Cara Mudah Agar Lebih Terhubung dengan Rekan Kerja

Ilustrasi: suasana kerja yang menyenangkanIlustrasi: suasana kerja yang menyenangkan

Apakah Anda memiliki teman yang dapat dengan mudah membaur dan bersosialisasi dengan orang lain? Jika iya, berarti teman Anda tersebut memiliki keterampilan sosial yang baik. Keterampilan sosial adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Setiap orang akan memiliki keterampilan sosial tersendiri. Bahkan bagi yang tidak memilikinya kelak pasti akan mendapatkannya. Hanya saja keterampilan sosial tiap orang itu berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada juga yang rendah. Semua itu tergantung dari bagaimana Anda mengembangkannya.

Dewasa ini, keterampilan sosial yang tinggi sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan didukung oleh keterampilan sosial tinggi akan membuat mereka mudah untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan. Ini disebabkan karena hampir semua pekerjaan sekarang membutuhkan kemampuan sosial yang baik.

Nah, cara untuk meningkatkan kemampuan keterampilan sosial ini dibutuhkan usaha serta kepercayaan yang tinggi. Ini juga harus ditambah dengan pendekatan yang harus dilakukan ramah dan sopan. Jika Anda dapat menguasai dua hal tersebut, maka akan dipastikan Anda akan dengan mudah untuk mampu bersosialisasi dengan orang banyak.

Membangun hubungan yang baik dengan kolega kerja Anda merupakan suatu hal yang sangat penting. Mengapa? Hubungan baik yang dimiliki saat bekerja dapat berpengaruh pada kinerja Anda sendiri karena selama bekerja tentu Anda akan selalu bertemu dan berhubungan secara langsung dengan kolega kerja Anda. Sayangnya, masih banyak karyawan yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi salah komunikasi yang pada akhirnya berdampak buruk pada kredibilitas dan produktivitas kerja.

Ilustrasi: suasana kerja yang menegangkan

Ilustrasi: suasana kerja yang menegangkan

Sebuah studi baru, seperti dilaporkan VOA Indonesia (Penggunaan Media Sosial Berlebihan, Bisa Picu Isolasi Sosial, 9/3-2017), menyebutkan orang dewasa muda yang menghabiskan banyak waktu untuk mencari hubungan sosial di media sosial malah bisa merasa terisolasi secara sosial.

Baca juga:  Bahan & Cara Membuat Seblak Mie Instan

Studi tersebut menemukan orang-orang yang menggunakan media sosial lebih dari dua jam per hari justru berpeluang dua kali lebih besar untuk merasakan isolasi sosial dibanding rekan-rekan mereka yang menghabiskan kurang dari setengah jam di media sosial setiap hari.

Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Menciptakan hubungan yang baik dengan kolega kerja mungkin bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Anda perlu membangun cara berkomunikasi yang berbeda antara satu orang dengan lainnya karena tentu kita tidak bisa memperlakukan semua orang dengan cara yang sama. Lalu, bagaimana ya caranya membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan sesama kolega kerja? Yuk, simak cara mudahnya berikut ini!

Menerima masukan dengan baik

Di dalam sebuah perusahaan, tentu Anda akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Maka, Anda harus bisa memahami karakter orang lain dan juga harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukan yang Anda terima dari kolega kerja. Jangan langsung terbawa emosi atau menjadikannya masalah personal jika ada karyawan lain yang mengkritik Anda. Jadikanlah kritikan tersebut sebagai masukan yang membangun Anda, baik dari segi personal maupun profesional.

Komunikasi menyenangkan antar karyawan

Komunikasi menyenangkan antar karyawan

Memberikan feedback yang baik

Hal penting paling utama dalam kehidupan bekerja Anda adalah menghargai lawan bicara. Etika yang baik saat berbicara adalah mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan baik. Setelah itu, Anda juga wajib memberikan respon atau tanggapan terhadap apa yang telah disampaikan oleh si pembicara. Meskipun Anda tidak menyukai lawan bicara Anda, tetaplah tersenyum dan berikan respons yang positif.

Baca juga:  Kabar Gembira, Menikah Turunkan Risiko Demensia pada Wanita

Jadilah humoris dan menyenangkan

Komunikasi akan terjalin dengan lebih efektif jika suasana di sekitarnya cair dan menyenangkan. Nah, untuk itu cobalah untuk sesekali menyelipkan humor saat berbicara dengan kolega kerja Anda. Menjadi humoris dapat membuat suasana lebih cair, asal humor yang Anda keluarkan tidak menyinggung orang lain. Cara ini terbukti sangat efektif untuk membangun keakraban dengan kolega kerja. Selain itu, suasana yang santai dan menyenangkan akan membuat Anda dan tim dapat dengan mudah menyampaikan ide-ide cemerlang tanpa adanya tekanan.

Jujur dan terbuka

Sifat jujur dan terbuka penting untuk Anda miliki dalam dunia kerja. Kejujuran dan keterbukaan dapat melancarkan koordinasi dengan kolega kerja dan membuat kolega kerja Anda merasa lebih dihormati. Anda tentu tidak perlu melaporkan setiap hal kecil yang terjadi, namun apabila ada pekerjaan baru dari atasan, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan kolega kerja. Jangan sampai kolega kerja Anda merasa kurang dihargai karena Anda menyimpan semua pekerjaan sendiri.

Komunikasi langsung dan terbuka

Komunikasi langsung dan terbuka

Berbicara secara langsung

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi komunikasi pun semakin berkembang. Saat ini, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kolega kerja tanpa harus bertemu secara langsung. Walaupun cara tersebut lebih praktis, komunikasi secara online dapat membuat penyampaian informasi menjadi sulit dipahami dan sering menimbulkan kesalahpahaman. Berkomunikasi secara online membuat Anda sulit menebak ekspresi wajah ataupun bahasa tubuh dari lawan bicara. Bagaimanapun juga, berkomunikasi secara tatap muka adalah bentuk komunikasi paling efektif.

Baca juga:  Infertilitas: Apakah Perlu Adanya Embrio Tambahan?

Mengapresiasi kerja rekan Anda

Apakah Anda pernah mengucapkan terima kasih setiap kali selesai mengerjakan tugas dengan kolega kerja Anda? Atau apakah Anda selalu menyatakan rasa senang Anda dapat bekerja sama dengan kolega kerja Anda dalam sebuah proyek? Jika belum, maka Anda harus mulai melakukan cara ini untuk mengapresiasi kerja keras mereka. Dengan begitu, kolega kerja Anda tentu akan merasa senang atas apresiasi tersebut dan hubungan Anda dengan kolega kerja membaik.

Hubungan yang baik dan komunikasi yang efektif dapat tercipta jika Anda dan kolega kerja saling memberikan respon yang positif dan tujuan dari komunikasi dapat tercapai. Nah, untuk itu Anda dapat mencoba beberapa cara tadi agar suasana kerja di kantor lebih kondusif dan menyenangkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: