Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata & Lingkar Hitam di Bawah Mata

Menghilangkan Kantung Mata - www.cantikitu.com Menghilangkan Kantung Mata - www.cantikitu.com

Permasalahan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata atau yang lebih akrab disebut ‘mata panda’ memang bisa menyerang siapa saja, baik itu kaum laki-laki maupun perempuan. Mata panda biasanya dialami oleh mereka yang kerap begadang atau kurang tidur. Selain karena begadang, rupanya kantung mata yang bengkak juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan yang kurang baik, alergi, penuaan, merokok, atau penyebab-penyebab lainnya. Faktanya, kantung mata dan lingkar mata gelap ternyata juga bisa disebabkan karena faktor keturunan.

Area bawah mata (undereye) sendiri merupakan salah satu daerah yang tipis dan kerap diabaikan dalam perawatan kulit dasar. Tak hanya karena faktor herediter, Anda juga bisa memiliki lingkar hitam karena adanya peningkatan pigmen di area bawah mata. Di bawah ini ada beberapa cara murah dan mudah untuk menghilangkan kantung mata. Simak ulasan lengkapnya!

Menghilangkan Kantung Mata - www.manjadda.com

Menghilangkan Kantung Mata – www.manjadda.com

Retinoid

Apabila Anda memiliki lingkaran hitam karena kulit tipis, cobalah untuk menggunakan retinoid. Penggunaan retinol secara rutin dapat merangsang produksi kolagen, mengurangi penipisan kulit, dan memperbaiki lingkar hitam. Retinoid dapat membantu membangun kembali kolagen dermal dan memulihkan volume kulit. Bahan ini biasanya bisa Anda temukan dengan mudah di apotek.

Tidur Telentang dan Pakai Bantal Ekstra

Jika Anda mengalami mata bengkak dan lingkar mata hitam pada pagi hari, cobalah untuk tidur dengan menyisipkan bantal tambahan di punggung agar tidak terjadi pengumpulan cairan dalam semalam. Jangan lupa juga untuk membersihkan bantal Anda dari debu atau tungau untuk meminimalisir alergi.

Pakai Produk Pencerah dan Tabir Surya

Bagi Anda yang mengalami kasus mata panda karena peningkatan pigmen akibat sering mengucek mata atau paparan sinar matahari, maka menggunakan zat pencerah topikal seperti vitamin C, asam kojic, dan ekstrak licorice dapat sangat membantu. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya sebelum bepergian.

Pakai Pembersih Make-up yang Lembut

Untuk meminimalisir kantung mata, cobalah untuk menggunakan make-up remover yang berbahan lembut atau tanpa aroma (fragrance free). Pada saat membersihkan wajah, lakukan dengan gosokan lembut yang searah, bukan dengan menggosoknya bolak-balik.

Tidur Lebih Banyak

Cara paling mudah mengurangi kemunculan mata panda adalah dengan tidur cukup selama 7-8 jam sehari. Dan jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur.

Gunakan Kantong Teh

Rendam 2 kantong teh dalam air hangat, kemudian dinginkan kantung teh tersebut selama beberapa menit di dalam kulkas. Tempatkan masing-masing kantung teh pada setiap kelopak mata selama 5 menit dan mata Anda akan terasa lebih segar. Selain kantong teh, Anda juga bisa mencoba irisan timun, kentang, masker mata gel, hingga sendok dingin.

Kurangi Garam Berlebih pada Makanan

Natrium merupakan salah satu penyebab mata Anda menjadi bengkak, sebab natrium bisa menahan air di bawah mata Anda. Mengurangi makanan-makanan yang mengandung garam dapat membantu Anda mengurangi kantung mata.

Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu kunci untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Usahakan untuk minum 8 ons air 8 kali sehari agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Makan Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Zat Besi

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C, misalnya saja kubis, stroberi, brokoli, jeruk, lemon, tomat, pepaya, kacang polong, nanas, mangga, melon, dan sebagainya. Sedangkan zat besi dan vitamin B12 bisa Anda temukan dalam daging merah, daging unggas, makanan laut, kacang-kacangan, bayam, kismis, dan masih banyak lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: