Cara Menyalakan Arang Briket yang Mudah & Praktis

Ilustrasi: menyalakan briket arang (unsplash: Magnus S)Ilustrasi: menyalakan briket arang (unsplash: Magnus S)

Menikmati aneka sajian daging dengan cara ditumis, digoreng, direbus, atau dikukus mungkin sudah biasa. Cita rasa olahan daging akan menjadi lebih lezat dan juga menarik apabila diolah dengan cara dibakar atau dipanggang menggunakan arang. Setidaknya ada beberapa jenis olahan daging yang dibakar, mulai dari barbeque (BBQ) hingga sajian khas Indonesia seperti sate. Sebelum memasak dengan arang, Anda setidaknya perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menyalakan arang agar hasil masakan bisa sempurna.

Arang (charcoal) adalah kayu yang telah dipanaskan pada suhu tinggi, tetapi dalam kondisi tanpa udara sehingga tidak bisa terbakar. Semua getah dan resin yang dikandungnya mengurai atau menguap habis, menyisakan karbon hampir murni yang akan terbakar pelan-pelan, dengan tenang, dan bersih.Arang dari kayu keras yang alami, masih berbentuk potongan kayu aslinya, tidak mengandung bahan aditif dan karena itu tidak memengaruhi cita rasa makanan. Akan tetapi briket arang dibuat dari bubuk gergajian, kayu-kayu serpihan, debu arang yang dikumpulkan kemudian dicetak.[1]

Seperti diketahui, jenis arang di pasaran memang cukup beragam. Mulai dari yang paling mudah ditemukan adalah arang kayu, kemudian arang serbuk gergaji, arang sekam padi, arang tempurung kelapa, arang serasah, arang kulit buah mahoni, hingga briket arang. Masing-masing jenis arang itu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga:  Tampil Trendi dan Fashionable Dengan Koleksi Celana Perempuan Model Sekarang

Nah, jika Anda menginginkan durasi pembakaran yang lebih lama dan juga hemat biaya, Anda bisa menggunakan arang briket. Seperti dijelaskan sebelumnya, arang briket biasanya berbentuk lebih rapi karena menggunakan bahan yang telah dihaluskan dan kemudian dicetak supaya hasilnya lebih seragam. Berikut ini beberapa tips untuk menyalakan arang briket.

Cara Menyalakan Arang Briket

Ilustrasi: membakar briket arang (unsplash: Amin Hasani)

Ilustrasi: membakar briket arang (unsplash: Amin Hasani)

Menggunakan Api Kompor

Untuk menyalakan arang briket, memanfaatkan korek biasa mungkin butuh waktu. Nah, alternatif yang lebih mudah adalah memanfaatkan api dari kompor di rumah. Anda bisa mencoba menyalakan kompor terlebih dahulu, lalu gunakan penjepit (jangan lupa pakai kain atau sarung tangan tahan panas) untuk mengambil arang dan bakar di atas api kompor. Jika sudah mulai muncul bara, Anda bisa meletakkan arang yang sudah terbakar tersebut di panggangan. Campurkan arang tersebut dengan arang-arang lainnya sambil dikipas supaya bisa memanaskan arang-arang lain yang baru ditambahkan.

Baca juga:  Sederet Produk Primer dari Wardah untuk Kulit Kering

Menggunakan Kertas Koran/Tisu

Cara lain menyalakan arang briket adalah dengan menggunakan kertas koran atau tisu kering. Sebelumnya, tata terlebih dahulu arang di atas panggangan. Kemudian, nyalakan api dan bakar kertas koran atau tisu, letakkan di atas arang briket yang sudah ditata tadi. Biarkan kertas koran atau tisu membakar arang briket Anda. Jika kertas sudah terbakar habis dan arang sudah menyala, Anda bisa mengipasinya untuk menyalurkan api ke arang-arang yang lain.

Menggunakan Minyak Goreng

Jika dengan cara sebelumnya masih kesulitan, Anda bisa menambahkan minyak sayur atau minyak goreng bekas ke arang atau tisu yang hendak Anda bakar. Basahi tisu dengan minyak goreng bekas, kemudian bakar tisu tersebut dan letakkan di panggangan yang sudah ada arangnya. Kipas-kipas sampai arang menyala. Setelah itu Anda dapat membakar sate atau aneka sajian lain di atas arang.

Baca juga:  Model Hijab Pengantin Untuk Wajah Bulat

Menggunakan Torch

Torch merupakan alat penyembur api yang bentuknya sepintas mirip alat las. Torch biasanya dipasang pada tabung gas butana untuk memudahkan membakar makanan atau membuat karamel di atas sebuah minuman. Selain kegunaan tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan torch untuk menyalakan arang briket. Panas yang konstan dari torch bisa membuat arang briket cepat membara. Cara menyalakan arang briket dengan torch tidak terlalu sulit. Anda tinggal menyalakan torch, kemudian arahkan apinya ke arang yang sudah ditata dalam panggangan. Niscaya arang pun akan menyala.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Pastikan Anda membeli arang briket yang memang mutunya baik atau tak mengandung zat-zat aditif lainnya. Dengan membeli arang briket yang berkualitas, maka hasil panggangan pun akan terasa lebih lezat dan tidak membahayakan kesehatan Anda.

[1]Wolke, RL. 2006. Kalo Einstein Jadi Koki: Sains di Balik Urusan Dapur (hlm 211). Terjemahan oleh: Alex TKW. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: