Waspada Abal-Abal, Ini Tips Cerdas Memilih Kosmetik Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi: aneka varian produk kosmetikIlustrasi: aneka varian produk kosmetik

Produk kosmetik dan skincare saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib, baik bagi wanita maupun pria. Sementara ada banyak produk kosmetik beredar di pasaran, pernahkah Anda menjumpai produk palsu? Tentunya, produk abal-abal seperti ini dapat membahayakan kulit Anda. Untuk menghindari efek sampingnya, Anda harus mengetahui ciri produk kecantikan yang aman.

Efek Samping Kosmetik Abal-Abal

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam Peraturan Kepala BPOM RI Nomor HK.03.1.23.08.11.07331 tahun 2011 tentang Metode Analisis Kosmetik, kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar), atau gigi dan membran mukosa mulut, terutama untuk membersihkan, mewangikan, dan mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Berdasarkan jenisnya, kosmetik dibedakan menjadi 2, yaitu kosmetik riasan (make up) yang merupakan bahan untuk merias atau memperindah tampilan kulit, dan skincare yang dipakai untuk memelihara kebersihan, kesehatan, dan menghilangkan kelainan pada kulit.[1] Karena fungsinya yang berbeda, tak jarang orang membeli kosmetik dengan dua varian sekaligus. Ini demi kulit yang sehat sekaligus indah.

Ilustrasi: aplikasi make up wajah

Ilustrasi: aplikasi make up wajah

Sayangnya, dilansir dari HuffPost, produk kosmetik yang dijual di pasaran tidak semuanya baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Hal ini karena ada beberapa pabrik make up atau skincare yang ingin meraup keuntungan lebih dengan cara yang curang. Tak jarang pabrik tersebut menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam pembuatan produk.

Baca juga:  Persiapan Umroh untuk Wanita: Siapkan 5 Hal Ini!

Kebanyakan pabrik pembuat make up berbahaya adalah produsen ilegal yang memalsukan produk kecantikan. Produk abal-abal ini dikemas dalam kemasan yang mirip dengan produk aslinya. Namun, untuk komposisi dan formula produk, tentu jelas berbeda.

Penggunaan produk palsu atau ilegal tentunya akan berdampak pada kecantikan dan kesehatan kulit. Secara umum, produk ilegal dapat menyebabkan gejala alergi dan kerusakan kulit, seperti jerawat, pengelupasan kulit, ruam kemerahan, gatal-gatal, sensasi panas, dan masih banyak lagi.

Efek samping yang disebabkan oleh produk kecantikan palsu biasanya tidak hanya berlangsung sebentar, bahkan tak jarang ada pasien yang mengalaminya dalam waktu lebih dari sebulan. Jika ini sudah terjadi, mau tak mau, Anda harus menghabiskan banyak biaya untuk berobat ke dokter kulit. Padahal, harga make up atau skincare abal-abal tersebut terbilang lebih murah daripada harga berobat.

Baca juga:  Bagaimana Mendapatkan No-Makeup Makeup Look yang Awet?

Lalu, untuk menghindari semua hal itu, apa yang harus Anda lakukan? Salah satu cara paling ampuh untuk menghindari efek samping pemakaian produk palsu, tentu saja  menjauhi produk tersebut. Untuk menghindari pemakaian produk abal-abal, Anda harus tahu ciri produk yang aman di kulit.

Ciri Produk Kosmetik Aman

Ilustrasi: produk kosmetik perawatan wajah

Ilustrasi: produk kosmetik perawatan wajah

  • Tidak mengandung merkuri. Salah satu ciri produk aman dan asli, yaitu tidak mengandung merkuri. Untuk mengetahui apakah kosmetik tersebut bebas merkuri, Anda bisa melihat label komposisi produk. Meskipun merkuri dapat membuat kulit menjadi putih dalam waktu singkat, efek samping penggunaannya sangat berbahaya bagi kulit. Bahkan, tak jarang orang mendapati wajah mereka gosong dan keracunan akibat merkuri.
  • Tidak mengandung hidroquinon. Perlu Anda ketahui, peran hidrokuinon dalam produk kosmetik adalah untuk memutihkan kulit dengan cara merusak pigmennya. Meskipun dapat memutihkan kulit, hidroquinon juga dapat membuat kulit menjadi kemerahan, panas, gatal, dan mengelupas.
  • Produk terlalu murah. Waspadalah jika Anda menemukan produk berkualitas tinggi dengan harga murah, karena bisa jadi itu adalah produk palsu. Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan harga produk, dan membeli produk di outlet kosmetik secara resmi. Memang untuk menarik perhatian konsumen, pedagang produk palsu suka menjual barangnya dengan harga super miring.
  • Aroma produk yang terlalu tajam. Sebelum memakai produk, sebaiknya Anda mengecek aromanya. Produk yang aman dan asli biasanya tidak memiliki aroma menyengat, karena tidak mengandung bahan berbahaya. Sebaliknya, pada produk palsu atau berbahaya, untuk menutupi aroma zat kimia, biasanya ditambah dengan wewangian yang menyengat.
Baca juga:  Efek Samping Berhenti Konsumsi Pil KB

Itulah beberapa ciri produk yang aman bagi kulit. Hindari penggunaan produk palsu dan berbahaya agar kulit Anda tetap terjaga kecantikannya. Selain itu, sebelum membeli produk, sebaiknya Anda mengecek nomor BPOM yang ada pada kemasan. Jika nomor BPOM terbukti terverifikasi, maka produk dipastikan aman untuk kulit Anda.

[1] Briliani, Rizka Asri, dkk. 2016. Analisis Kecenderungan Pemilihan Kosmetik Wanita di Kalangan Mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Diponegoro Menggunakan Biplot Komponen Utama. Jurnal Gaussian, Vol. 5(3): 545-551.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: