Cara Tepat Membersihkan Wajah dengan Susu Pembersih

Ilustrasi: membersihkan wajah dengan produk pembersih (sumber: beautymaniacnotesbook.com)Ilustrasi: membersihkan wajah dengan produk pembersih (sumber: beautymaniacnotesbook.com)

Bagi Anda yang doyan menggunakan make up atau skincare, pastinya tidak asing dengan milk cleanser atau biasa dikenal sebagai susu pembersih. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika membersihkan wajah dengan susu pembersih, pastinya dengan cara yang benar dan tepat.

Susu pembersih atau milk cleanser sendiri merupakan krim yang memiliki tekstur mirip dengan krim susu. Milk cleanser berfungsi untuk membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran pada wajah. Cara kerja produk tersebut, yaitu dengan mengangkat sisa-sisa make up serta minyak yang sulit dihilangkan dengan sabun wajah.[1]

Dilansir dari Kompas, untuk membersihkan wajah menggunakan susu pembersih, Anda tidak perlu menggunakan sabun wajah terlebih dahulu. Pasalnya, akan lebih mudah dan cepat jika Anda membersihkan wajah menggunakan milk cleanser, kemudian dilanjutkan dengan sabun wajah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan wajah, Anda perlu mengikat rambut Anda. Ikat rambut Anda tinggi-tinggi dengan gaya ekor kuda atau bun. Akan lebih mudah lagi jika Anda menggunakan bandana untuk mencegah rambut atau poni jatuh ke depan.

Baca juga:  Apa yang Terjadi pada Kulit Selama di Rumah Saja?

Setelah itu, ambil milk cleanser yang biasa Anda gunakan. Jika Anda belum pernah menggunakan susu pembersih, pilihlah produk yang bahannya ringan dan cocok untuk kondisi kulit Anda. Beberapa produk susu pembersih yang terlalu berminyak kurang cocok untuk wajah berjerawat.

Ilustrasi: kosmetik susu pembersih (sumber: shape.com)

Ilustrasi: kosmetik susu pembersih (sumber: shape.com)

Anda juga harus memperhatikan produk susu pembersih. Sebagian produk bisa digunakan dengan air hangat dan perlu dipanaskan terlebih dahulu, tetapi sebagian yang lain tidak. Jika Anda menggunakan milk cleanser tipe panas, Anda tentu saja perlu memanaskannya terlebih dahulu.

Cuci tangan Anda menggunakan sabun hingga bersih, dan tuangkan pada telapak tangan secukupnya. Anda bisa memperkirakan sendiri banyaknya produk susu pembersih yang harus Anda tuangkan. Setelah itu, oleskan pada permukaan wajah secara merata.

Produk susu pembersih tidak bisa mengangkat kotoran dengan baik jika hanya didiamkan begitu saja. Dengan jari-jari Anda, pijat permukaan kulit secara perlahan dan lembut sesuai dengan alur kulit Anda. Lakukan hal tersebut selama 3 menit hingga milk cleanser sedikit berubah warna dan tidak terlalu creamy.

Baca juga:  Cegah Kambuh, Ini Rekomendasi Bahan Penangkal Jerawat

Jika milk cleanser sudah mulai berubah warna, artinya produk tersebut mulai bekerja membersihkan kulit wajah Anda. Bilas wajah Anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori Anda sedikit. Lalu, gunakan sabun wajah untuk membersihkan kulit tahap dua. Ini sangat penting untuk menghilangkan kandungan minyak pada milk cleanser yang masih tersisa di permukaan kulit. Beberapa produk susu pembersih kadang masih menyisakan minyak yang membuat kulit agak lengket.

Bilas lagi wajah Anda dengan air biasa untuk menutup pori-pori. Anda juga bisa menggunakan air dingin agar pori-pori cepat kembali ke ukuran semula. Setelah itu, keringkan wajah pakai handuk. Cara mengeringkan wajah dengan handuk tidak boleh digosok, tetapi hanya ditepuk-tepuk saja secara perlahan ke permukaan kulit muka. Menggosokkan handuk pada wajah dapat berisiko iritasi dan pengelupasan permukaan kulit secara paksa.

Ilustrasi: wanita mengaplikasikan krim wajah (sumber: southernliving.com)

Ilustrasi: wanita memakai skincare (sumber: southernliving.com)

Setelah menggunakan milk cleanser, gunakan pelembap dan berbagai macam skincare lainnya, seperti serum atau essence. Ini akan menutrisi kulit dan membantu kulit menjadi lebih tenang setelah dibersihkan. Selain itu, penggunaan produk-produk perawatan kulit setelah menggunakan susu pembersih, dapat membuat kulit lebih cerah dan elastis.

Baca juga:  Apa Saja Bahan Terbaik untuk Masker Antivirus?

Susu pembersih sendiri tidak harus digunakan untuk membersihkan make up. Anda bisa memakainya untuk membersihkan kotoran di wajah akibat debu dan sebum. Penggunaan milk cleanser yang tepat, yaitu di pagi hari sebelum menggunakan produk skincare atau make up, dan pada malam hari sebelum tidur.

Beberapa varian susu pembersih juga dilengkapi dengan bahan-bahan untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Bahkan, Anda bisa menggunakan milk cleanser untuk melembapkan, menghaluskan, dan menjaga elastisitas kulit.

Tidak sulit menemukan produk susu pembersih, karena Anda bisa mendapatkannya di toko kosmetik atau minimarket terdekat. Sudah ada banyak produk milk cleanser dengan berbagai macam varian, mulai dari susu pembersih untuk kulit berjerawat, kulit kering, kulit berminyak, hingga kulit sensitif.

[1] Buang, Ariyani dkk. 2019. Uji Efektivitas Antibakteri Sediaan Susu Pembersih (Milk Cleanser) Sari Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) terhadap Propionibacterium acne Penyebab Jerawat. Majalah Farmasi Nasional, Vol. 16(1): 37-47.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: