Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan

pernikahan, contoh, rincian, anggaran, biaya, kebutuhan, dekorasi, sewa, gedung, undangan, katering, tamu, cincin, pengantin, baju, dokumentasi, video, foto, pre-wedding, rias, makeup Pesta Pernikahan (theeverygirl.com)

Pernikahan merupakan sebuah momen yang menyatukan kedua keluarga, bukan hanya kedua mempelai saja. Untuk merayakan momen yang diinginkan terjadi sekali seumur hidup, beberapa orang rela mengeluarkan biaya berapa pun demi terwujudnya rencana impiannya.

Di sebagian orang, mungkin tidak terlalu mementingkan kapan waktunya, tetapi bisa saja di sebagian lainnya memikirkan hal tersebut. Tetapi, di balik hal tersebut, merencanakan keuangan pernikahan merupakan suatu hal yang perlu dipikirkan secara matang.

Mengadakan perayaan atau pesta pernikahan biasanya memakan dana yang tidak sedikit. Terlebih jika Anda memilih merayakannya di gedung, hotel, atau tempat lainnya. Walaupun mungkin ada yang lebih berminat menggelar pesta atau resepsi pernikahan di rumah, tetapi biaya tetap saja perlu dianggarkan.

Sebelum menentukan perkiraan mengenai seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan, mungkin sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, bagaimana cara mendapatkan dana untuk menggelar pesta pernikahan.

Menyisihkan gaji untuk tabungan pernikahan

Mulai dengan membangun komitmen untuk menyisihkan gaji Anda, bisa juga ditambah dengan gaji pasangan Anda setiap bulan. Diskusikan mengenai persentase dari gaji yang harus ditabung untuk biaya pernikahan, umumnya berkisar 20 hingga 40 persen. Misalnya, gaji Anda sebulan adalah Rp 8 juta, dan pasangan memiliki penghasilan sebesar Rp 5 juta per bulannya. Berikut disajikan ilustrasinya:

Gaji Anda: 30 persen x Rp 8 juta = Rp 2,4 juta

Gaji pasangan: 30 persen x Rp 5 juta=  Rp 1,5 juta

Tabungan per bulan: Rp 2,4 juta + Rp 1,5 juta = Rp 3,9 juta

Tabungan selama satu tahun = Rp 3,9 juta x 12 = Rp 46,8 juta

pernikahan, contoh, rincian, anggaran, biaya, kebutuhan, dekorasi, sewa, gedung, undangan, katering, tamu, cincin, pengantin, baju, dokumentasi, video, foto, pre-wedding, rias, makeup

Tabungan Pernikahan (thestar.com)

Dengan menyisihkan gaji setiap bulan, akan membantu Anda dalam menyiapkan dana untuk pernikahan. Persentase di atas bisa saja berbeda, tergantung kesepakatan Anda dengan pasangan. Pastikan bahwa Anda dan pasangan tidak menggunakan tabungan tersebut untuk keperluan di luar pernikahan hingga waktu yang telah disepakati.

Bonus tahunan

Bonus tahunan yang mungkin Anda dapatkan dari tempat kerja, bisa disisihkan untuk tambahan dana pernikahan. Persentase, atau berapa besar nominalnya, bisa Anda tentukan sendiri, atau sesuai kesepakatan Anda dengan pasangan atau keluarga.

Berinvestasi

Investasi bisa menjadi salah satu solusi mendapatkan dana pernikahan. Investasi bisa dilakukan apabila Anda sudah memiliki rencana untuk menikah, tetapi kemungkinan masih membutuhkan beberapa waktu atau tahun lagi.

Anda bisa mulai berinvestasi dari nominal yang kecil, misalnya dengan membeli emas batangan mulai dari 1 hingga 5 gram. Setelah beberapa tahun, nilai emas diperkirakan akan lebih tinggi dari harga beli, sehingga dijual kembali, Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli terdahulu. Tetapi, investasi bukan hanya dengan emas saja, masih banyak bentuk investasi yang bisa Anda lakukan. Emas bisa menjadi salah satu pilihan.

Berdiskusi dengan orangtua

Apabila orangtua Anda ingin menyumbang atau berpartisipasi dalam dana pernikahan, tidak ada salahnya untuk menghitung nominal yang akan disumbangkan. Pada umumnya, semakin besar peran orangtua dalam biaya pernikahan, semakin besar juga keikutseraan orangtua pada konsep pesta pernikahan.

Pada beberapa pasangan yang ingin merumuskan konsep sendiri tanpa campur tangan orang tua, hal ini bisa menjadi masalah. Pilihannya bisa jadi pesta sederhana namun bebas campur tangan orang tua, atau pesta dengan sedikit mewah dengan konsep orang tua dan banyaknya undangan/kolega orang tua.

Sebaiknya hindari berutang untuk resepsi pernikahan dan berpikir untuk membayarnya dari angpau yang didapat dari tamu. Angpau yang didapat umumnya tidak mencapai 50% dari biaya pernikahan.

Anda perlu memikirkan kembali tujuan membuat pesta pernikahan. Sebaiknya tidak untuk menuruti rasa gengsi, supaya Anda tidak kesulitan sendiri pada saat merancang segala keperluannya. Untuk lebih memudahkan, Anda sebaiknya menggelar pesta pernikahan sesuai dengan kemampuan.

Mengatur biaya pernikahan

pernikahan, contoh, rincian, anggaran, biaya, kebutuhan, dekorasi, sewa, gedung, undangan, katering, tamu, cincin, pengantin, baju, dokumentasi, video, foto, pre-wedding, rias, makeup

Rincian Anggaran Biaya Pernikahan (wednet.com)

Untuk menghemat biaya, mungkin Anda bisa menggunakan bantuan keluarga atau sahabat untuk merencanakan pernikahan, tanpa perlu menggunakan jasa Wedding Organizer (WO). Penghematan biaya juga bisa dilakukan untuk foto pre-wedding. Apabila Anda memiliki teman atau saudara yang bisa diajak kerjasama untuk mengambil foto, maka Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk biaya lebih ringan.

Selain itu, untuk foto pre-wedding, mungkin Anda tidak perlu melakukan pengambilan foto di luar negeri atau luar kota. Cukup tentukan konsep sesuai keinginan, dengan beberapa peralatan dan juga perlengkapan yang tersedia.

Setelah mengetahui sumber dana pernikahan, selanjutnya Anda perlu membuat rincian biaya apa saja kira-kira yang harus dikeluarkan, mulai dari biaya sewa gedung (di sini dimisalkan Anda akan mengadakan pesta pernikahan di gedung).

Biaya sewa gedung

Untuk biaya sewa gedung, biasanya ditentukan berdasarkan jumlah tamu undangan yang akan hadir. Jika memang dana pernikahan Anda terbatas, maka pastikan undangan yang dibagikan hanya berlaku untuk 2 (dua) orang. Selain itu, sebaiknya pilih ruangan gedung yang tidak terlalu luas agar lebih hemat, tetapi cukup untuk menampung semua tamu. Pilihan gedungnya, bisa didapatkan dari rekomendasi teman, sahabat, rekan kerja, atau keluarga.

Biaya undangan dan souvenir

Undangan bisa sesuai dengan selera. Anda bisa membuat undangan dengan kesan mewah atau sederhana, tergantung keinginan dan kemampuan. Sebelum mencetak undangan, Anda perlu mengetahui siapa saja tamu yang ingin diundang, kemudian buat daftar tamu.

Dalam undangan, sebaiknya cantumkan keterangan yang jelas, mengenai hari, tanggal, jam, lokasi beserta denahnya. Sedangkan, untuk souvenir, Anda mungkin bisa membuat sendiri dibantu oleh beberapa orang. Tetapi, apabila ingin yang praktis, Anda bisa memesannya di beberapa orang yang menjual souvenir pernikahan.

Biaya katering

Jasa katering merupakan sesuatu yang tidak bisa Anda tinggalkan ketika akan mengadakan pesta pernikahan. Pemilihan jasa katering bisa dilakukan berdasarkan rekomendasi orang-orang di sekitar Anda.

Jasa katering biasanya telah memilih beberapa paket atau menu yang bisa dipilih. Jika Anda memilih menyajikan menu prasmanan, maka bisa memilih menu-menu utama dan sampingan. Disarankan, makanan yang disajikan jumlahnya cukup untuk tamu yang datang. Dan, untuk pemilihan menu, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan maupun keluarga.

Sebelum memilih jasa katering, ada baiknya Anda mencoba untuk mencicipi beberapa menu makanan yang akan disajikan. Tetapi, mungkin tidak semua katering bisa melakukannya. Dan, yang tidak kalah penting adalah kebersihan perlengkapan makan dari jasa katering tersebut, dan juga kebersihan lainnya. Untuk membuat acara berjalan sesuai rencana, Anda sebaiknya berkoordinasi dengan pihak jasa katering jika ada hal-hal yang ingin disampaikan.

pernikahan, contoh, rincian, anggaran, biaya, kebutuhan, dekorasi, sewa, gedung, undangan, katering, tamu, cincin, pengantin, baju, dokumentasi, video, foto, pre-wedding, rias, makeup

Resepsi Pernikahan (janediaries.com)

Apabila Anda memilih tidak menggunakan jasa katering, bisa menggunakan jasa-jasa tetangga atau saudara yang bisa memasak dalam jumlah cukup banyak. Jika memilih cara ini, maka Anda menyiapkan dana untuk pembelian bahan baku, dan lainnya.

Biaya rias pengantin

Biaya rias pengantin juga merupakan salah satu komponen biaya yang tidak boleh ditinggalkan. Beberapa jasa rias pengantin biasanya telah menyediakan paket rias pengantin. Beberapa ada yang melayani jasa rias pengantin dengan orangtua mempelai, penerima tamu, dan saudara. Tetapi, ada juga yang tidak melayaninya.

Selain biaya rias pengantin, pastikan Anda juga memikirkan biaya untuk busana pengantin, busana orangtua pengantin, keluarga, penerima tamu, pagar ayu, dan lainnya. Tidak hanya busana, biaya untuk aksesoris yang digunakan juga perlu dipikirkan.

Biaya dekorasi

Ketika memikirkan pesta pernikahan, pastinya Anda akan merencanakan mengenai biaya dekorasi. Baik di dalam gedung atau di rumah misalnya, Anda juga tetap memerlukan dekorasi. Biasanya, untuk pesta pernikahan di gedung, sudah disediakan jasa dekorasi menjadi satu paket.

Dekorasi yang bisa dipilih juga beragam, mulai yang sesuai adat, tema internasional, tema sederhana, dan beberapa tema lainnya. Sekali lagi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan.

Biaya dokumentasi

Pesta pernikahan yang diselenggarakan belum cukup jika tidak didokumentasikan. Jasa dokumentasi juga sudah tersedia cukup banyak di pasaran, mulai dari yang menawarkan paket foto dengan video, ada pula yang hanya menawarkan salah satunya.

Biaya hiburan (opsional)

Untuk biaya hiburan, Anda bisa menambahkan ke dalam daftar anggaran, bisa juga tidak. Hiburan di sini bisa berupa pembawa acara, band/penyanyi, musik, audio berupa speaker, dan lainnya.

Selain beberapa biaya di atas, mungkin masih ada beberapa biaya lain, misalnya biaya untuk sewa kursi (apabila Anda mengadakan pesta di rumah), cincin nikah, dan beberapa biaya lainnya. Untuk memudahkan, Anda bisa melihat contoh rincian anggaran biaya pernikahan, kemudian membuatnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan

pernikahan, contoh, rincian, anggaran, biaya, kebutuhan, dekorasi, sewa, gedung, undangan, katering, tamu, cincin, pengantin, baju, dokumentasi, video, foto, pre-wedding, rias, makeup

Pesta Pernikahan (vogue.com)

Komponen Biaya Harga (Rp)
Gedung
Termasuk biaya dekorasi, katering, MC

bonus: 100 siomay & 2 galon es krim

42.000.000 (untuk 50 porsi)
Tambahan: 3 gubuk 9.000.000 (untuk 150 porsi)
Pengantin
Gaun pengantin 18.000.000 (sewa)
Makeup + retouch
Jas pria 1.675.000 (sewa)
Souvenir 500.000 (200 buah)
Foto pre-wedding indoor + outdoor 1.350.000 (indoor mendapatkan 10 lembar, sedangkan untuk outdoor 20 lembar foto)
Foto canvas ukuran 60 x 90 900.000 (1 buah)
Foto + video liputan (semi candid), album foto liputan 1.500.000 (2 buah @ 10 sheet)
Undangan
Kartu undangan sebanyak 400 kartu @ Rp 6.000 + foto Rp 175.000 2.575.000
Hand bouquet fresh flower 250.000
Baju untuk ibu mempelai putri dan putra 4.600.000
Makeup penerima tamu (4 orang) 2.000.000
Cincin pengantin 2.385.000
Total biaya 86.735.000

Rincian biaya di atas merupakan salah satu contoh dalam menyusun anggaran pernikahan. Besarnya nominal masing-masing orang tentu saja berbeda, disesuaikan dengan tema dan konsep pesta pernikahan yang direncanakan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: