Tampilannya Unik Banget, Begini Cara Merawat Tanaman Begonia Polkadot

Begonia polkadot (sumber: plantsam.com)Begonia polkadot (sumber: plantsam.com)

Tanaman begonia belakangan memang begitu mencuri perhatian. Tanaman hias ini mempunyai corak dan bentuk daun yang beragam. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Salah satu jenis begonia yang populer di Indonesia adalah begonia polkadot. Tanaman dengan nama asli Begonia maculata ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari Rp35 ribuan hingga mencapai Rp2 jutaan. Nah, agar tidak mudah mati atau layu, cara merawat begonia polkadot perlu diperhatikan.

Begonia polkadot atau Begonia maculata kabarnya pertama kali ditemukan di Brasil pada tahun 1982 silam oleh seorang peneliti Italia. Tanaman ini aslinya berasal dari Meksiko, Asia, Afrika Selatan, dan Amerika Tengah. Begonia polkadot tumbuh paling baik pada iklim subtropis dan tropis yang lembap, namun spesies dalam ruangan tumbuh dengan baik di lingkungan yang lebih dingin.

Sosok Begonia maculata amat khas dan unik, memiliki lingkaran-lingkaran perak di permukaan daun. Selain itu, berbatang menjalar ke atas sehingga tanaman tumbuh meninggi seperti pohon. Sementara itu, begonia tidak tahan panas karena di habitat aslinya hidup di bawah naungan pepohonan di hutan hujan berkelembapan tinggi. Suhu ideal untuk begonia 18°C.[1]

Baca juga:  Rangkaian Produk Oriflame Untuk Wajah Kusam

Varietas yang paling lazim beredar di pasaran yaitu B. maculataWightii. Ukuran polkadot lebih lebar dan lebih sedikit ketimbang kultivar-kultivar lain. Selain itu permukaan daun mengilap silver-metalik dan berubah tergantung pencahayaan dan intensitas sinar matahari. Bunga wightii berwarna putih. Bagian belakang daun berwarna merah muda cerah menyeluruh. Keduanya menjadi pembeda dengan kultivar-kultivar lain.[2]

Begonia polkadot merupakan tanaman tahunan cantik yang mekar dengan bunga putih hingga merah muda pucat sampai 3 kali setahun. Sisi atas daun berwarna hijau membentuk warna yang kontras dengan kebalikan red-Bordeaux. Bunga-bunga putihnya yang indah bertunas dari satu batang. Anda bisa membawa tanaman ke luar ruangan, tapi letakkan di bawah naungan agar tak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di dalam ruangan sepanjang tahun. Berikut informasi cara perawatan begonia polkadot.

Begonia polkadot (sumber: plnts.com)

Begonia polkadot (sumber: plnts.com)

Cara Merawat Begonia Polkadot

  • Tanah: Begonia polkadot cocok ditanam dalam campuran media tanam porous dengan drainase yang baik, seperti kombinasi pasir malang dan sekam bakar atau cocopeat. Jaga suhunya antara 19-22 derajat celsius dengan kelembapan tinggi dan pertahankan tanahnya supaya agak lembap. Namun ingat, jangan terlalu basah ketika menyiram tanaman ini.
  • Pencahayaan: Begonia polkadot lebih suka lokasi yang agak teduh. Anda bisa menempatkan begonia polkadot di ruangan yang terang dan agak jauh dari sinar matahari langsung. Apabila daunnya mulai agak gosong, Anda bisa memindahkannya ke ruangan yang tidak terlalu terang.
  • Penyiraman: Hal ini merupakan hal yang sulit dalam perawatan begonia polkadot. Anda perlu mencapai komposisi yang tepat dalam hal penyiraman. Sebagai permulaan, media tanam harus agak lembap, namun tak terlalu basah. Pasalnya, begonia polkadot rentan dengan busuk akar.
  • Suhu: Sebagai tumbuhan tropis, begonia polkadot bisa tumbuh subur pada suhu ideal antara 18-22 derajat celsius.
  • Pupuk: Seperti halnya tanaman pada umumnya, begonia polkadot juga perlu pemupukan setiap 2 minggu sekali agar pertumbuhan daunnya sehat dan mekar sempurna. Untuk memperoleh hasil terbaik, gunakan setengah dosis pupuk larut air yang diperlukan sesuai instruksi pada kemasan. Jadi, apabila pada kemasan tertera bahwa pupuk harus dilarutkan dengan 1 cangkir air, maka untuk begonia polkadot bisa menggunakan 2 cangkir air.
Baca juga:  Bagaimana Cara Membersihkan Perhiasan Emas Imitasi?

Merawat begonia polkadot memang membutuhkan keterampilan dan juga kesabaran. Anda perlu mencapai kelembapan yang tepat supaya tanaman unik ini bisa tumbuh dengan subur.

Nah, untuk memperbanyak begonia polkadot bisa dilakukan dengan stek. Caranya, potong batang tanpa bunga tepat di bawah kuncupnya. Kemudian, buang daun bagian bawah dan celupkan ke dalam toples atau wadah berisi air. Biarkan tanaman tersebut tetap dalam toples hingga tumbuh akar. Jika sudah tumbuh akar, Anda bisa memindahkannya pada media tanam campuran tanah. Sirami media tanah tersebut supaya agak lembap, tapi jangan terlalu basah.

[1]Redaksi Trubus. 2021. Majalah Trubus Edisi Juni 2021. Jakarta: Trubus, hlm 38.

[2]Ibid., hlm 39.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: