Cara Mudah & Alami untuk Memutihkan Tangan yang Hitam Karena Sinar Matahari

Memutihkan Tangan - kozuimineralpeeling.net

Walaupun mayoritas orang Indonesia berkulit sawo matang, sebagian besar wanita justru menganggap bahwa kecantikan akan lebih terpancar jika mereka memiliki kulit yang putih. Oleh sebab itu wanita di Indonesia melakukan berbagai cara, mulai dari cara yang alami hingga penggunaan produk-produk tertentu yang bisa memutihkan kulit mereka.

Sayangnya, aktivitas di bawah paparan sinar matahari memang tak bisa dihindarkan dari keseharian kita. Misalnya saja berkendara saat cuaca sedang terik, berolahraga, atau aktivitas luar ruangan lainnya ternyata bisa membuat beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, leher, dan wajah menjadi hitam meski kita sudah sekuat tenaga menjaga kulit tetap putih dengan menggunakan handbody lotion hingga sunblock.

Memutihkan Tangan - indowarta.com

Memutihkan Tangan – indowarta.com

Bagi Anda yang mengalami permasalahan seperti tangan, lengan, atau kaki yang hitam karena matahari tak perlu bersedih apalagi sampai berpikir untuk melakukan perawatan yang harganya jutaan rupiah. Sebab ada beberapa bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk memutihkan tangan yang hitam karena matahari. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Jeruk Nipis

Siapa bilang jeruk nipis hanya bisa diolah menjadi minuman atau makanan saja? Rupanya si kecil yang rasanya asam ini bisa Anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit loh! Jeruk nipis ternyata mengandung senyawa asam yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat mencerahkan kulit secara alami dengan penggunaan teratur. Lalu bagaimana caranya? Untuk memutihkan tangan dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara memeras 1 buah jeruk nipis, letakkan di wadah yang bersih. Kemudian usapkan sari jeruk nipis tersebut secara merata ke tangan atau area tubuh lainnya secara merata sembari dipijat perlahan. Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Bengkuang

Bengkoang memang sudah lama dikenal berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Untuk mengembalikan tangan Anda yang hitam menjadi cerah kembali, Anda tinggal mencari bengkuang secukupnya, kupas kulitnya, kemudian haluskan dengan blender atau diparut. Peras bengkuang yang telah dihaluskan untuk diambil airnya. Diamkan air perasan bengkuang tersebut semalaman agar bisa mendapatkan endapan atau sari patinya. Tiriskan endapan tersebut, kemudian oleskan secara merata ke tangan Anda dan diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu bilas tangan dengan air biasa.

Kentang

Bahan alami lain yang bisa Anda coba adalah kentang. Caranya pun mudah, Anda tinggal menghaluskan kentang yang masih utuh kemudian digosokkan ke tangan yang gelap, biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Kentang bisa berfungsi sebagai lulur alami yang dapat memutihkan tangan Anda dengan penggunaan secara rutin.

Lidah Buaya

Ini mungkin jadi salah satu alasan mengapa Anda sebaiknya mulai menanam lidah buaya sendiri di rumah. Lidah buaya menawarkan berbagai khasiat untuk kecantikan, terutama mengatasi kulit yang terpapar matahari. Anda bisa memanfaatkan gel atau lendir dari tanaman lidah buaya yang telah dikupas bersih untuk diaplikasikan langsung ke kulit yang berwarna gelap. Biarkan tangan Anda semalaman, kemudian bilas hingga bersih pada keesokan paginya. Selain menggunakan tanaman lidah buaya, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk gel lidah buaya di apotik atau toko-toko kecantikan yang sudah berbentuk kemasan.

Susu dan Oatmeal

Cara lain memutihkan tangan yang hitam karena sinar matahari adalah dengan membuat masker susu dan oatmeal. Anda tinggal mencampurkan bubuk oatmeal dan susu segar secukupnya hingga tekstur adonan masker Anda lembut tetapi cukup kental. Oleskan masker tersebut ke kulit tangan yang terpapar matahari, diamkan sekitar 1 jam, lalu bilas hingga bersih. Oatmeal dikenal mampu menutrisi dan meratakan warna kulit, sedangkan susu dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dan memutihkan kulit yang gosong.

Memutihkan Tangan - www.sonobello.com

Memutihkan Tangan – www.sonobello.com

Beras

Selain dimakan, beras ternyata memiliki manfaat lain untuk memutihkan kulit. Beras memiliki kandungan vitamin B1 yang dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Caranya sederhana, Anda tinggal menyiapkan beras secukupnya, kemudian tumbuk hingga teksturnya mirip seperti tepung. Lalu tambahkan sedikit air hangat, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian yang diinginkan hingga merata, diamkan selama 1 jam. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Kunyit

Selama ini kunyit banyak dipakai untuk bumbu masakan. Padahal terlepas dari itu kunyit rupanya bisa berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dapat mencerahkan kulit yang gelap. Cara memutihkan tangan dengan kunyit adalah dengan memarut kunyit secukupnya, kemudian oleskan parutan kunyit secara merata ke bagian tangan dan kaki sembari dipijat dengan lembut. Diamkan selama 10 menit, baru kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Pepaya

Jangan terburu senang dulu. Buah pepaya yang dimaksud di sini bukan untuk dimakan, melainkan untuk digunakan sebagai lulur. Caranya cukup mudah, Anda cukup menghaluskan buah pepaya yang matang, kemudian oleskan ke kulit tangan maupun kaki yang belang karena sinar matahari. Cukup praktis bukan? Anda bisa melakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam 1 minggu.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga perlu membangun kebiasaan seperti menggunakan jaket atau pakaian yang menutupi tangan supaya tidak terus-menerus terpapar sinar matahari. Apabila Anda mengendarai sepeda motor, sebaiknya gunakanlah sarung tangan agar punggung tangan Anda tidak belang. Langkah lain yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan sunblock alias tabir surya atau lotion dan produk-produk sejenis yang mengandung SPF. Selain dapat mencegah kulit menghitam, produk yang mengandung SPF juga bisa menangkal efek buruk dari paparan sinar matahari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: