Ciri-Ciri & Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Jerawat Batu - www.salubre.com.au

biasanya menjadi permasalahan utama yang melanda kalangan remaja hingga orang dewasa. Yang lebih menyebalkan, ternyata bisa menyerang laki-laki maupun perempuan. Meski wujudnya kecil, namun pada beberapa kasus rupanya banyak pula orang yang mengalami cystic acne alias batu yang rasa sakitnya lebih parah dibandingkan biasa.

Jerawat batu adalah salah satu jerawat dengan peradangan hebat yang berkumpul sehingga ukurannya cukup besar. Cystic acne ini tak hanya dapat ditemui di , tetapi juga bisa muncul di punggung atau area tubuh lain. Jerawat ini biasanya diakibatkan oleh infeksi bakteri yang menyebar di bagian dalam. Kabar buruknya, selain menimbulkan rasa yang menyakitkan, ternyata jerawat batu juga berpotensi untuk menimbulkan bekas luka yang sulit hilang bila tidak Anda tangani dengan benar.

Cystic acne sendiri ternyata bukan hanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada kulit. Faktor keturunan juga cukup berpengaruh terhadap kemunculan jerawat batu di wajah Anda. Apabila salah satu orang tua Anda mengalami jerawat batu, maka Anda juga harus bersiap untuk mengalami hal yang serupa. Biasanya wanita mengalami jerawat batu di area pipi, dagu, atau hidung.

Menghilangkan Jerawat Batu - www.detikkesehatan.com

Menghilangkan Jerawat Batu – www.detikkesehatan.com

Karena memiliki ciri-ciri fisik berupa ukuran yang cukup besar dan mengganggu, beberapa orang biasanya memutuskan untuk memencet jerawat batu untuk mengeluarkan isi dari jerawat itu sendiri. Namun ini biasanya justru membuat wajah Anda terluka dan meninggalkan bekas. Lalu bagaimana mengatasi jerawat batu yang benar? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba.

Menggunakan Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Obat jerawat memang tak akan memberikan efek yang sama pada jerawat kistik karena jerawat tipe ini hidup di bawah permukaan kulit Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan eksfoliasi kulit secara lembut dengan menggunakan pembersih yang mengandung salisilat. Namun perlu diingat, bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya tetap menggunakan pembersih Anda biasanya dan gunakan pembersih salisilat hanya pada noda atau jerawat saja.

Mengatasi Bengkak

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah meredakan bengkak yang timbul dari jerawat batu. Cara alami yang mungkin sudah banyak Anda dengar yakni dengan mengompres jerawat menggunakan es batu. Suhu dingin dari es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah. Caranya cukup dengan membungkus handuk kertas dengan handuk atau lap bersih, kemudian tempelkan di benjolan jerawat Anda untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Dermatolog umumnya menganjurkan Anda untuk mengompres jerawat sebanyak 3 kali dalam 1 jam dengan interval 10 menit. Contoh: 10 menit dikompres, 10 menit kompres dilepas. Anda bisa melakukan ini setelah Anda mencuci muka sebab mencuci muka setelah mengompres wajah justru akan kembali menghangatkan wajah Anda dengan cepat.

Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Salah satu yang bisa menghancurkan bakteri penyebab jerawat di dalam folikel adalah benzoil peroksida (Benzoyl peroxide). Agar tidak iritasi, Anda bisa mengoleskan pelembap ringan terlebih dahulu ke kulit, kemudian oleskan salep atau krim benzoil peroksida (dengan persentase terendah) tepat pada bagian jerawat. Apabila Anda merasakan sensasi seperti terbakar atau terlalu menyengat di kulit, itu tandanya kadar benzoil peroksida tersebut terlalu tinggi, Anda harus segera mencuci wajah.

Meredakan Kulit Kemerahan

Krim-krim hidrokortison mengandung steroid dosis rendah yang dapat membantu mengecilkan jerawat dan meredakan kulit kemerahan. Semakin banyak hidrokortison yang Anda aplikasikan, maka akan semakin efektif hasilnya. Anda bisa mengaplikasikan hidrokortison setelah benzoil peroksida di wajah Anda kering.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: