Ketahui Ciri-ciri Kecemburuan Tidak Normal Dan Cara Mengatasinya Secara Dewasa

Cemburu pada pasangan (sumber: india.com) Cemburu pada pasangan (sumber: india.com)

Setiap orang pasti pernah merasakan cemburu, baik wanita maupun pria. Kecemburuan dalam batasan sewajarnya masih bisa dikategorikan normal dan hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kekurangan masing-masing dan sering tidak merasa puas diri terhadap apa yang telah diraihnya. Sehingga selalu merasa kekurangan dan cemburu terhadap apa yang sudah dimiliki oleh orang lain. Karena itu Anda harus mengetahui ciri-ciri kecemburuan yang tidak normal dan cara mengatasinya secara dewasa.

Kecemburuan dalam sebuah hubungan terkadang melampaui batas hingga menjadi tidak normal dan biasanya mendorong keinginan untuk mengontrol orang lain. Perilaku ini dapat digolongkan menyimpang dan condong ke arah posesif. Jika Anda merasa memiliki perilaku dengan ciri-ciri di atas, sebaiknya mulailah untuk mengevaluasi diri. Pertanyakan kebutuhan emosional Anda yang memicu rasa cemburu. Pikirkan bagaimana kebutuhan tersebut tercermin dalam cara Anda memperlakukan orang lain. Jika Anda memiliki tanda-tanda kecemburuan tidak normal, carilah bantuan terapis profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

Faktor Penyebab Kecemburuan

Takut kehilangan

Dalam sebuah hubungan, ketika Anda sudah sangat mencintai seseorang pasti ada rasa takut kehilangan. Inilah dasar kecemburuan. Apalagi dengan kondisi pasangan yang memiliki segala hal dan kelebihan yang diinginkan banyak orang. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang juga ingin berpasangan dengannya.

Rasa takut kehilangan bisa juga dipicu karena pasangan mulai sibuk sendiri, kurang meluangkan waktu atau jarang bersedia menemani pada acara-acara tertentu. Alhasil, rasa cemburu itu akan muncul dan bisa menjadi semakin besar jika tidak dikendalikan.

Bagi Anda yang sedang mengalami perasaan ini, jangan khawatir. Sebaiknya gunakan waktu luang Anda untuk bersenang-senang dan melakukan kegiatan positif. Jangan habiskan energi Anda hanya untuk menghubungi pasangan Anda berkali-kali lewat pesan singkat dan telepon. Karena hal tersebut akan mengganggu pasangan dan dapat memperburuk hubungan kalian.

Baca juga:  Berhubungan Intim Pasca Persalinan Normal
Perasaan takut kehilangan (sumber: independent.co.uk)

Perasaan takut kehilangan (sumber: independent.co.uk)

Merasa Dikhianati

Untuk poin ini, tidak harus merasa dikhianati oleh lawan jenis. Rasa cemburu bisa juga terjadi dalam lingkungan pertemanan. Misalnya ketika Anda tidak diundang ke suatu pesta, sedangkan teman Anda yang lain diundang. Pasti sedih ketika seseorang yang Anda anggap teman ternyata tidak merasakan hal yang sama terhadap Anda.

Contoh kedua, misalnya Anda memiliki sahabat karib yang sudah berteman bertahun-tahun. Lalu sahabat Anda juga memiliki teman lain yang agaknya sangat dekat. Anda bisa saja cemburu dan merasa dikhianati ketika sahabat Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan temannya yang lain tanpa mempetimbangkan Anda.

Rendahnya Kepercayaan Diri

Percaya atau tidak, seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah sangat mudah cemburu. Kecemburuan ini bisa dipicu oleh banyak hal, misalnya orang tersebut punya kekurangan secara fisik, materi, atau hal lainnya. Ketika kecemburuan ini semakin parah, ia bisa berperilaku menyimpang untuk meraih semua kelebihan yang diinginkan. Misalnya melakukan operasi plastik agar cantik/tampan, menjual diri untuk mendapatkan banyak uang dengan mudah, bahkan menikahi pria/wanita kaya yang usianya terpaut sangat jauh agar dapat menikmati kehidupan mewah yang diidamkan. Masalah kepercayaan diri ini yang paling sulit ditangani. Butuh waktu lama bagi orang yang memiliki kepercayaan diri rendah agar dirinya merasa berharga.

Keraguan

Merasa ragu hubungan akan berhasil dengan baik juga memicu kecemburuan. Keraguan itu sendiri sebenarnya bisa disebabkan banyak hal. Di antaranya pengkhianatan, kurangnya kepercayaan pada pasangan, pernah trauma akan hubungan di masa lalu, dan lingkungan sekitar. Kalau kadarnya sedikit, cemburu bisa menjadi bumbu yang manis dalam cinta. Tetapi kalau kadarnya sudah melebihi batas wajar, Anda tahu bagaimana harus mengendalikannya.

Baca juga:  Alasan Mengapa ‘Me Time’ Terlihat Sulit Dilakukan

Cara Mengatasi Rasa Cemburu

Cemburu pada pasangan (sumber: sharecare.com)

Cemburu pada pasangan (sumber: sharecare.com)

Ketahui Alasan Cemburu

Sebenarnya perasaan cemburu ini bisa timbul sebagai akibat dari beberapa permasalahan yang ada. Cari tahu dulu mengapa Anda bisa merasakan cemburu. Apakah Anda takut kehilangan perhatian dari orang yang disayangi, ataukah karena sebab lain yang bahkan tidak disadari. Jika Anda bisa mengatasi penyebabnya, maka Anda bisa mengendalikan perasaan cemburu itu sendiri.

Lupakan Masa Lalu

Salah satu penyebab utama perasaan cemburu adalah karena Anda tidak bisa menemukan cara melupakan masa lalu. Padahal jika Anda sudah berniat menjalani hubungan dengan seseorang, maka itulah saatnya Anda melihat ke masa depan. Carilah cara untuk melupakan rasa sakit hati Anda yang berkaitan dengan pengalaman yang lalu.

Buang Pikiran Negatif

Pikiran negatif adalah sumber kecemburuan. Karena itu kurangilah pikiran negatif yang membuat Anda berimajinasi berlebihan, supaya tidak sering bertengkar dengan pasangan atau orang terdekat Anda dan menjadi kandasnya suatu hubungan.

Cari Kegiatan Positif

Cemburu bisa muncul karena Anda tidak punya kegiatan untuk mengisi waktu atau menyibukkan diri sebagai cara menghilangkan kejenuhan. Jika Anda tidak punya kegiatan, maka pikiran Anda akan memberi sugesti ke berbagai hal yang buruk. Salah satu hasil dari pikiran buruk itu adalah rasa cemburu yang berlebihan. Isilah waktu dengan kegiatan yang bisa membuat Anda tetap sibuk dan tidak punya waktu untuk memikirkan kecemburuan tersebut.

Cemburu

Cemburu

Bangun Rasa Percaya Diri

Jika Anda mempunyai rasa percaya terhadap diri sendiri maka tidak akan mudah untuk dihinggapi perasaan cemburu. Cemburu seringkali berakar pada rasa rendah diri, merasa orang lain memiliki kelebihan yang tidak Anda miliki. Anda bisa mulai dengan meningkatkan sifat-sifat baik Anda agar kepercayaan diri bertambah.

Baca juga:  5 Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari yang Tidak Boleh Dilewatkan

Cari Teman Bicara

Terkadang perasaan cemburu sangat sulit diatasi dan membuat Anda tidak bisa mengontrol emosi. Dalam keadaan seperti ini ada baiknya mencari seseorang untuk berbagi cerita. Mengeluarkan isi hati dan pikiran Anda dengan orang lain lebih baik daripada mencoba memendam semuanya sendirian. Jika Anda memendam beban sendirian, bisa jadi suatu saat semuanya bisa meledak bagai bom yang menunggu waktu. Bercerita kepada seseorang yang ahli di bidangnya juga merupakan kesempatan yang bagus untuk meminta nasihat dan saran agar Anda bisa tahu cara bersikap tenang ketika ada masalah.

Kurangi Ketergantungan Pada Orang Lain

Penyebab kecemburuan di antaranya karena Anda terlalu terikat pada seseorang. Akibatnya Anda akan merasa sangat tergantung kepadanya dan akan merasa tersisih apabila ada hal lain atau orang lain yang masuk ke dalam kehidupan orang yang Anda sayangi. Kurangilah ketergantungan itu dengan mencari kegiatan lain untuk menyibukkan diri Anda. Mulailah belajar bersikap mandiri dan mencari kesibukan sebagai aktivitas yang dilakukan ketika bosan, sehingga tidak ada waktu untuk bersikap cemburu.

Demikian ciri-ciri kecemburuan dan cara mengatasinya. Rasa cemburu tidak hanya berasal dari satu pihak saja, melainkan bisa juga dialami oleh kedua pihak dalam satu hubungan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda dan lingkungan sosial Anda harus bisa menemukan cara berkomunikasi yang baik agar masalah utama yang menyebabkan kecemburuan dapat diatasi. Jangan biarkan rasa cemburu berlarut-larut yang menyebabkan kandasnya hubungan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: