Ternyata Mudah, Begini Cara Merebus Singkong Agar Empuk & Merekah

Kebun singkongKebun singkong

Singkong atau kaspe dalam Bahasa Latin disebut Manihot utilissima. Tinggi pohon singkong, bisa mencapai 5 m, bahkan bisa lebih. Daunnya berbentuk menjari dengan diameter antara 5-9 cm. Tak jarang dari satu pohon singkong dapat menghasilkan 5-10 umbi, bahkan kalau perawatannya bagus, hasilnya bisa lebih banyak lagi.

Warna umbi singkong ada dua, putih tulang atau putih bersih dan kuning. Terkadang ada umbi yang rasanya pahit. Singkong yang rasanya pahit ini apabila dimakan, baik oleh manusia maupun hewan, bisa menyebabkan keracunan. Singkong seperti ini, dinamakan singkong liar. Ciri-ciri umbi singkong yang pahit, batangnya cenderung lebih tinggi dan lebih besar dari tanaman singkong biasa. Umurnya juga melebihi batas masa panen singkong biasa. Ranting dahannya berwarna merah kehitaman. Adapun salah satu kelebihan singkong liar ini adalah secara tradisional dapat menyembuhkan suatu penyakit tertentu.

Mungkin banyak di antara masyarakat yang mengonsumsi singkong namun sesungguhnya belum mengetahui secara jelas bahwa singkong banyak mengandung zat-zat bergizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Padahal, singkong sendiri mengandung kalori 146 (kal), protein 1,2 g, hidrat arang 34,7 g, kalsium 33 mg, fosfor 40 (mg), besi 0,7 mgm, Vit. A = 0, Vit B.I 0.06 mg, Vit C 30 mg, air 62,5 g, dan b.d.d 75%.[1]

Baca juga:  Kreasi Kain Flanel Untuk Pemula yang Mudah dan Praktis

Namun demikian, ada cara-cara tertentu yang perlu Anda lakukan saat mengolah singkong supaya teksturnya lebih empuk dan nikmat disantap. Berikut ini ulasan lengkap cara merebus singkong agar empuk.

Cara Merebus Singkong Agar Cepat Empuk

Singkong rebus (sumber: elitereaders.com)

Singkong rebus (sumber: elitereaders.com)

Bahan untuk Merebus Singkong

  • 1 kg singkong, kupas
  • 5 siung bawang putih, iris-iris
  • 1 sdm (sendok makan) ketumbar bubuk
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdm garam (sesuaikan selera)
  • Air secukupnya

Langkah Merebus Singkong

  1. Cuci bersih singkong kupas yang sudah dipotong-potong.
  2. Rebus bahan bumbu dalam panci besar yang cukup untuk merendam semua singkong. Tunggu sampai mendidih.
  3. Jika sudah benar-benar mendidih, masukkan singkong, rebus sampai mendidih lagi. Biarkan mendidih selama 15 menit. Kemudian matikan api, tutup rapat panci. Diamkan selama 30 menit. Panci jangan dibuka-tutup selama waktu tersebut.
  4. Jika sudah 30 menit, buka tutup panci dan singkong terlihat sudah merekah. Kemudian nyalakan kembali api kompor, didihkan lagi singkong selama 5 menit saja. Matikan api, tiriskan singkong yang sudah berbumbu tersebut.
Baca juga:  Tips & Cara Memasak Ikan Tuna Kaleng yang Mudah & Praktis

Singkong tersebut dapat langsung digoreng (deep fry) dengan api sedang sampai warnanya kuning keemasan. Sisa singkong yang belum digoreng dapat dibungkus rapat dengan plastik dan disimpan dalam freezer.

Singkong goreng (sumber: pinterest)

Singkong goreng (sumber: pinterest)

Selain dengan metode seperti di atas, Anda juga bisa mencoba metode membuat singkong goreng keju supaya mekar merekah sempurna ala penjual singkong goreng pinggir jalan. Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari Detik.

Cara Membuat Singkong Goreng Empuk & Mekar

  1. Gunakan singkong baru yang empuk dan tidak terlalu tua. Pilih yang jenisnya putih. Cuci bersih singkong lalu potong-potong membujur 4 cm tebalnya.
  2. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng potongan singkong tadi sampai terendam minyak selama 30 menit, hingga singkong terendam minyak selama 30 menit. Goreng sampai singkong berwarna kekuningan. Angkat singkong dan tiriskan.
  3. Siapkan air yang telah dibubuhi garam secukupnya, aduk sampai garam larut. Masukkan singkong dalam air garam dan diamkan sampai mengembang, lalu tiriskan. Singkong yang telah digoreng memang sengaja direndam dalam air garam supaya empuk dan mekar.
  4. Sebelum digoreng, tiriskan potongan singkong. Susun dalam sendok peniris supaya tidak berantakan atau tetap utuh ketika digoreng.
  5. Goreng kembali singkong dalam minyak panas sampai singkong sedikit kecokelatan dan kering. Tiriskan.
  6. Singkong goreng tersebut dapat ditaburi susu kental manis dan keju cheddar parut. Anda juga bisa menambahkan bumbu bubuk/tabur seperti balado, BBQ, atau sebagainya.
Baca juga:  Kenapa Kurma Ajwa Harganya Mahal di Pasaran?

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara merebus atau mengolah singkong agar empuk? Jika Anda ingin mencoba di rumah, Anda bisa menjajal dalam jumlah sedikit terlebih dahulu agar bisa mengetahui seperti apa persisnya tekstur dan rasanya.

[1] Ismiatun. 2000. Kudapan Berbahan Singkong. Surabaya: Tiara Aksa.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: