ketika berada di depan layar gadget, sementara mereka juga diberi waktu cukup untuk istirahat dan aktivitas lainnya. Hal ini berdasarkan pedoman di Kanada pada tahun 2016.

gadget, layar, anak-anak, orang, tua, jam, usia, kesehatan, mental, obesitas, dampak, negatif, penelitian, sampel, pedoman, kriteria, aktif, olahraga, tidur, sosial, di, depan, menghabiskan, waktu, berlebihan

Ilustrasi: penggunaan gadget anak secara berlebihan

Setengah dari anak-anak yang memiliki waktu tidur 9 hingga 11 jam, 37 persennya menghadap layar gadget kurang dari dua jam, dan 18 persen di antaranya memiliki waktu satu jam lebih untuk aktivitas lain seperti olahraga. Rata-rata, anak-anak dalam sampel penelitian menghabiskan sekitar 3,6 jam per hari.

Penelitian tersebut membuktikan adanya sebab-akibat, tetapi semakin banyak rekomendasi individual yang dilakukan seorang anak, semakin baik kemampuan anak untuk berpikir. Itulah yang ditemukan oleh peneliti ketika mereka membandingkan pedoman kepatuhan terhadap kinerja otak.

Menurut Walsh, untuk setiap rekomendasi individual, anak-anak secara signifikan telah memiliki kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mematuhi pedoman (kriteria).

Anak-anak yang memiliki waktu tidur dan berada di depan layar gadget sesuai dengan pedoman atau kriteria, menunjukkan hasil bahwa mereka memiliki kecerdasan intelektual, diikuti oleh anak-anak yang hanya mematuhi pedoman dalam membatasi waktu menghadap layar gadget.

Dampak Negatif Terlalu Lama Berada di Depan Layar Gadget Bagi Anak-Anak

Terlalu lama memandang layar gadget bisa mengacaukan kemampuan anak-anak untuk bisa fokus, khususnya jika mereka beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya atau layar yang berbeda pada waktu yang sama.

Ada satu hipotesis yang mengatakan bahwa banyak waktu yang dihabiskan di depan layar dengan menggunakan berbagai aplikasi pada satu gadget. Hal ini bisa mengganggu kemampuan berfokus pada anak-anak dan menahan keinginan anak untuk menjalankan tugas. Hal ini bisa merusak proses membangun kognisi yang baik.

gadget, layar, anak-anak, orang, tua, jam, usia, kesehatan, mental, obesitas, dampak, negatif, penelitian, sampel, pedoman, kriteria, aktif, olahraga, tidur, sosial, di, depan, menghabiskan, waktu, berlebihan

Anak yang berlama-lama fokus pada gadget

Tidur juga merupakan hal penting bagi perkembangan otak, karena pada saat itulah otak mengatur ulang sistem di dalamnya. Olahraga telah menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak dan oksigenasi jaringan otak, serta meningkatkan konektivitas jaringan di otak.

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget dapat menyebabkan anak-anak tidak mendapatkan cukup waktu untuk tidur di malam hari, dan kemudian menjadikan anak-anak kurang aktif di siang hari. Menurut Walsh, Anda dapat melihat bagaimana dampak dari seringnya menghadap layar gadget terhadap kesehatan otak.

Berdasarkan pendapat Dr. Shawna Newman, seorang psikiater di Lenox Hill Hospital di New York City, ada penelitian yang menunjukkan manfaat khusus olahraga bagi anak-anak. Selain itu, menjaga kebersihan area tidur dan membatasi waktu di depan layar gadget akan memberi kontribusi positif untuk kognitif.

Jika disimpulkan, penggunaan gadget secara berlebihan bisa membawa dampak negatif bagi perkembangan otak anak-anak. Menambahkan mengenai dampak negatif gadget, obesitas bisa menjadi salah satunya. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa meningkatkan risiko obesitas sebesar 30 persen.

Selain itu, anak juga bisa memiliki risiko stroke dan penyakit jantung. Tidak hanya penyakit fisik, anak juga bisa mengalami penyakit mental seperti depresi, kecemasan, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), autisme, bipolar, dan pada anak.

Menurut Douglas A. Gentile, seorang profesor Iowa State University mengatakan bahwa gadget merupakan pelarian termudah bagi anak-anak ketika mereka memiliki masalah. Tanpa disadari, hal itu bisa menimbulkan ketergantungan yang menyebabkan anak-anak terisolasi dari kehidupan dan akhirnya berujung depresi ketika anak dipaksa berhadapan dengan dunia nyata.

Tindakan Pencegahan

gadget, layar, anak-anak, orang, tua, jam, usia, kesehatan, mental, obesitas, dampak, negatif, penelitian, sampel, pedoman, kriteria, aktif, olahraga, tidur, sosial, di, depan, menghabiskan, waktu, berlebihan

Ilustrasi: orang tua mengontrol penggunaan gadget anak

Apa yang harus dilakukan oleh para orangtua? Walsh menyarankan bahwa Anda bisa mengatur peraturan berkaitan dengan layar gadget, termasuk berapa lama anak-anak bisa menggunakan smartphone dan aplikasi apa yang bisa diakses anak-anak.

Orang tua juga harus meninjau game atau aplikasi yang digunakan oleh anak-anak ketika mereka bermain gadget. Kemudian, bisa dengan mencari alternatif kegiatan yang lebih melibatkan pikiran anak. Hal itu dimaksudkan supaya anak-anak lebih aktif secara sosial daripada harus sibuk di depan layar smartphone.

Menurut asosiasi dokter di Amerika Serikat dan Kanada, anak-anak pada usia 0-2 tahun disarankan untuk tidak terpapar gadget. Sementara, anak pada rentang usia 3-5 tahun dibatasi waktunya setidaknya satu jam per hari dan dua jam untuk anak usia 6-18 tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: