Cara Mengecat Rambut Sendiri Tanpa Bleaching, Bisa Dilakukan di Rumah

Cara, Praktis, Mewarnai, Rambut, Sendiri, rumah, mudah, hemat, produk, merek, cat, varian, harga, jual, beli, murah, grosir, salon, daftar, alat, bahan, alami, komposisi, uji, kecocokan, warna, populer, fashion, wanita, trending, garnier, manfaat, kandungan, perawatanMemilih warna cat rambut di salon

Selain pakaian, rambut juga menjadi salah satu hal yang penting jika Anda ingin tampil fashionable di mata publik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tak jarang kaum wanita bahkan pria memutuskan untuk mewarnai rambutnya di salon. Sayangnya, biaya cat rambut di salon tidak sedikit, apalagi jika Anda ingin menggunakan cat rambut bermerek. Sebagai solusi sehat, Anda bisa mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis.

Mewarnai rambut sendiri sebenarnya adalah tindakan untuk mengubah warna rambut dan menutupi warna rambut asli sesuai dengan warna yang diinginkan. Secara alami, Anda bisa menggunakan bahan herbal untuk mewarnai rambut, seperti biji-bijian atau tanaman yang menghasilkan warna.[1]

Bagaimana Memilih Cat Rambut yang Tepat?

Jika Anda ingin yang lebih praktis dan mudah, Anda bisa menggunakan berbagai macam produk cat rambut yang sudah beredar di pasaran. Anda bebas menggunakan varian cat warna rambut sesuai dengan keinginan Anda. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk rambut Anda atau tidak.

Cara, Praktis, Mewarnai, Rambut, Sendiri, rumah, mudah, hemat, produk, merek, cat, varian, harga, jual, beli, murah, grosir, salon, daftar, alat, bahan, alami, komposisi, uji, kecocokan, warna, populer, fashion, wanita, trending, garnier, manfaat, kandungan, perawatan

Pewarnaan rambut tanpa bleaching

Dilansir dari Huffington Post, sebelum membeli cat rambut yang Anda sukai, Anda perlu bertanya kepada penjualnya atau bertanya pada pakarnya mengenai produk tersebut. Tanyakan apakah warna pilihan Anda adalah warna yang tepat untuk Anda, dan tanyakan pula komposisi produk tersebut.

Baca juga:  Seputar Eyelash Extension Beserta Kekurangan & Kelebihannya

Memang, Anda bisa mengetahui semua itu dengan hanya melihat contoh hasil akhir pewarnaan pada gambar model di bagian kemasan dan melihat komposisinya di bagian kemasan. Namun, yang perlu Anda ketahui, ada beberapa bahan yang mungkin tidak Anda mengerti dan perlu ditanyakan kepada ahlinya.

Selain itu, hasil akhir penggunaan suatu produk pada tiap orang akan berbeda. Anda tidak bisa memperkirakannya hanya dengan melihat dari foto model di kemasan produk. Para ahli biasanya akan lebih tahu hasil akhir penggunaan cat rambut Anda. Apalagi, ada beberapa produk pewarna rambut yang biasanya akan lebih gelap atau terang warnanya saat digunakan pada jenis rambut yang berbeda.

Setelah Anda mengetahui varian warna dan produk yang tepat, saatnya Anda melakukan uji kecocokan terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk memutuskan apakah Anda benar-benar akan menggunakan produk tersebut atau tidak. Cara uji kecocokan dilakukan dengan membuka kemasan cat rambut dan mengoleskannya sedikit ke bagian kulit di belakang telinga.

Baca juga:  Fungsi Krim Siang dan Malam Pond’s Flawless White Beauty

Biarkan cat menempel selama 30 menit hingga 4 jam. Jika Anda merasakan gejala iritasi, seperti kulit yang kemerahan, gatal, sensasi terbakar, dan kulit mengelupas, tandanya Anda tidak cocok menggunakan produk tersebut. Sebaiknya Anda mencari produk lain yang tidak menyebabkan iritasi.

Bagaimana Cara Mewarnai Rambut Sendiri?

Setelah Anda menemukan varian warna dan produk yang tepat, saatnya Anda mewarnai rambut Anda sendiri. Mewarnai rambut sendiri di rumah tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan produk pewarna rambut, jepit rambut, sisir kuas untuk mewarnai rambut, mangkuk plastik, sarung tangan, dan kain penutup baju.

Cara, Praktis, Mewarnai, Rambut, Sendiri, rumah, mudah, hemat, produk, merek, cat, varian, harga, jual, beli, murah, grosir, salon, daftar, alat, bahan, alami, komposisi, uji, kecocokan, warna, populer, fashion, wanita, trending, garnier, manfaat, kandungan, perawatan

Mewarnai rambut bisa dilakukan sendiri di rumah

Langkah pertama, kenakan kain penutup untuk melindungi baju Anda dan duduklah di kursi yang menghadap cermin. Jepit rambut Anda dan bagi menjadi 3 hingga 5 bagian sesuai dengan ketebalan rambut. Semakin tebal rambut Anda, maka jumlah jepit yang digunakan akan semakin banyak.

Setelah itu, tuang produk ke dalam mangkok plastik. Biasanya, produk pewarna rambut terdiri dari 2 komponen, yaitu cream colorant yang berfungsi sebagai pewarna rambut dan cream developer yang berfungsi sebagai pengencer cream colorant. Campurkan dua komponen tersebut dengan perbandingan yang sama dalam mangkuk, dan aduk menggunakan sisir kuas.

Baca juga:  Rekomendasi Camilan Sehat dan Bernutrisi Lengkap untuk Ibu Hamil

Gunakan sarung tangan terlebih dahulu dan lepas salah satu jepitan rambut Anda. Oleskan cat rambut secara merata ke rambut Anda dan ulangi langkah tersebut pada seluruh bagian rambut hingga merata. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menutup setiap bagian rambut yang telah dicat menggunakan aluminium foil atau plastik wrap.

Biarkan selama 15 hingga 30 menit, setelah itu bilas rambut Anda menggunakan air hingga bersih. Keringkan rambut Anda dan lakukan pengecatan kembali agar warna rambut menjadi lebih tahan lama dan warnanya lebih bagus. Setelah rambut Anda berhasil diwarnai, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin, agar rambut selalu sehat dan indah.

[1] Husin, Vivi E. Roshanty dkk. 2016. Pengaruh Pewarnaan terhadap Kelunturan Warna Rambut Menggunakan Pewarna Alami Limbah Biji Pepaya terhadap Cucian. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Negeri Semarang, Vol. 5: 145-149.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: