Cara Pakai Masker Spirulina

cara, pakai, masker, memakai, spirulina, ganggang, hijau, kulit, wajah, suplemen, kering, berminyak, berjerawat, langkah, kandungan, penyakit, jantung, antioksidan, pori, jerawat, bekas luka, penuaan dini, mata Lahan budidaya spirulina (youtube: Ice Age Farmer)

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan sejumlah produk berbahan dasar spirulina, ternyata selain bermanfaat untuk spirulina ini juga mempunyai banyak khasiat lainnya untuk tubuh dan salah satunya adalah membantu meningkatkan berat badan secara . Spirulina atau dikenal juga dengan nama ganggang hijau diketahui sebagai ‘superfood’ atau makanan yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Tentang Spirulina

Spirulina merupakan salah satu spesies atau jenis tanaman ganggang yang berwarna hijau-biru, yang dapat dimakan oleh manusia. Tumbuhan ini umumnya ada di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi, meskipun beberapa tumbuh di danau air tawar.

Spirulina didefinisikan oleh WHO sebagai makanan terbaik abad ke-21, dengan kandungan protein 56%, lengkap dengan semua jenis asam amino esensial, asam lemak tak jenuh, mineral, polisakarida, klorofil, vitamin, karotenoid dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sejauh ini, banyak yang mengklaim bahwa spirulina membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan. Ini tidak salah, karena spirulina mengandung vitamin B1, B2, B3, zat besi, magnesium, potasium, karbohidrat dan nutrisi lainnya. Banyaknya kandungan inilah yang membuat spirulina mampu membantu meningkatkan berat badan secara alami.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan Juli 2010 dan dipublikasikan di jurnal Cardiovascular Therapeutics. Diketahui bahwa spirulina dapat membantu mengelola dan mencegah penyakit jantung melalui sifat antioksidan. NIH juga melakukan penelitian medis saat ini untuk menentukan efek spirulina pada infeksi virus, pembengkakan, penyembuhan luka dan sistem kekebalan tubuh secara umum.

Selain berat badan spirulina juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, mencerahkan dan banyak yang lainnya.

Spirulina

Ilustrasi: mengoleskan cairan masker spirulina (youtube: Pardon My English)

Sebagai asupan makanan, spirulina dapat membantu dalam hal detoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem imun, memberikan efek anti-inflamasi, serta menurunkan tingkat LDL dan trigliserida kolesterol. Sementara, untuk kulit, ia dapat membuat kulit terlihat lebih dan bersih jika dikonsumsi sebagai suplemen, maupun dibuat menjadi masker, baik untuk kulit kering maupun yang mudah berjerawat.

Masker spirulina dapat dibuat dengan mencampurkan bubuk spirulina dengan air putih dan diaduk hingga merata sehingga menjadi adonan masker. Aplikasikan masker ke kulit dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengenakan masker spirulina ini memang tidak terlalu banyak seperti madu yang bisa memberikan 10 manfaat sekaligus, seperti melembapkan, mencerahkan, eksfoliasi, memberikan hidrasi, membantu menghilangkan , mengurangi kerut, menyamarkan bekas luka, memberikan kilau alami, membersihkan pori-pori, hingga membuat kulit terlihat lebih muda.

Namun, masker spirulina tetap patut untuk dicoba jika ingin mendapatkan kulit sehat dan awet muda jika masker lain kurang ampuh untuk kulit Anda. Berikut beberapa manfaat masker spirulina yang bisa didapatkan.

Bubuk spirulina (sumber: drweil.com)

Membantu menghilangkan jerawat

Ada banyak masker yang mampu membantu menghilangkan jerawat. Mulai dari telur, madu, hingga oatmeal. Jika tidak ada yang mempan untuk kondisi Anda, maka tak ada salahnya untuk mencoba masker spirulina. Dilansir dari Stylecaster, dokter kulit Dr. Joel Schlessinger mengungkapkan bahwa spirulina mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat dari kulit.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan, vitamin E, tirosin, dan selenium menjadikan masker spirulina sebagai kulit yang mampu membantu mencegah penuaan dini. Tak hanya mengurangi garis halus dan kerut saja, masker spirulina mampu membuat kulit lebih kencang dan terlihat merona secara alami.

Menghilangkan kantung mata

Kantung mata menjadi salah satu masalah kulit yang paling susah dihilangkan, apalagi jika tidak memiliki waktu tidur cukup selama beberapa malam berturut-turut. Masker spirulina juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini karena memiliki efek detoksifikasi. Selain itu, masker spirulina juga membantu mengatasi kulit kering di sekitar mata.

Mempercepat pertumbuhan sel kulit baru

Jika kamu memiliki banyak noda di kulit, masker spirulina dapat membantu untuk menghilangkannya, termasuk noda jerawat. Spirulina bisa mempersingkat proses metabolisme kulit, sehingga pertumbuhan sel kulit baru pun menjadi lebih cepat.

Cara Pakai Masker Spirulina

cara, pakai, masker, memakai, spirulina, ganggang, hijau, kulit, wajah, suplemen, kering, berminyak, berjerawat, langkah, kandungan, penyakit, jantung, antioksidan, pori, jerawat, bekas luka, penuaan dini, mata

Ilustrasi: memakai masker spirulina (sumber: spirugrow.com)

Berikut ini langkah dan cara menggunakan masker spirulina untuk kulit berjerawat dan berminyak:

  • Langkah-langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan menggunakan masker spirulina dikenal dengan membersihkan muka terlebih dahulu. Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal, gunakan sabun pembersih muka yang biasa Anda pakai. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih sampai betul-betul bersih. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah rapikan rambut yang mengganggu biar kinerja masker yang akan diaplikasikan tak terhalangi oleh rambut yang terurai.
  • Siapkan air mawar, Anda bisa membelinya dari minimarket terdekat (ada berbagai pilihan merek). Selain air mawar, Anda juga bisa coba mencampur masker spirulina dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu, perasan jeruk nipis, putih telur dan susu sapi murni. Selanjutnya, masukkan 1 atau dua kapsul spirulina kemudian aduk sampai merata supaya nutrisi yang ada pada kapsul spirulina bisa meresap pada seluruh bagian .
  • Oleskan pada wajah. Pastikan jari tangan sudah benar-benar bersih. Selain menggunakan jari tangan, Anda juga bisa menggunakan kuas yang lembut untuk mengoleskan masker spirulina pada wajah. Tunggu sekitar 20–30 menit agar nutrisi dari masker spirulina betul-betul menyerap ke kulit wajah.
  • Sesudah menunggu 20–30 menit, bersihkan wajah dengan air bersih yang hangat. Sesudah masker benar-benar bersih dari wajah, Anda bisa mengeringkannya dengan handuk yang bersih dan halus.

Lalu kapan waktu yang tepat menggunakan masker? Apakah lebih baik malam atau pagi hari? Penggunaan masker bisa dilakukan kapan saja baik pagi maupun malam. Asalkan penggunaannya tak didiamkan terlalu lama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: