Bagaimana Cara Mengupas dan Membuat Tepung Kacang Hijau?

Kacang hijauKacang hijau

Kacang hijau menjadi salah satu bahan pangan yang umum untuk dimasak menjadi tepung. Sebelum mengubah biji kacang hijau menjadi tepung, Anda perlu mengupasnya. Sehingga, tepung yang dihasilkan akan berwarna putih bersih. Cara membuat tepung kacang hijau juga tidak sulit, yang penting Anda sudah memiliki bahannya.

Tepung kacang hijau terbilang sehat dan bernutrisi, karena terbuat dari biji kacang hijau murni. Secara ilmiah, kacang hijau dikenal dengan nama Phaseolus radiatus L., serta merupakan sumber protein nabati, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E.[1] Selain itu, kacang hijau juga mengandung, amilum, zat besi, zat belerang, kalsium, fosfor, minyak lemak, mangan, magnesium, dan niasin.

Cara Mengupas Kacang Hijau

Dengan banyaknya komposisi nutrisi pada kacang hijau, tak heran banyak orang memanfaatkannya untuk dijadikan tepung. Sebelum membuat tepung kacang hijau, Anda perlu mengupas kulit arinya. Kulit ari kacang hijau berwarna hijau tua atau hijau kecokelatan. Kulit ari kacang ini memiliki komponen yang sulit dihancurkan, sehingga tepung bisa menggumpal jika kulit tidak dilepas.

Kacang hijau kupas (sumber: runawayrice.com)

Kacang hijau kupas (sumber: runawayrice.com)

Sebelum mengupas kacang hijau, Anda perlu menyortir kacang yang Anda beli. Pilih kacang hijau yang berkualitas baik dan tidak cacat. Karena, tidak semua kacang hijau cocok dijadikan tepung. Kacang hijau yang terlalu tua dan keras akan sulit dijadikan tepung dan kandungan nutrisinya tidak begitu banyak. Pilihlah kacang hijau yang berisi dengan ukuran yang besar dan berwarna hijau tua.

Baca juga:  Coba Yuk, Begini Resep untuk Membuat Roti Burger Bun Sendiri di Rumah

Masukkan biji kacang hijau ke dalam mangkuk berukuran sedang dan cuci dengan air mengalir. Anda juga perlu menggosok kacang hijau secara perlahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulitnya. Cuci kacang hijau sebanyak dua hingga tiga kali dan tiriskan.

Pindahkan biji kacang hijau ke baskom atau mangkuk yang agak besar. Setelah itu, tuang air hingga 2 cm di atas kacang hijau. Jangan tutup wadah dan biarkan kacang tersebut terendam air selama 1 hingga 2 malam. Usahakan air rendaman pada baskom selalu diganti setiap 6 jam dan memakai air matang agar tidak bau.

Perhatikan kacang yang Anda rendam. Jika kulit arinya sudah mulai terapung dan biji kacang hijau mulai kelihatan, saatnya Anda mengupas seluruh kulit arinya. Caranya, remas-remas kacang hijau secara perlahan dan aduk menggunakan tangan di air yang mengalir. Dalam waktu kurang dari 15 menit, semua kacang hijau sudah terkupas.

Baca juga:  Manfaat Sayur Asparagus untuk Kesehatan Janin dan Fungsi Reproduksi

Cara Membuat Tepung Kacang Hijau

Tepung kacang hijau (sumber: envato)

Tepung kacang hijau (sumber: envato)

  • Pisahkan kacang hijau dengan kulit arinya dengan cara membuang kulit yang mengapung di permukaan wadah. Setelah itu, cuci kacang hijau kupas dan keringkan. Anda bisa mengeringkannya dengan menjemur kacang hijau selama 1 hingga 2 hari.
  • Siapkan wajan berbentuk cekung dan masukkan kacang hijau ke dalamnya. Nyalakan kompor dengan api ringan, lalu aduk-aduk kacang hijau selama 20 menit. Proses sangrai ini bertujuan untuk mengangkat sisa air yang masih ada pada kacang setelah dijemur.
  • Angkat kacang hijau yang sudah disangrai dan letakkan di wadah datar seperti tray. Biarkan kacang hijau dingin sebelum diolah. Biasanya, ini memakan waktu hingga 10 menit, tergantung dari banyaknya kacang hijau yang Anda pakai.
  • Siapkan alat penumbuk batu atau blender untuk menghancurkan kacang hijau. Sebaiknya Anda memilih blender berukuran mini atau biasa disebut dengan blender bumbu. Blender seperti ini terbilang cukup praktis untuk membuat biji hancur dan bertekstur lembut.
  • Masukkan biji kacang hijau kupas ke dalam blender dan aduk tanpa air. Supaya blender Anda tetap awet, sebaiknya Anda melakukan proses ini dengan cara memasukkan biji kacang hijau sedikit demi sedikit.
  • Siapkan saringan tepung dan wadah plastik, lalu ayak tepung kacang hijau. Tepung yang masih kasar tidak harus dibuang, karena Anda bisa menghaluskannya lagi menggunakan blender. Setelah mendapatkan tepung kacang hijau yang halus, simpan produk tersebut di wadah yang tertutup dan kedap udara. Ini akan membuat tepung awet dan tidak mudah berjamur.
Baca juga:  Makanan ‘Super’ Untuk Wanita

Tepung kacang hijau ini bisa Anda pakai untuk aneka macam keperluan, mulai dari bahan MPASI, bahan campuran untuk membuat kue, bahan campuran untuk membuat minuman, dan lainnya. Untuk keperluan MPASI, Anda hanya perlu menuangkan sedikit air hangat untuk mengubah teksturnya menjadi bubur.

[1] Pertiwi, Rosa Putri, Aisyah Larasati, Laili Hidayati. 2018. Pengaruh Teknik Sangrai dan Pangan dalam Pembuatan Tepung Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) terhadap Mutu Katetong. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 41(1): 89-100.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: