Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Pakai Serum Vitamin C yang Benar

Aplikasi serum kecantikan (sumber: essence-medspa.com)Aplikasi serum kecantikan (sumber: essence-medspa.com)

Serum vitamin C menjadi salah satu produk skincare yang banyak digemari oleh wanita. Serum satu ini menyimpan berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi dan membantu memudarkan noda bekas jerawat, melindungi sel kulit, mengurangi inflamasi, dan masih banyak lagi. Namun meski menyimpan manfaat yang beragam, cara pakai serum vitamin C tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika salah dalam penggunaannya justru dapat menimbulkan efek yang buruk untuk kulit Anda.

Vitamin C atau ascorbic acid adalah salah satu elemen esensial yang dibutuhkan untuk manusia. Salah satu fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal pengaruh buruk polusi dan zat-zat berbahaya lain bagi kulit. Penggunaan serum vitamin C juga mampu mengurangi kerut dan garis-garis halus di wajah.

Kadar vitamin C yang terdapat dalam serum bervariasi, mulai dari 5% sampai 20%. Menentukan kadar yang terbaik, tentu harus disesuaikan dengan tujuan pemakaian. Bila bertujuan untuk mempertahankan kehalusan kulit, tentu lebih baik memilih kadar yang rendah saja. Sedangkan untuk kepentingan pengobatan, bisa menggunakan serum vitamin C dengan kadar yang lebih tinggi.[1] Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat serum vitamin C.

Baca juga:  Pedoman Baru Mengatasi Depresi Saat Hamil

Manfaat Serum Vitamin C

  • Mencerahkan kulit. Vitamin C dapat menghambat pembentukan melanin serta memudarkan bintik hitam pada kulit wajah.
  • Mengurangi kerutan.Kerutan muncul saat lapisan kulit kehilangan sejumlah kolagen.
  • Merangsang produksi kolagen. Kulit membutuhkan kolagen supaya dapat tetap kencang dan elastis.
  • Melindungi kulit dari sinar UV. Sebagai salah satu jenis antioksidan, vitamin C dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan karena paparan sinar UV.
  • Melembapkan serta mengatasi kulit kering.
Serum kecantikan (sumber: today.com)

Serum kecantikan (sumber: today.com)

Cara Pakai Serum Vitamin C

Pastikan wajah Anda sudah dalam kondisi benar-benar bersih, terbebas dari debu, kotoran, maupun sisa-sisa make-up. Jika wajah sudah bersih, Anda dapat langsung mengaplikasikan serum vitamin C dengan cara meneteskan serum vitamin C di ujung jari, kemudian dioleskan secara merata ke seluruh wajah. Tepuk-tepuk kulit wajah Anda dengan lembut supaya serum bisa terserap secara sempurna oleh kulit. Serum vitamin C dapat digunakan 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Baca juga:  Atasi Masalah Kulit, Berikut Varian Terbaru Produk Garnier Hilangkan Flek Hitam

Pastikan bahwa Anda belum menggunakan produk skincare lain seperti toner atau pelembap. Pasalnya, vitamin C menjadi kesulitan bekerja secara maksimal jika terhalang oleh produk-produk perawatan lainnya. Jika sudah mengaplikasikan serum vitamin C, Anda dapat memakai pelembab wajah dan tabir surya. Nah, di malam hari, Anda dapat mengoleskan krim malam setelah menggunakan serum vitamin C.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Serum Vitamin C

  • Jangan mengombinasikan serum vitamin C dengan skincare yang mengandung AHA/BHA dan retinol, karena berpotensi memunculkan reaksi negatif di kulit.
  • Sebaiknya kombinasikan serum vitamin C dengan vitamin E dan Ferulic acid yang sama-sama mempunyai fungsi antioksidan tinggi.
  • Aplikasikan serum vitamin C secukupnya dan hindari area kulit yang iritasi dan kulit di sekitar mata.
  • Sertai dengan pijatan ringan menggunakan jari untuk membantu proses penyerapan vitamin C sekaligus membantu melancarkan peredaran darah.
  • Pastikan produk serum vitamin C telah terserap sempurna dengan mendiamkan selama 3-5 menit. Setelah itu, Anda baru bisa melanjutkan langkah perawatan dengan pelembap kesukaan Anda.
  • Jangan gunakan serum apabila produk berubah warna jadi kekuningan atau cokelat. Hal ini menandakan serum telah teroksidasi dan khasiatnya mulai hilang.
Baca juga:  Rangkaian Produk Vaselin yang Dikenal Bagus untuk Merawat Kulit Kering

Hal yang tak kalah penting adalah, pilih kadar serum vitamin C yang paling sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Apabila masih pertama kali atau jenis kulit Anda tergolong sensitif, maka Anda bisa mencoba serum vitamin C dengan kadar yang tidak terlalu tinggi supaya kulit tidak mengalami iritasi. Namun, bila menginginkan “kekuatan” serum yang lebih, Anda bisa mencari produk serum vitamin C dengan kadar 10%, 15%, atau 20%. Jika kulit Anda normal, penggunaan serum vitamin C dengan kadar tinggi biasanya akan memberikan sensasi rasa cekat-cekit di kulit. Tak usah khawatir, karena hal itu tergolong normal.

[1]Muliawan, D dkk. 2013. A-Z tentang Kosmetik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: