Daftar Makanan dan Sayuran yang Mengandung Asam Folat

Asam, folat, adalah, sayuran, mengandung, makanan, daftar, nutrisi, biji-bijian, susu, ikan, buah, efek, samping, ibu, hamil, janin, perkembangan, vitamin, B, B9, program, kehamilan, sumber, bayi, Mengonsumsi sayur dan buah-buahan (sumber: Huffingtonpost)

Wanita yang sedang atau merencanakan kehamilan biasanya akan sangat membutuhkan banyak asupan asam folat demi menunjang pertumbuhan janin dalam rahimnya. Asam folat adalah bagian dari grup vitamin B, tepatnya B9. Asam folat berperan penting dalam mendukung berbagai fungsi tubuh. Asam folat juga sangat penting untuk mencegah risiko bayi cacat lahir pada perempuan yang berencana hamil dan yang sedang hamil muda.

Asam folat sendiri sebenarnya adalah vitamin B yang penting bagi tubuh secara umum dan tidak melulu dikhususkan bagi para wanita hamil saja. Asam folat diperlukan untuk membuat materi genetik dari sel-sel (DNA), dan dengan demikian berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan. Asam folat juga penting untuk memelihara sistem saraf yang sehat serta berguna untuk pembentukan sel darah merah.

Keberadaan nutrisi ini sudah sejak lama diketahui penting sebagai pemelihara kesehatan bagi semua usia, terutama bagi ibu hamil karena banyak manfaatnya untuk bayi dalam kandungan. Para peneliti mengatakan, asupan asam folat dengan dosis yang tepat dapat mengurangi risiko gangguan kehamilan hingga 72 persen. Dilansir dari laman Alodokter, berikut beberapa keuntungan yang diperoleh tubuh jika asam folat mencukupi antara lain:

Terhindar dari anemia

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia. Asam folat kadang-kadang digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati anemia pernisiosa. Namun, itu tidak akan mengobati defisiensi vitamin B12 dan tidak akan mencegah kemungkinan kerusakan pada sumsum tulang belakang. Minumlah semua obat Anda seperti yang diarahkan oleh dokter.

Baca juga:  Bahaya Cara Mengeluarkan (Menghilangkan) Komedo Dengan Pasta Gigi

Mencegah bayi lahir cacat

Pembentukan saraf pusat sudah terjadi sejak awal janin tumbuh dalam kandungan. Asam folat sangat berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan pada otak dan saraf, seperti anensefali atau spina bifida. Nutrisi ini juga berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin. Jadi ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi lahir dalam keadaan cacat.

Asam, folat, adalah, sayuran, mengandung, makanan, daftar, nutrisi, biji-bijian, susu, ikan, buah, efek, samping, ibu, hamil, janin, perkembangan, vitamin, B, B9, program, kehamilan, sumber, bayi,

Wanita dalam kondisi hamil

Proses pembentukan sel-sel tubuh berjalan dengan baik

Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik seseorang.

Kebutuhan akan asam folat sendiri bervariasi bagi tiap individu. Beberapa hal yang mempengaruhi kebutuhan tubuh akan asam folat antara lain adalah usia dan jenis kelamin. Kondisi tertentu, seperti kehamilan, juga dapat mempengaruhi tingkat kebutuhan asam folat bagi tubuh. Umumnya konsumsi asam folat untuk pria maupun wanita yang disarankan adalah 400 mikrogram/hari untuk usia di atas 13 tahun. Sedangkan, untuk ibu hamil disarankan memenuhi 500 mikrogram/hari dari segala usia.

Baca juga:  Masalah Kulit Yang Biasa Dialami Oleh Orang Dewasa

Berbagai Jenis Makanan Kaya Asam Folat

Penting sekali manfaat asam folat bagi tubuh kita, bukan? Beruntung, makanan yang mengandung asam folat tersedia dalam jumlah yang melimpah. Asam folat secara alami bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan, di antaranya:

  • Sayur-sayuran hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, kubis, sawi hijau, lobak hijau, dan selada.
  • Buah-buahan seperti alpukat, buah bit, jus jeruk, jus tomat, pepaya, pisang, cantaloupe atau melon jingga.
  • Kedelai dan kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, Brussel sprout.
  • Biji-bijian seperti gandum dan produk olahan gandum (pasta), jagung atau tepung jagung, dan sereal.
  • Ikan salmon.
  • Hati sapi.
  • Susu dan produk olahannya.
  • Daging unggas.
  • Boga bahari (seafood).
  • Kacang lentil yang sudah dimasak.
  • Sereal yang diperkaya dengan asam folat.
  • Kuning telur.
Asam, folat, adalah, sayuran, mengandung, makanan, daftar, nutrisi, biji-bijian, susu, ikan, buah, efek, samping, ibu, hamil, janin, perkembangan, vitamin, B, B9, program, kehamilan, sumber, bayi,

Aneka sayuran hijau (sumber: yourgrocer.com)

Apabila kebutuhan asam folat tidak bisa terpenuhi dari makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau obat asam folat. Konsumsi suplemen asam folat sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter. Hal ini untuk memastikan dosis vitamin B yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Gunakan asam folat persis seperti yang telah ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengonsumsi dalam jumlah yang lebih besar atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda. Minum asam folat dengan segelas penuh air. Dokter Anda mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan khasiat terbaik dari obat asam folat.

Baca juga:  Manfaat dan Cara Berolahraga Menggunakan Foam Roller

Efek samping yang dapat dialami karena obat asam folat

Asam folat biasanya memiliki efek samping yang sangat sedikit. Jika Anda memiliki efek yang tidak biasa dari konsumsi produk ini, beritahu dokter Anda. Jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah/tenggorokan), pusing, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat asam folat, ada beberapa hal yang harus diketahui seperti, Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda pernah memiliki reaksi alergi terhadap asam folat. Jika Anda memiliki salah satu kondisi berikut ini, Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis atau menjalani pemeriksaan khusus untuk menggunakan asam folat dengan aman: penyakit ginjal (atau jika Anda harus menjalani dialisis), anemia hemolitik, anemia pernisiosa, anemia yang belum didiagnosis oleh dokter dan dikonfirmasi dengan tes laboratorium, infeksi, jika Anda seorang pecandu alkohol.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: