Tetap Higienis, Ini Cara Tepat Menyimpan Masker Kain

Cara Tepat Menyimpan Masker Kain - theconversation.comCara Tepat Menyimpan Masker Kain - theconversation.com

Masker kain menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin hemat untuk memenuhi kebutuhan pelindung pernapasan. Selain dipakai sebagai pelindung, masker kain juga sering dipakai untuk aksesori. Apalagi, saat ini sudah banyak masker kain dengan motif dan warna yang indah. Nah, agar masker kain Anda tidak mudah kotor atau rusak, Anda perlu memperhatikan cara menyimpan masker tersebut.

Menurut penelitian, masker sangat penting untuk mencegah penyakit kanker paru-paru dan TBC akibat polusi udara dan zat karsinogen yang terbawa oleh debu.[1] Dilansir dari HuffPost, masker kain juga salah satu benda yang bisa melindungi Anda dari penyakit akibat virus, seperti flu, batuk, hingga coronavirus.

Meskipun terbilang awet, masker kain juga bisa rusak dan kotor. Sebagai alat pelindung pernapasan, tentunya berisiko jika Anda memakai masker yang rusak atau kotor. Untuk mencegah adanya risiko bakteri yang menempel di masker kain atau kerusakan yang bisa terjadi, Anda bisa mencoba cara berikut.

Buat Tempat Penyimpanan Khusus

Masker sebagai APD (Alat Pelindung Diri) memerlukan tempat penyimpanan khusus yang jauh dari debu dan kotoran. Sebaiknya Anda membuat tempat penyimpanan di lemari pakaian Anda. Anda bisa membuatnya dari plastik atau kotak kayu. Sehingga, masker kain di lemari Anda tidak akan tercampur dengan pakaian Anda.

Baca juga:  Pixy Lip Cream Nomor 1, Lip Cream Tahan Lama dengan Harga Terjangkau
Masker Kain yang Mudah di Simpan - www.hkpr.on.ca

Masker Kain yang Mudah di Simpan – www.hkpr.on.ca

Masker kain yang tercampur dengan pakaian biasanya juga berisiko terkena debu atau bakteri pada pakaian. Bakteri pakaian yang masih menempel akibat proses pengeringan yang buruk, juga bisa tertransfer pada masker kain. Sehingga, masker kain Anda tidak bisa dibilang bersih 100%.

Selain menyimpannya di lemari pakaian, Anda bisa membuat tempat gantungan khusus masker di tempat yang bersih. Tempat gantungan tersebut terbilang lebih efisien dan praktis. Sehingga, Anda tidak perlu mengobrak-abrik lemari untuk menemukan masker Anda. Anda juga pasti lebih ingat untuk memakai masker saat bepergian, karena masker kain yang digantung mudah dilihat.

Buat Tempat Masker Kotor

Bagi Anda yang merasa kesusahan untuk mengatur jadwal mencuci, sebaiknya Anda membuat tempat masker khusus. Tempat tersebut terdiri dari tempat masker yang akan dicuci dan tempat masker kotor yang terkena noda atau makanan. Masker yang sudah dipakai dan tidak terkena noda atau kuah makanan, bisa diletakkan pada tempat pertama. Sementara itu, untuk masker kotor yang terkena noda atau minuman, bisa diletakkan di tempat kedua.

Baca juga:  Mudah dan Praktis, Ini Resep Memasak Selada Air

Perbedaan tempat penyimpanan masker yang kotor akan mempermudah Anda untuk mencuci masker. Masker yang kotor karena debu atau setelah dipakai seharian penuh, akan lebih mudah dicuci dan biasanya tidak perlu direndam. Sementara, masker yang kotor akibat noda atau minyak dari kuah makanan, akan lebih sulit dicuci dan harus direndam dulu.

Untuk mempersingkat waktu pencucian, Anda bisa mencuci masker yang tidak terkena noda terlebih dahulu sambil menunggu masker yang terkena noda direndam. Dengan adanya dua tempat penyimpanan masker kotor yang berbeda, ini akan mempermudah Anda mencuci tanpa harus menyortirnya lagi berdasarkan penyebab kotornya.

Memakai Masker Kain Setelah di Simpan - www.folio.ca

Memakai Masker Kain Setelah di Simpan – www.folio.ca

Menyimpannya di Plastik

Bagi Anda yang suka traveling, sebaiknya selalu membawa kantong plastik sebagai tempat menyimpan masker kain. Selama traveling, Anda tidak dianjurkan menyimpan masker kain di tas tanpa pelindung atau alas. Ini akan menyebabkan bakteri dan virus pada tas menempel di masker Anda.

Baca juga:  Pilihan Warna (Shade) NYX Total Control Drop Foundation & Reviewnya

Kantong plastik tidak hanya berfungsi melindungi masker kain agar tetap higienis, tetapi juga melindungi masker dari basah karena hujan atau atau air minum yang tumpah. Kondisi masker yang terjaga kebersihannya, akan membuat Anda menjadi lebih aman dan sehat selama jalan-jalan.

Pastikan Anda tidak hanya membawa satu kantong plastik sebagai tempat penyimpanan masker. Anda memerlukan kantong plastik lain untuk menyimpan masker kotor yang sudah dipakai. Sehingga, masker kotor dan bersih tidak tercampur. Selain itu, pastikan Anda membawa lebih dari satu masker kain saat traveling. Penggunaan masker kain yang baik, yaitu selama kurang dari 12 jam setiap harinya.

Itulah sejumlah cara untuk menyimpan masker kain agar tidak mudah kotor dan rusak. Selain itu, Anda bisa membuat tempat penyimpanan khusus untuk masker kain yang bersih di dekat pintu keluar. Cara ini akan mempermudah Anda jika ingin memakai masker kain sebelum bepergian.

[1] Faisal, Haruyuki Dewi & Agus Dwi Susanto. Peran Masker/Respirator dalam Pencegahan Dampak Kesehatan Paru Akibat Polusi Udara. Jurnal Respirasi, Vol. 3(1): 18-25.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: