Cara Menjaga Kaki Tetap Sehat Untuk Mobilitas yang Lebih Baik

Cara, langkah, menjaga, kesehatan, kebersihan, kaki, keadaan, tulang, otot, tendon, ligamen, beban, olahraga, kuku, kencing manis, cedera, bahan, ukuran, sepatu, luka, sendi, nyeri, kecantikan, kapalan, masalah, infeksi, mobilitas, perawatan, pengidap, aerobik, aktivitas Ilustrasi: kaki jenjang dan sehat

mudah diabaikan – tetapi Anda akan merasakan keuntungan lebih besar saat merawatnya. Seiring bertambahnya usia, nyeri kronis dan masalah yang umum (seperti tendinitis, bunion, dan radang sendi) dapat semakin membatasi mobilitas.

Banyaknya aktivitas yang mengharuskan kita untuk bergerak membuat kaki penting untuk diperhatikan. Setiap kali berjalan, kaki harus bisa menopang bobot tubuh. Jika sakit, maka dipastikan akan menghambat mobilitas.

Seringkali orang tidak memperhatikan kesehatan dan keadaan kaki mereka, padahal seharusnya kesehatan kaki juga diprioritaskan. Dalam setiap langkahnya, kaki melibatkan jaringan antara , otot, tendon dan ligamen. Semua ini dikombinasikan dengan beban yang ditopang olehnya. Oleh karena itu, kaki rentan terhadap masalah seperti patah , nyeri sendi, dan bengkak yang membentang di sepanjang bagian bawah kaki (plantar fasciitis).

Jika tidak diobati, masalah kaki dapat terus memburuk. Akibatnya, rasa nyeri bisa mengganggu kemampuan Anda untuk berjalan atau naik turun tangga. Nyeri ini juga bisa berlanjut dan menyebabkan nyeri pada lutut, pinggul dan punggung. Masalah-masalah ini akan terus berkembang dan membatasi aktivitas sehari-hari.

Beberapa hal dapat mengakibatkan nyeri kaki atau mati rasa, misalnya olahraga dan aktivitas fisik berlebihan. Tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum olahraga juga dapat membuat kaki menjadi cedera. Selain itu, kelebihan berat badan dan pemakaian yang ukurannya tidak pas juga menjadi penyebab masalah kaki.

Tetapi mengambil beberapa langkah sederhana untuk merawat kaki Anda dapat membantu Anda mempertahankan – atau bahkan meningkatkan – mobilitas Anda. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan kaki:

Pertahankan berat badan yang

Kelebihan berat badan mempengaruhi kaki Anda dengan memberikan kekuatan yang lebih besar pada mereka di setiap langkah. Ini juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi seperti radang sendi di kaki dan memperburuk rasa sakit dari masalah kaki lainnya. Kelebihan berat badan juga dapat membahayakan kesehatan kaki dengan menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi untuk diabetes atau sirkulasi darah yang buruk, yang dapat menyebabkan sakit kaki dan hilangnya sensasi pada kaki.

Cara, langkah, menjaga, kesehatan, kebersihan, kaki, keadaan, tulang, otot, tendon, ligamen, beban, olahraga, kuku, kencing manis, cedera, bahan, ukuran, sepatu, luka, sendi, nyeri, kecantikan, kapalan, masalah, infeksi, mobilitas, perawatan, pengidap, aerobik, aktivitas

Ilustrasi: menimbang berat badan

Kenakan sepatu yang bagus

Model dan jenis sepatu seringkali berubah, tetapi seumur hidup memakai sepatu yang nyaman adalah salah satu langkah pencegahan terbaik yang dapat Anda ambil untuk memastikan mobilitas Anda. Mengenakan sepatu ketat atau sepatu hak tinggi dalam waktu singkat tidak akan menyebabkan kerusakan pada kaki. Tetapi ketika Anda tahu Anda akan berada di kaki Anda hampir sepanjang hari, pilih sepatu yang suportif dan nyaman. Investasi dalam sepatu atletik yang pas untuk lari, aerobik, dan aktivitas berdampak tinggi lainnya.

Melembabkan kaki Anda

kaki cenderung semakin tipis dan kering seiring bertambahnya usia; kaki kapalan bisa retak dan berdarah, menyebabkan rasa sakit. Untuk menjaga tetap lembut, gosokkan lotion pelembab yang tebal ke kaki Anda setelah mandi atau mandi sesuai kebutuhan (tetapi hindari ruang di antara jari kaki, di mana terlalu banyak uap air dapat menyebabkan infeksi).

Jaga kebersihan kaki dengan baik

Cuci dan keringkan kaki Anda sampai saat mandi. Potong kaki lurus ke depan untuk menghindari yang tumbuh ke dalam. Gunakan batu apung untuk menghapus kalus dengan lembut. Jika Anda mengenakan cat di jari kaki, jaga tetap sehat dengan membiarkannya ‘bernapas’ selama beberapa hari setelah Anda melepasnya dan sebelum menambahkan lebih banyak.

Regangkan kaki Anda

Orang-orang biasanya tidak berpikir tentang meregangkan bagian atas dan bawah kaki mereka, tetapi dapat membantu Anda mengobati – dan mencegah – sakit kaki. untuk tendon Achilles juga penting.

Manjakan kaki

Sekali seminggu rendamlah kaki di air hangat dengan memasukkan garam di dalamnya. Garam akan melemaskan otot dan menyedot toksin dari dalam tubuh. Tambahkan minyak essen peppermint yang berfungsi menenangkan dan melemaskan pikiran. Untuk menyingkirkan jamur dan bau, Anda bisa menambahkan beberapa tes tea tree oil.

Singkirkan kulit mati

Kulit mati ini akan menimbulkan pecah-pecah pada tumit selain itu dalam kondisi parah bisa menyakitkan Anda. Untuk mengangkat kulit mati buatlah scrub dari garam dengan campuran minyak zaitun atau almond serta beberapa tes minyak essens. Anda bisa mengangkat kulit mati di kaki dengan menggosoknya secara perlahan.

Ilustrasi: kaki untuk menghilangkan kulit mati

Perhatikan ukuran dan bahan sepatu yang digunakan

Selalu coba sepatu yang akan dibeli dengan mengenakannya dan berjalan. Jika memang terasa sempit atau tidak nyaman sebaiknya tidak dipaksakan membeli, karena akan menyebabkan luka lecet pada kaki.

Cuci kaki secara teratur

Setiap selesai beraktivitas, biasakan untuk mencuci kaki dengan menggunakan air hangat dan scrub. Gosok perlahan dengan handuk bersih, terutama di antara jari-jari kaki.

Memakai kaus kaki bersih

Selalu ganti kaus kaki secara rutin. Jika memang aktivitas saat itu cukup banyak dan kaki berkeringat, sebaiknya segera ganti kaus kaki. Ini agar kelembaban kaki terjaga dan menghindari munculnya bau kaki.

Melakukan olahraga kaki

Semakin banyak berolahraga kaki maka aliran darah akan semakin baik dan ini penting bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan berjalan ringan atau jogging. Selain itu, Anda bisa mencoba cara ini: Duduklah dan putar pergelangan kaki Anda dalam satu arah, kemudian bergantian ke arah yang lain. Latihan ini membantu meregangkan dan memperkuat kaki.

Khusus bagi pengidap kencing manis, kaki perlu perhatian ekstra. Bahkan sekadar menggunting kuku kaki saja pun perlu cara dan perawatan lebih. Selain tak boleh mencederai sekitar kuku, harus memperhatikan kebersihan kulit di daerah tersebut. Karena bila sampai terjadi luka, bahkan luka renik yang tak kasat mata saja pun bisa bermasalah.

Borok akibat cedera gunting kuku pada pengidap kencing manis bisa menjadi awal kaki calon diamputasi. Kematian jaringan kaki atau gangrene akibat borok meluas itu yang harus dicegah. Kaki pengidap kencing manis juga wajib terlindung dari bahaya tertusuk duri, terinjak paku, beling, atau lecet akibat sepatu atau alas kaki.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: