Bagaimana Cara Tepat Menyisir Rambut Berminyak?

Ilustrasi: wanita dengan rambut berminyak (sumber: clavit.com)Ilustrasi: wanita dengan rambut berminyak (sumber: clavit.com)

Memiliki kulit kepala yang berminyak seringkali berarti berurusan dengan rambut yang berminyak dan lemas. Tipe rambut seperti inilah yang membuat sebagian besar orang merasa geram, apalagi saat ingin menyisirnya. Untuk menyisir rambut berminyak, memang dibutuhkan cara yang tepat agar rambut tidak kusut.

Pada dasarnya, setiap orang ingin memiliki rambut yang sehat dengan bentuk yang indah, tidak berminyak, tidak mengilap, elastis, tidak kusut, serta mudah disisir.[1] Tentunya hal tersebut akan berbeda jika Anda memiliki rambut yang cenderung berminyak. Jika Anda memiliki rambut seperti ini, maka rambut tidak akan terlihat sehat dan indah.

Agar rambut berminyak tampak sehat dan indah, maka Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengontrol kadar minyak berlebih yang ada di kulit kepala. Dilansir dari allure, untuk mengurangi kadar minyak pada kulit kepala, Anda harus keramas secara teratur dan rutin. Meskipun begitu, hindari keramas secara berlebihan dan sering. Mencuci rambut secara berlebihan dapat membuat kulit kepala semakin kering. Alih-alih mengontrol kadar minyak yang berlebih, Anda justru menghabiskan minyak di kulit kepala, sehingga dapat menyebabkan masalah baru, seperti ketombe.

Baca juga:  Kabar Gembira, Menikah Turunkan Risiko Demensia pada Wanita

Selain memperhatikan kebersihan rambut dengan cara keramas, Anda juga harus memperhatikan cara menyisir rambut. Menyisir rambut dengan kondisi normal ternyata berbeda dengan cara menyisir rambut yang berminyak. Untuk menyisir rambut dalam keadaan normal, Anda hanya memerlukan sisir biasa, sedangkan untuk rambut berminyak, Anda memerlukan sikat dan sisir.

Pola menyisir rambut normal dengan rambut berminyak juga berbeda. Pada rambut normal, Anda disarankan menyisir dari bagian ujung bawah ke atas. Tujuannya, untuk menghilangkan kusut dan membuat rambut tampak lurus. Sementara itu, pada rambut berminyak, Anda harus menyisir rambut dengan pola dari atas ke bawah.

Pola menyisir rambut dari atas ke bawah ini bertujuan untuk menghilangkan kekusutan dari bagian atas, dan mendistribusikan minyak yang ada di kulit kepala ke seluruh rambut. Sehingga, minyak yang tadinya hanya berkumpul atau menggumpal di satu titik, bisa melembapkan bagian yang lain. Ini juga salah satu teknik agar rambut tidak terlihat terlalu berminyak dan lepek.

Menyisir rambut berminyak (sumber: self.com)

Menyisir rambut berminyak (sumber: self.com)

Menyisir kulit kepala terlebih dahulu sebelum rambut, juga bisa merangsang sirkulasi darah di bagian kepala. Dengan meningkatnya sirkulasi darah di area kepala, ini akan membuat kulit kepala semakin ternutrisi. Banyaknya nutrisi yang diterima oleh kulit kepala dan rambut, membuat pertumbuhan rambut semakin baik. Selain itu, nutrisi yang diterima oleh rambut akan membantu mempercepat proses perbaikan diri.

Baca juga:  Info Kandungan Suplemen Osfit DHA dan Aturan Minum

Sementara itu, untuk mempermudah menyisir rambut menggunakan pola tersebut, Anda memerlukan dua jenis sisir yang berbeda. Siapkan sisir dengan gigi yang lingga dan sisir dengan gigi yang rapat. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan sikat rambut dengan bulu yang halus dan lembut.

Mulailah dengan menyisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang dari atas ke bawah secara perlahan dan bertahap. Lanjutkan menyisir rambut dengan pola yang sama menggunakan sisir bergigi rapat dengan bertahap dan hati-hati. Lakukan penyisiran menggunakan sisir bergigi rapat secara berulang-ulang hingga rambut terasa agak ringan dan tidak terlalu kusut.

Langkah terakhir untuk membuat tampilan rambut lebih halus dan tidak berminyak, sisir rambut Anda menggunakan sikat rambut. Lakukan penyisiran rambut menggunakan sikat secara berulang-ulang. Untuk mempermudah proses penyisiran, Anda bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian dan menjepitnya.

Baca juga:  Studi: Transportasi Murah Tingkatkan Taraf Kesehatan Lansia

Cara di atas bisa Anda lakukan jika rambut Anda panjang dan lurus. Sementara, untuk tipe rambut keriting atau bergelombang, Anda bisa memulainya dengan menggunakan sikat, dilanjutkan dengan sisir bergigi rapat, dan yang terakhir adalah sisir bergigi jarang. Selain itu, jika cara menyisir di atas masih membuat tampilan rambut Anda berminyak dan lepek, Anda bisa menggunakan bahan penyerap minyak.

Anda bisa mencoba menaburkan bedak bayi terlebih dahulu ke kulit kepala sebelum menyisir rambut. Cara ini terbilang efektif, karena bedak bayi memiliki daya serap tinggi terhadap minyak dan air. Bedak bayi akan membantu mengontrol kadar minyak berlebih pada kulit kepala, sebelum Anda menyisir rambut. Sehingga, ketika rambut disisir, rambut tidak akan lepek dan berminyak.

[1] Arisandi, Dessy. 2014. Hubungan Perawatan dengan Kesehatan Rambut Mahasiswi yang Menggunakan Kerudung di Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: