Manfaat & Dosis Curcuma Plus untuk Dewasa

Manfaat Minuman CurcumaManfaat Minuman Curcuma

Curcuma Plus merupakan salah satu produk suplemen yang dikenal mampu menambah nafsu makan berkat adanya kandungan temulawak di dalamnya. Curcuma Plus selama ini dikenal sebagai suplemen untuk anak-anak, namun ternyata juga diklaim aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa untuk menambah nafsu makan maupun membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Produk Curcuma Plus tersedia di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Temulawak ternyata telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti menambah nafsu makan, menyembuhkan sakit maag, batuk, asma, sariawan, panas, malaria, ambeien, sembelit, dan diare. Di samping itu, memperbanyak air susu ibu (ASI), mengobati gangguan saat nifas dan menstruasi, eksim, kencing nanah atau sifilis, kembung dan mulas, asam urat, sakit pinggang, pegal linu, hipertensi, kencing batu, membersihkan darah, kutu air, muntah-muntah, muntaber, serta mengatasi gangguan cacing pita. Pemakaian temulawak untuk pengobatan umumnya dilakukan dalam bentuk ramuan, baik tunggal maupun campuran.[1]

Nah, Curcuma Plus sendiri adalah produk suplemen untuk anak dan dewasa yang diklaim memiliki kandungan temulawak organik, minyak ikan, multivitamin, dan nutrisi pertumbuhan lainnya. Curcuma Plus diformulasi secara khusus serta memiliki manfaat untuk memperbaiki nafsu makan dan memenuhi kebutuhan multivitamin supaya anak mampu makan dengan lahap, tumbuh tinggi, dan juga sehat.

Baca juga:  Waspada, Tidak Semua Makanan Bayi Aman untuk Si Kecil

Produk besutan SOHO Global Health ini hadir dalam beberapa varian, yaitu Curcuma Plus Grow Emulsion, Curcuma Plus Sharpy, Curcuma Plus Gold, Curcuma Plus Appetite, Curcuma Plus Imuns, Curcuma Plus Fruit & Veggie, Curcuma Plus Tablet Go Talz!, hingga Curcuma Plus Gofit Gummy. Berikut ulasan lengkap produk Curcuma Plus untuk dewasa.

Curcuma untuk Dewasa - blog.pureindianfoods.com

Curcuma untuk Dewasa – blog.pureindianfoods.com

Komposisi Curcuma Plus

  • Temulawak Organik
  • Lysine
  • Vitamin B Kompleks

Kandungan Curcuma Plus

Tiap 5 ml Curcuma Plus mengandung:

  • Vitamin B1 3 mg
  • Vitamin B2 2 mg
  • Vitamin B6 5 mg
  • Vitamin B12 5 mcg
  • β-carotene 10% 4 mg
  • Dexpanthenol 3 mg
  • Curcuminoid 2 mg

Dosis& Aturan Minum Curcuma Plus

  • Dewasa: 1 sendok makan diminum sebanyak 3 kali sehari.
  • Anakusia 6 bulan – 1 tahun: 1/2 sendok makan diminum 1 kali sehari.
  • Anakusia 1-6 tahun: 1 sendok makan diminum 1 kali sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun: 1 sendok makan diminum 2 kali sehari.
Baca juga:  Rangkaian Produk Sariayu Eyeshadow Pallete Untuk Keindahan Kelopak Mata

Efek Samping Curcuma Plus

Konsumsi suplemen seperti Curcuma Plus untuk orang dewasa pada dasarnya diklaim aman tanpa efek samping. Namun demikian, beberapa orang yang sensitif terhadap kandungan di dalam suplemen Curcuma Plus mungkin mengalami beberapa efek seperti mual, muntah, dan pusing. Beberapa reaksi tersebut kabarnya jarang terjadi dan tak membutuhkan pengobatan tambahan.

Efek Samping Minuman Curcuma

Efek Samping Minuman Curcuma

Selain itu, suplemen ini mungkin saja memicu reaksi alergi parah (anafilaktik) pada sebagian orang dengan beberapa gejala seperti pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah, ruam kulit, gatal-gatal, dan juga kesulitan bernapas. Jika mengalami gejala semacam itu, sebaiknya segera hentikan konsumsi suplemen dan periksakan diri ke dokter.

Efek samping tersebut belum tentu dialami setiap orang. Apabila Anda khawatir dengan efek tertentu atau memiliki kondisi tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi Curcuma Plus.

Baca juga:  Apa Saja Perubahan Kulit Saat Hamil?

Peringatan & Perhatian Sebelum Konsumsi Curcuma Plus

  • Konsumsi obat ini setelah makan. Apabila muncul rasa tidak nyaman di pencernaan, konsumsi bersamaan dengan makanan.
  • Ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.
  • Gunakan antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat sebaiknya segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama (sekitar 5 jam atau lebih).

Dilansir dari Honestdocs, bahan aktif Curcuma Plus berupa curcumin diklaim aman untuk ibu hamil asalkan tidak dikonsumsi dalam dosis yang besar. Pasalnya, konsumsi curcumin dalam dosis tinggi bisa memicu kontraksi rahim yang berbahaya untuk ibu hamil.

[1]Afifah, E. 2003. Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit (hlm 11). Jakarta: AgroMedia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: