COCOK UNTUK KULIT BERJERAWAT, BAGAIMANA CARA PAKAI TONER RDL HYDROQUINONE TRETINOIN BABYFACE 2?

Ilustrasi: wanita memakai toner kulit (sumber: sakurabeauty.com)Ilustrasi: wanita memakai toner kulit (sumber: sakurabeauty.com)

Sebenarnya hampir semua orang berpotensi untuk memiliki permasalahan jerawat. Sejumlah produk khusus untuk mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat juga telah hadir di pasaran. Hampir semua brand kosmetik lokal maupun luar negeri menghadirkan produk andalannya demi mengatasi permasalahan kulit yang satu ini, salah satunya toner RDL Babyface 2 yang dijual dengan harga berkisar puluhan ribu rupiah.

Apa itu Toner?

Skincare bernama toner adalah produk wajah yang terbuat dari bahan dasar air dan memiliki kandungan spesifik untuk kebutuhan wajah. Menurut Dr. Joel Schlessinger, seorang pakar dermatologi asal Nebraska, Amerika Serikat, toner merupakan cairan yang berbahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah kulit tertentu.

Menurutnya, sudah banyak orang yang melakukan dasar-dasar perawatan kulit wajah seperti membersihkan, menjaga kelembapan, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Namun, masih banyak orang yang melewatkan satu proses ini, yakni menggunakan toner. Untuk kulit sangat berminyak, pemakaian toner sangatlah direkomendasikan dengan alasan, selain mengangkat kelebihan minyak, juga menyegarkan kulit wajah. Biasanya toner yang mengandung alkohol tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering.[1]

Baca juga:  Masalah Kulit yang Dialami Perawat Saat Perangi COVID-19

Fungsi Toner

Dr. Joel Schlessinger mengatakan bahwa orang yang tidak menggunakan toner dalam skincare routine-nya melewatkan banyak hal positif untuk kulitnya. Pada dasarnya menggunakan toner berguna untuk mempertahankan kondisi kulit yang sehat. Menggunakan toner setiap pagi dan malam membantu mengangkat sisa-sisa make-up yang belum terangkat oleh facial wash, minyak, dan kotoran yang masuk ke dalam pori-pori. Jadi, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih bersih dan cerah.

Toner juga dapat membuat skincare lainnya bekerja lebih efektif, karena membantu menyeimbangkan pH kulit. Jadi, Anda akan mendapatkan manfaat ekstra dan efektif. Dengan menambahkan toner ke dalam skincare routine, pori-pori wajah yang cenderung besar akan lebih mudah dibersihkan sehingga menjadi lebih kencang dan mengecil, meminimalkan risiko munculnya jerawat akibat pori-pori yang tersumbat.

Selain mampu menghilangkan minyak dan mengangkat sisa-sisa make-up, toner juga dapat mendinginkan, melembutkan, memperbaiki kulit wajah, mengurangi tampilan bintik hitam bekas jerawat, dan kemerahan karena jerawat. Untuk keamanan produk, Anda disarankan menggunakan toner yang memang aman dan telah mengantongi sertifikat aman dari BPOM.

Keunggulan Toner RDL

Toner RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 kemasan 60 ml (sumber: Bukalapak)

Toner RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 kemasan 60 ml (sumber: Bukalapak)

RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 adalah produk yang diperuntukkan pengobatan pada jerawat maupun hiperpigmentasi seperti melasma, flek dan bintik-bintik hitam, serta warna kulit yang tidak merata. Selama pemakaian RDL, sangat dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa memakainya saat sebelum tidur dan cuci muka pada pagi harinya sebelum keluar rumah.

Baca juga:  Rekomendasi Merk Dark Coklat Terbaik

Selain diklaim baik untuk menghilangkan masalah jerawat dan noda bekas jerawat, RDL Babyface 2 ini mempunyai berbagai manfaat lainnya, seperti menghilangkan bekas koreng, bisul, gigitan nyamuk atau serangga, menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas luka, mencerahkan wajah, dan membantu mengecilkan pori-pori secara perlahan.

Harga Toner RDL 2

RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 saat ini dijual dengan harga mulai Rp45 ribu hingga Rp80 ribu, naik dari tahun lalu yang berkisar antara Rp22 ribuan sampai Rp40 ribuan per botol. Sementara itu, untuk varian lain, yakni RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 3, dijual seharga Rp63.200 hingga Rp83.950 per botol. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Anda bisa menyimpan RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 pada suhu ruangan (< 30°C). Produk ini tidak disarankan untuk dipakai pada kulit yang luka. Tak hanya itu, produk dengan kemasan botol berwarna kuning ini tidak boleh digunakan pada anak-anak usia kurang dari 12 tahun. Lalu, bagaimana aturan pakai toner RDL 2?

Baca juga:  Mitos & Fakta Kecantikan Yang Patut Anda Ketahui

Cara Pakai Toner RDL

Cara pemakaian RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2 sangat mudah. Pastikan kulit wajah bebas dari sisa make-up, Anda bisa membersihkannya menggunakan make-up remover. Tuangkan toner RDL satu hingga tiga tetes ke kapas dan usapkan kapas ke seluruh wajah dan leher dengan tekanan yang cukup agar wajah menjadi segar.

Pemakaian toner RDL yang disarankan yakni sekali sehari (hanya digunakan pada malam hari). Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyumbatan pori-pori pada kulit yang cenderung kering. Pakailah toner secukupnya karena jika berlebihan justru akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih dan berisiko timbul jerawat. Setelah menggunakan toner RDL, Anda bisa memakai pelembap sesuai jenis kulit wajah.

[Update: Ditta]

[1] Wijaya, Claudia Windasari. 2018. The Beauty Is In You. Jakarta: Absolute Media, hlm. 17.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: