Jangan Sampai Salah, Ini Cara Tepat Mengukur Cup Bra

BraBra

Berbelanja underwear, terutama bra, menjadi salah satu hal yang cukup membingungkan jika Anda tidak mengetahui ukuran yang tepat untuk diri sendiri. Biasanya, para wanita kesulitan memilih produk karena kurang paham dengan cara mengukur cup bra yang tepat. Lalu, bagaimana cara mudah mengukur cup bra?

Tips Memilih Bra yang Tepat

Bra, atau biasa disebut dengan BH, adalah jenis dalaman yang dipakai untuk menahan bagian buah dada perempuan. BH sendiri berasal dari bahasa Belanda, yakni Buste Houder. Sandang tersebut memang penting bagi para wanita, agar mereka bisa bergerak bebas tanpa merasakan beban di bagian dada.

Bra yang dijual di pasaran, memiliki banyak macam, mulai dari bra dengan kawat, bra dengan busa, sport bra, bra dengan bahan kain katun, dan lain-lain. Saat Anda berada di toko underwear dan ingin membeli bra, pastikan Anda memperhatikan bahan atau kain BH yang ingin Anda beli. Kain yang dipakai untuk membuat bra bisa menentukan tingkat kesehatan Anda saat memakainya, terutama kesehatan kulit.

Beberapa jenis kain, seperti polyester atau satin, terbilang kurang cocok untuk Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan atau suka berolahraga. Dua bahan tersebut memiliki daya serap yang kurang baik, sehingga keringat bisa membuat bra menjadi lembap dan lengket. Kondisi seperti ini bisa memicu pertumbuhan bakteri di pakaian Anda, sehingga menyebabkan beberapa gangguan kulit, seperti gatal-gatal, ruam, dan jerawat.

Baca juga:  Sederet Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok Untuk Diet
Bra

Bra

Sebagai rekomendasi, pilihlah bra yang terbuat dari kain katun dengan daya serap tinggi. Selain bisa menjaga kesehatan kulit, kain katun juga terbilang dingin saat dipakai. Sehingga, Anda tidak akan mudah gerah dan berkeringat saat memakai bra.

Selain bahannya, pilih juga bra yang nyaman untuk dipakai. Anda bisa memilih bra tanpa kawat yang tidak kaku atau bra dengan tali yang besar. Bra tanpa kawat tidak akan menekan bagian dada Anda terlalu ketat, sehingga mempermudah Anda dalam bernapas. Sementara, bra dengan tali besar tidak akan menekan pundak Anda, sehingga tidak menyebabkan nyeri.

Dalam memilih produk kutang atau BH, memang tidak bisa secara sembarangan, karena berisiko terhadap struktur bentuk tubuh bagian atas, terutama jika Anda sedang hamil. Pada wanita hamil, produk BH dengan ukuran yang terlalu kecil atau besar, dapat membuat tulang belakang di bawah leher menjadi kaku, bentuk tulang bahu yang sedikit berubah, dan terasa nyeri.[1]

Baca juga:  Tak Perlu Jauh-Jauh ke Salon, Begini Cara Mudah Pasang Hair Clip Sendiri

Cara Mengukur Cup Bra

Di pasaran, BH tidak hanya tersedia khusus untuk ibu hamil, tetapi juga tersedia untuk remaja dan wanita dewasa dengan berbagai macam ukuran cup. Sebenarnya, ukuran cup bra tidak berdasarkan pada usia, karena pertumbuhan setiap wanita berbeda. Anda bisa memilih cup bra yang sesuai dengan ukuran dada tanpa harus melihat golongan bra remaja atau dewasa. Apalagi, kebanyakan gadis milenial saat ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan biasanya sudah pantas untuk memakai bra wanita dewasa.

Ilustrasi: memilih bra (sumber: bunte.de)

Ilustrasi: memilih bra (sumber: bunte.de)

Bagi Anda yang masih bingung memilih bra dengan ukuran cup yang sesuai, Anda perlu mengukur lingkar dada dan bagian tengah dada. Caranya, lingkarkan pita jahit mengelilingi dada, tepatnya di bawah payudara Anda. Pastikan pita tidak menempel terlalu ketat atau terlalu longgar. Jika Anda tidak memiliki pita jahit, Anda bisa melakukan pengukuran dengan benang dan penggaris secara manual. Dilansir dari SehatQ, biasanya Anda akan mendapatkan angka mulai dari 60 hingga 105 cm.

Baca juga:  Apa Saja Manfaat Chia Seed untuk Promil?

Setelah itu, lakukan pengukuran bagian tengah dada dengan cara melingkarkan pita jahit dengan puncak di area payudara yang paling penuh. Hasil perhitungan ukuran harus lebih besar dari lingkar dada yang sudah diukur.

Untuk mengetahui ukuran cup bra yang pas, catat hasil pengukuran lingkar dada dan payudara pada secarik kertas. Ukuran cup bra sama dengan hasil pengukuran lingkar dada dikurangi hasil pengukuran payudara. Sebagai contoh, jika lingkar dada Anda 85 cm dan lingkar payudara Anda 100 cm, maka ukuran cup bra Anda adalah 15 cm.

Dengan mengetahui ukuran cup bra yang tepat, bra akan terasa lebih nyaman saat dipakai. Selain itu, Anda bisa mencocokkan ukuran cup bra dengan mudah saat ingin membeli BH baru.

[1] Garin, Elanda Pebianita & R. Khairiyatul Afiyah. 2014. Pemakaian Jenis BH (Breast Holder) Mempengaruhi Nyeri Punggung pada Ibu Hamil di Poli BKIA Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 7(2): 157-162.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: